MENU
icon label
image label
blacklogo

Inspiration Motorsports Bukan Hanya Spesialis 2JZ, Mesin RB Seris, K Series dan Boxer Pun Antri

NOV 23, 2021@18:25 WIB | 591 Views

Workshop yang satu ini memang cukup melekat di benak Petrolheads BlackPals. Berlokasi di Pulo Gadung Jakarta Timur , tepatnya di Jatinegara Kaum, Iwano punggawa Inspiration Motorsports memiliki kastomer mobil-mobil DNA performance. Trend mobil balap, bergeser ke mobil harian nan kencang fokus pada durabilitas engine. Sebut saja Toyota Supra MK4 dengan 2JZ , Nissan GTR, Nissan Silvia, Subaru BRZ hingga Honda Estillo, semua dalam antrian pengerjaan. 

Nissan GTR R32 ditangani Iwan  pada sektor engine stroke up, kubikasi menjadi 2,8 liter. Sementara ketersediaan part mengandalkan internal Jepang, yang rencananya dikembangkan untuk daily driven serta durability dengan tenaga diposisikan under 500 hp. Secara basic Nissan skyline GT-R R32 sudah menggunakan mesin RB26DETT 2.6 L, 6 silinder segaris,  DOHC twin-turbo engine dengan tenaga pabrikan 276bhp. 

Sementara Toyota Supra MK4 dengan mesin 2JZ didorong untuk peremajaan sistem kelistrikan. "Mobil tua seperti ini problemnya susah untuk posisi idle.  Customer ingin peremajaan pada sistem kelistrikan, dengan sistem yang lebih baik (hightech). Konklusi yang kami tawarkan dengan upgrade drive by wire, sehingga lebih mudah untuk dipakai harian," jelas Iwano kepada tim Blackxperience.com.

Menilik ke Nissan Silvia merah milik Zico, yang notabene sudah swap engine ke 2JZ secara basic memang dipersiapkan untuk mobil drift. "Waktu customer beli Silvia merah ini sudah dalam kondisi swap engine ke 2JZ GTE dan hanya bentuk mobil sasis dan engine. Tugas kami disini memberikan formula standar seperti instal single turbo, stand alone ECU dan upgrade injektor," ungkap Iwano.

Mesin Toyota 2JZ bisa saja dikembalikan ke pola twin turbo bawaan mesin. Namun Iwano sudah belasan kali menemukan ketahanan turbo standarnya yang sering kalah, apabila menggunakan boost diatas 1 bar, dengan maksimum boost 1,2 bar. 

"Dengan turbo diatas 1,2 bar, turbo sering mengalami kerusakan. Diikuti dengan dengan jurnal bearing pecah, serpihannya masuk ke ruang mesin. Dari pada kita kerja dua kali, mending saya sarankan single turbo yang lebih durable," papar Iwano.

Pengalaman membangun mesin 2JZ dimulai Iwano dari bangku kuliah. Melihat culture drag di luar negeri yang menang menggunakan Supra MK4, Iwano mendadak browsing guna memperkaya referensi dan mengerjakan mesin 2JZ miliknya ke bengkel lain.

"Sejak jaman kerja kantoran, memang saya sudah ngulik abis karakter mesin 2JZ ini dan suka main ke bengkel.  Suatu waktu saya harus memulai sendiri pengerjaannya dan berlangsung hingga sekarang," ungkap Iwano yang memulai usahanya tahun 2007 bersama temannya.

Dibilang spesialis 2JZ cukup berat bagi Iwano. "Karena banyak pihak yang bisa mengerjakan engine 2JZ,  kalau saya disebut spesialis, kesan itu agak berat," tepis Iwano. Kenyataannya, semua mobil Jepang juga dikerjakan mulai dari RB dari Nissan, Boxer dari Subaru hingga K-Series dari Honda. "Untuk mobil eropa, saya nyerah," cetus Iwano.

Tak hanya mobil harian, mobil yang dipersiapkan untuk kontes juga menjadi pekerjaan hari-harian Iwano bersama tim Inspiration Motorsports. "Untuk engine swap lebih khususnya, cuma untuk mobil kontes. Kita tetap mengerjakannya seperti mobil normal dan daily proper," tambah  Iwano memberikan jaminan dan garansi.

Terkait garansi, Inspiration Motorsports memang memberikan semua pengadaan unit engine beserta garansi. Sebaliknya, juga menerima engine dari luar. Perbedaannya, garansi diberikan kepada customer yang pesan dari Inspiration. Diluar itu tidak ada jaminan bila terjadi kerusakan.

"Kebanyakan mobil yang kita kerjakan memang swap engine. Kalau customer menginginkan 2JZ, budget dipersiapkan mulai dari Rp250 jutaan," tambahnya.

Iwano menampik angka tersebut tanpa penyesuaian. Karena treatment di Inspiration Motorsport lebih fleksibel, menurutnya bangun mobil seperti bangun rumah. Jadi sifatnya tetap fleksibel.

"Paling penting adalah matang menentukan tujuan  di awal, agar tetap fungsional di akhir," cetusnya singkat.

Sisi fleksible  di Inspiration Motorsports, salah satunya customer bisa membawa mesin sendiri untuk diinstal di mobilnya. "Tugas kami disini adalah memastikan mesin itu layak untuk pasang, dan proper untuk jalan. Honda Estillo ini memboyong mesin K24 berkode RBB, dengan header dan full exhaust custom.    Airbox, dan air intake custom, dan engine mounting sudah convertion kit," pukas Iwano sembari menyebut total budgeting Rp200 juta diluar engine.

Trend modifikasi bagi Inspiration Motorsport ke mobil harian tapi dengan settingan kencang.  Trend tersebut terendus sejak lama, karena Iwano dan Inspiration Motorsport sudah meninggalkan dunia balap.  Pergeseran yang terjadi kemudian  mobil harian yang dimodifikasi seperti balap. 

"Hanya beberapa customer lama yang masih membangun mobil balap ke kami, selebihnya adalah petrol heads yang menekuni dunia mobil harian namun dengan set up kencang," tutup Iwano.

Tips membangun mobil kencang bagi petrolheads, perkaya referensi, pastikan tujuan membangun, mengetahui resiko setelah jadi (trial dan error) serta memiliki budget tambahan untuk menambal saat kerusakan. [Ahs/timBX]

 
 Alamat  Inspiration Motorsport: Jalan Jatinegara Kaum RT 1/RW 3, Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13250

Tags :

#
beyond d garage,
#
inspiration motorsports,
#
iwano inspiration motorsports,
#
swap engine 2jz,
#
rb series,
#
boxer series,
#
k-series