MENU
icon label
image label
blacklogo

Wiski Terbaik Dunia Dari Kompetisi SFWSC 2021

MAY 05, 2021@09:00 WIB | 534 Views

Ajang kompetisi San Francisco World Spirits Competition (SFWSC) adalah ajang terbesar di AS, dan tertua kedua di dunia, setelah International Wines and Spirits Competition. SFWSC dipenuhi dengan para juri kelas dunia, dan memberikan medali serta penghargaan paling bergengsi di dunia kepada para jawaranya. SFWSC menilai wiski dalam 31 kategori berbeda, termasuk wiski dunia dari Kanada, Jepang, dan Irlandia yang dibagi menjadi sembilan kategori tambahan.

A. Jenis Wiski

Pemenang Best in Show Whisky adalah Glen Scotia 25 YO. Beberapa pemenang yang lain diantaranya jenis Wiski Scotch Campuran Terbaik pemenangnya adalah 21 YO Lum Reek Blended Malt Scotch dari McNair yang diproduksi oleh GlenAllachie Distillers Co.

Sedangkan Dewar memenangkan 2 kategori yakni Blended Scotch Whisky Terbaik untuk Caribbean Smooth Rum Cask 15 YO, dan Best Blended Scotch and Older untuk Double Double, 27 YO Palo Cortado Sherry Cask Finish. Dewar, terpilih sebagai wiski Scotch terbaik karena secara keseluruhan membuat campuran wiski Scotch paling inovatif terbaik di dunia dengan harga terbaik.

Sedangkan Wiski Scotch Campuran Terbaik – No Age Statement dimenangkan oleh Compass Box untuk Glasgow Blended Scotch-nya. The Best Distillers Single Malt Scotch No Age Statement diraih oleh Highland Park untuk Cask Strength Expression.

Untuk kategori Penyuling Malt Scotch Single Terbaik untuk 12 YO diraih oleh Lagavulin untuk produk 8 YO Single Malt Scotch. Sedangkan penghargaan Best Single Malt Scotch 13 YO to 19 YO diraih oleh Talisker untuk 18 YO Single Malt Scotch.

Penjual Independen Terbaik (The Best Independent Merchant) untuk jenis Single Malt Scotch diraih oleh The Scotch Malt Whiskey Society (TSMWS), Cask 46.104 Turn Me Inside Out. Wiski yang bersumber dari penyulingan Glenlossie di Elgin, bagian dari wilayah penghasil wiski Speyside di dataran tinggi Skotlandia.

Wiski Tennessee Terbaik dimenangkan oleh Uncle Nearest, 1820 Premium Single Barrel Whiskey.

Penghargaan Wiski Gandum Terbaik diraih oleh Whistle Pig, The Boss Hog VII-Magellan’s Atlantic. Sedangkan untuk Wiski Jagung Terbaik pemenangnya adalah Wiski Asli Stillhouse. Wiski Gandum Tunggal Terbaik dan Wiski Gandum Terbaik adalah penghargaan wiski internasional, tetapi tahun ini keduanya diberikan kepada perusahaan Amerika, Bainbridge negara bagian Washington untuk Yama Mizunara Cask Single Grain Whiskey and Two Islands Islay Cask Barrel Proof Wheat Whiskey..

Wiski Campuran Amerika Terbaik diberikan kepada High Bank untuk Whiskey War Barrel Proof, sedangkan Wiski Penyuling Kerajinan Terbaik dianugerahkan kepada Canyon Diablo Spirits untuk John Shaw Single Malt Mesquite Smoked Whiskey.

Penghargaan Wiski Rasa Terbaik diraih oleh Ugly Dog untuk S’mores Kentucky Bourbon Whiskey -nya. Wiski ini dicoba terutama jika Anda merencanakan acara api unggun khusus orang dewasa.

B. Jenis Bourbon

Untuk jenis Bourbon, peraih The Best Straight Bourbon adalah Sazerac's 1792, Bottle in Bond Kentucky Straight Bourbon. Bourbon dalam Batch Kecil Terbaik hingga 5 tahun adalah Barrell, Private Release BA1C dari Barrell Craft Spirits Company. The Best Small Batch Bourbon 6 - 10 tahun adalah Parker’s Heritage Collection 14th Edition Bourbon dari Heaven Hill Distillery. Sedangkan Best Small Batch Bourbon, 11 tahun dan lebih tua adalah Blue Run’s 14 YO Bourbon.

Blue Run juga meraih penghargaan tertinggi untuk Best Single Barrel Bourbon, 11 Years and Older, dengan 13,5 Single Barrel Bourbon-nya. Barel Bourbon Tunggal Terbaik Hingga 10 Tahun adalah Henry McKenna’s Single Barrel. The Best Special Barrel Finished Bourbon adalah Bardstown Bourbon Company's, Chateau de la Baude Bourbon yang merupakan produsen Armagnac di Gascony yang berdiri sejak akhir abad ke-19.

C. Wiski Dunia

Untuk kategori Wiski Dunia, Wiski Kanada teratas adalah Canadian Club’s Chronicles 43 YO Whisky, sekaligus salah satu wiski Kanada tertua yang pernah dibotolkan oleh Canadian Club.

Sedangkan untuk wiski Jepang teratas diberikan kepada penyulingan yang relatif belum dikenal, yakni Matsui, untuk Kurayoshi 18 YO mereka.

Wiski dunia dari Irlandia, memiliki tiga kategori penghargaan. Penghargaan Wiski Irlandia Campuran Terbaik diraih oleh Silkie, The Legendary Dark Irish Whiskey dari Sliabh Liag Distillers. The Best Pure Pot Still Irish Whiskey Award diberikan kepada Midleton untuk Very Rare Dair Ghaelach ‘Knockrath Forest’. Dair Ghaelach adalah bahasa Galia untuk pohon ek Irlandia. Sedangkan Midleton, bagian dari keluarga merek wiski Irlandia, sekaligus produsen pertama yang mengolah wiski di tong kayu ek Irlandia. Tak hanya itu, dari Irlandia juga meraih penghargaan wiski Malt Tunggal Terbaik untuk Hook Head Edition, 1.1 Single Malt Irish Whiskey.

Tak boleh dilupakan, kategori The Best Other Single Malt jatuh ke King Car Group untuk Kavalan Solist Oloroso Sherry Single Cask Strength Single Malt Whisk.

Kali ini, meski kurang mendapatkan perhatian dunia, namun produsen Afrika Selatan, Distell mendapatkan The Best Other Whisky Award untuk Three Ships 5 YO Whisky. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
wiski terbaik dunia,
#
sfwsc 2021,
#
san francisco world spirits competition,
#
rekomendasi minuman,
#
wiski terbaik