MENU
icon label
image label
blacklogo

Asli HandMade - Krom Works Garap Modifikasi Hiest Broadtracker Masterpiece

AUG 15, 2017@13:39 WIB | 5,572 Views

Pernah mendengar istilah 'Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya' Yap, mungkin ungkapan tersebut cocok sekali di terapkan untuk sosok pria berpostur sedang ini. Andika Pratama, meneruskan kiprah dari bengkel modifikasi 'Krom Works'.

Bengkel modifikasi ini sebelumnya dijalankan oleh sang ayah sejak tahun 1990-an, tidak usah dipertanyakan lagi, sudah banyak karya modifikasi yang diaplikasikan semenjak sang Ayah memegang kendali di bengkel modifikasi yang bertempat di Jl Duta Permai 8 Blok C0 No.16, Pondok Hijau, Ciputat.

Disamping dirinya menyukai dunia otomotif, Andhika Pratama telah memantapkan dirinya untuk menjalankan bengkel modifikasi ini sejak tahun 2013-an dan telah memiliki 3 karyawan setianya. Untuk karya pertamanya semenjak Dika mengendalikan bengkel modifikasi ini yaitu Honda Ducks lansiran 70-an dan kawasaki G7 yang dicustom dengan imajinasinya sendiri.

Kini Dika merambah custom handmade dikelas premium dengan mengcustom motor Hiest lansiran dari Cleveland, kerennya lagi, Krom Works sudah menjadi acuan bagi Cleveland untuk mengcustom motornya dengan memberikan kebebasan untuk Dika dalam menuangkan karya modifikasinya.

Motor anyar yang baru saja diluncurkan ini langsung dirubah oleh Dika, perubahan itu sendiri terbilang ekstrim dikarenakan Dika hanya meninggalkan bongkahan mesin Cleveland Hiest yang tidak dirubah sama sekali, namun dari bentuk keseluruhan wujud Cleveland Hiest tak ada lagi yang tersisa.

Broadtrackter, Dika mengaplikasikan modifikasi tersebut terhadap motor Hiest lansiran Cleveland dalam upaya menjadikan karya modifikasinya sebagai salah satu masterpiece dari Cleveland itu sendiri, dan patut diacungi jempol disebabkan karya modifikasi tersebut adalah dari buah hasil pemikirannya sendiri.

Setelah motor datang ke bengkelnya, Dika langsung merubah secara keseluruhan dari tampang asli Hiest menjadi Broadtracker. Namun Dika mengklaim, bahwa motor yang di custom ini bukan genre Broadtracker pada umumnya. Untuk sasisnya sendiri, Dika membuat dari bahan material Stainlees Steel, dalam proses pembuatannya pun cukup rumit, terutama untuk bagian sasis, karena dalam pengelasannya harus menggunakan las khusus (Tig Welding).

Dan pada saat proses finishing sasis juga harus dengan keakuratan yang sangat detail dan halus, karena dari bahan materialnya sendiri tidak lagi ada lapisannya lagi, dikarenakan bahan dari stainless steel itu sendiri sangat berbeda dari bahan material yang lainnya, karena bahan tersebut sangat lentur pada saat proses pengelasan (Welding).

Jadi Dika ingin menunjukan bagian dasar dari material tersebut yang ditunjukan. Dalam proses pengelasannya sendiri, Dika membuat brecket (Zig) pada saat pembuatan sasisnya agar mendapatkan bentuk yang presisi (center) dari bagian frame-nya itu sendiri.

Untuk pembuatan Tangki pada motor ini, Dika mengakui banyak menemui kesulitan, karena dari pengakuannya, Dika ingin dari konsep motor ini harus benar-benar bersih dari berbagai macam elektrikal atau kabel-kabel yang berantakan. Dika pun mengatakan, “ Karena ingin mendapatkan look yang bersih itu atau clean itu harus mulai dari baterai atau aki, bila di lihat aki tersebut hampir tidak kelihatan dari konsep motor ini. Karena kita taruh aki-nya di balik tangki dengan posisi di tengah-tengah tangki dan semua kelistrikannya bersumber dari balik bawah tangki.”  Dika pun menambahkan, bahwa semua jalur kabel-kabel elektrikal lewat dalam pipa tubing sasis tersebut.

Untuk swimarm, Dika membuatnya sendiri dengan panjang kurang lebih dari titik AS sekitar 40-50cm dengan ketebalan material stainlees steel 2.5cm Sedangkan untuk frame nya sendiri berdiameter 3.5cm dan panjangnya 1,2 m type 316 tubing tanpa sambungan dengan ketebalan 4 mm.

Urusan Suspensi, Dika membuat monoshock custom yang ditunjang dengan tuas mekanisme berbahan dasar alumunium. Roda Ban-nya sendiri, Dika memakai Avon Speed Master berdiameter 19-225, sedangkan untuk velg-nya sendiri memakai Alumunium ring 19-185. Sementara, untuk suspensi depan handmade dengan model Gilder dan Exhaust custom.

Di Area kemudi, Dika memasang handlebar dengan model adjustable yang akan membuat pengendara bisa menyesuaikan posisi postur badan saat riding. Untuk lampunya sendiri, Dika memasang Projector LED yang dibalut dengan fairing depan custom handmade dan jok custom yang dibalut dengan stainlees steel.

Dari wujudnya sendiri secara kasat mata, motor Hiest Lansiran Cleveland yang di modifikasi Broadtracker ini terlihat layaknya seperti di cat krom, Namun daya kilap yang dihasilkannya tersebut bukanlah krom, namun kilap tersebut terpancar dari bahan stainlees steel itu sendiri yang sudah di finishing polis. Gimana BlackPals..? Kerenkan..[yus/timBX]

Spesifikasi:
Modifikasi Cleveland Hiest Broadtracker
Basic motor: Cleveland Hiest
Modifikasi: Broadtracker
Sasis: Stainlees Steel Custom
Frame: Stanlees Steel Custom
Swimarm: Stainlees Steel Custom
Roda ban: Avon Speed Master 19-225
Velg: Alumunium 19-185
Handlebar: Stainlees Steel Custom
Mesin: Cleveland Hiest
Lampu: Projector LED
Shockbreaker depan-belakang: Custom Handmade
Fairing: Stainlees Steel Custom

Tags :

#
krom works,
#
hiest broadtracker masterpiece,
#
broadtracker,
#
modifkasi broadtracker,
#
modifikasi,
#
motor modifikasi,
#
automods