MENU
icon label
image label
blacklogo

Punya Kebun Dalam Apartemen? Why Not

APR 01, 2019@09:20 WIB | 71 Views

Memiliki sebuah kebun kecil di rumah menjadi keinginan banyak warga perkotaan. Selain memberikan nilai estetika, mempunyai kebun kecil di rumah bisa membantu menjaga kesegaran sirkulasi udara. Belum lagi hasil kebunnya yang bisa kita gunakan sendiri yang tentunya berarti sedikit penghematan.

Sayangnya permasalahan untuk berkebun di kota – kota besar adalah terbatasnya lahan dan harga tanah yang sangat tinggi. Karena itu banyak juga orang yang hobi berkebun menggunakan pot kecil atau memanfaatkan bagian atas dari rumah atau apartemen mereka untuk berkebun.

Nah sekarang tidak usah ragu lagi untuk berkebun meski tinggal di apartemen atau rumah yang tidak terlalu luas. Dengan perangkat baru bernama OGarden Smart, kita semua bisa memiliki sebuah kebun kecil di rumah yang dapat di rawat dengan mudah.

Perangkat bernama OGarden itu sebenarnyasudah ada sejak 2016, tapi kini seri terbarunya hadir dengan nama OGarden Smart. Terciptanya perangkat canggih ini berawal dari kepedulian Pierre Nibart, CEO OGarden, terhadap lingkungan.

"Kami mencari bagaimana caranya membuat dampak positif untuk lingkungan dan akhirnya menemukannya. Kalau kita menanam sayuran sendiri di rumah, kita membuat perbedaan yang baik untuk planet.Jadi ini sangat penting," tutur Nibart. Dia juga merekomendasikan perangkat ciptaannya itu terutama untuk dipakai mereka yang tinggal di kota, yang mau berkebun tapi tidak memiliki cukup lahan.

"Pilih apa yang mau ditanam seperti sayuran daun, herbal, atau buah kecil," lanjut Nibart. Tanaman itu tinggal ditaruh di dalam OGarden sehingga pengguna nantinya bisa memanen hasil kebun pada saatnya.Cara kerja OGarden Smart pun terbilang mudah. Setelah menanam bibit, pengguna hanya perlu mengisi tangkir air seminggu satu atau dua kali. OGarden juga menjamin tanaman yang ditanam bebas pestisida karena tanah yang dipakai menggunakan pupuk organik.

OGarden dibuat dengan 99,4 persen bahan yang sepenuhnya dapat didaur ulang. Keberadaannya juga tidak akan memakan banyak ruang. Bentuknya yang menyerupai roda kincir air hanya memiliki dimensi lebar 90 cm, tinggi 152 cm, dan kedalaman 42 cm. Walaupun tidak terlalu besar, OGarden Smart ini bisa menampung hingga 90 jenis tanaman sekaligus.

Kini OGarden Smart dijual dalam sistem preorder dengan harga sekitar 645 dolar (sekisar 9 juta) di Kickstarter. Anda bahkan bisa memilih warna perangkat OGarden sesuai pilihan dan mendapat 30 bibit gratis.

Tags :

#
ogarden,
#
ogarden smart,
#
kickstarter,
#
berkebun

RELATED ARTICLE