MENU
icon label
image label
blacklogo

All New Honda Jazz Part III - Cara Praktis Upgrade Audio New Honda Jazz

MAY 30, 2018@12:26 WIB | 2,186 Views

Meracik ubahan sistem audio mobil bawaan pabrikan tidak harus sembarang dengan mengikuti perkembangan jaman, apalagi juga kebutuhan sehari-hari. Hal ini yang diciptakan oleh Irwan Kusuma punggawa gerai Somesound Audio. Langkah untuk meng-upgrade sistem audio mobil Honda Jazz yang menjurus ke arah Sound Quality (SQ) dikerjakan dengan serius, pasalnya perangkat yang medukung didalamnya memasuki kelas High End, dimana proses instalasi harus tepat agar menghasilkan suara yang benar dan nyaman.


Langkah awal dalam proses upgrade sistem Honda Jazz dengan menambahkan peredam di pintu depan dan bagasi belakang. Hal ini mempengaruhi suara yang akan terdengar semakin nyaman dengan berkurangnya gangguan yang muncul seperti getaran body mobil.

Memiliki akustik kabin yang mumpuni membuat tata suara yang diaplikasikan mobil Honda Jazz menjadi apik. Mobil ini memiliki kabin yang relatif kecil, sehingga paling utama kabin gain mobil ini di frequensi 40 Hz-22 Khz, jadi harus dicari placement dan treatment yang tepat.

Untuk itu, pria yang sehari-hari berkantor di wilayah Pluit ini mengaplikasikan sistem penyuara bagian dengan konsep 2 way Venom VL 6.2 yang simple dan tidak mengurangi faktor keamanan dan fungsional mobil. “Dalam penempatan midrange dan tweeter, kami tetap menggunakan housing bawaan pabrik, agar tidak mengganggu segi pandang, yang bisa mempengaruhi faktor keselamatan,” tungkas Irwan.

Selain itu, head unit selaku source pembaca format musik tetap mempertahankan bawaan pabrikan. Irwan hanya menambahkan processor eksternal pun turut diaplikasikan dengan menggunakan Venom Pandora VPR 4.6MK II. “Head unit dan processor memegang peranan sangat penting dalam sistem di mobil, karena mereka yang memproduksi suara.

Ditambah situasi kabin mobil yang tidak bagus untuk audio, sehingga perlu alat (processor) untuk mengantisipasi masalah yang ada,” tambahnya lagi. Menariknya dari processor ini adalah bisa digunakan untuk mendrive keseluruhan perangkat penyuara.

Lalu, untuk sektor penyembur frekuensi rendah di mobil Honda Jazz, Irwan membenamkan satu unit subwoofer Venom VX 15.1,yang bersarang pada ban serep mobil. Keunggulan dari subwoofer jenis ini selain memaksimalkan ruang yang ada, juga dapat menyemburkan suara low yang proporsional. Arah subwoofer sesuai dengan kabin gain mobil,

Nah, gimana BlackPals? Ini adalah salah satu contoh bagi Anda yang ingin upgrade audio mobil di mobil New Honda Jazz. Dengan installasi simple elegan yang tidak memakan ruang, di dalam bagasi pun masih muat untuk bawa barang. Apalagi ban cadangan tetap berfungsi dengan baik. [bil/timBX]

Spesifikasi audio:

Venom VL 6.2 Component 2 way speaker
60 watt - sensitivity 88db
wide range frequency response 40hz - 22khz
Venom VX 15.1 Subwoofer
6" X 8" x2
60watt X 2
4ohm 120watt
Venom Processor VPR 4.6MK II
6ch power A+b+c+d = 40watt e & f =60 watt bridgeable
8ch DSP out
Input : Low level, High level & optical
Controller Optional
24/96khz sampling bitrate

Installer audio:

Somesound Audio,
Jl. Pluit Barat Raya No.11A,
Penjaringan Kota, Jakarta Utara

Tags :

#
all new honda jazz,
#
modifikasi honda jazz,
#
automods