MENU
icon label
image label
blacklogo

Para Showrunners Game of Thrones Adaptasi Karya Liu Cixin untuk Netflix

SEP 03, 2020@18:00 WIB | 218 Views

David Benioff dan Dan Weiss mengumumkan diri mereka akan menghadapi serangkaian invasi alien paling disukai abad ke-21 ini.

Akhir 1960-an, ilmuwan muda Tiongkok bernama Ye Wenjie melakukan kontak dengan spesies alien yang planetnya di ambang kehancuran. Ketika peradaban yang mulai membuat putus asa ini, mereka mempelajari sumber daya yang melimpah di Bumi, dan meluncurkan armada invasi yang akan mencapai planet bumi dalam 450 tahun untuk mendominasi umat manusia.

Itulah premis karya Liu Cixin, The Three-Body Problem, novel pertama dalam trilogi sci-fi Remembrance of Earth's Past. Ini merupakan seri yang telah dikreditkan dengan mengubah genre menjadi sastra alis yang dihormati di Cina.

Serial ini memenangkan penghargaan tertinggi untuk fiksi ilmiah baik di China maupun internasional, dan bahkan dipuji oleh Barack Obama dan George R.R. Martin. Kini, serial kesayangan Liu akan diadaptasi menjadi serial Netflix yang dibesut David Benioff  kolaborasi dengan Dan Weiss, yang membawa Game of Thrones ke HBO. Mengadaptasi serial ini, mereka bekerja sama dengan Alexander Woo (True Blood), yang pertama kali diterbitkan di China pada 2008 dan sejak itu terjual jutaan kopi di seluruh dunia.

"Trilogi Liu Cixin adalah serial fiksi ilmiah paling ambisius yang pernah kami baca, membawa pembaca dalam perjalanan dari tahun 1960-an hingga akhir zaman, dari kehidupan di titik biru pucat hingga ke pinggiran alam semesta yang jauh," ungkap Benioff dan Weiss dalam sebuah pernyataan. "Kami berharap dapat menghabiskan tahun-tahun berikutnya dalam hidup kami untuk mewujudkannya bagi pemirsa di seluruh dunia.”

Karena elemen fiksi ilmiahnya yang keras dan penggambaran realistis dari teknologi masa depan yang dekat serial ini dicintai oleh para insinyur kedirgantaraan dan ahli kosmologi. Judul itu sendiri merujuk pada masalah fisika nyata yang tidak terpecahkan — yang dihidupkan dalam rangkaian lintasan orbit planet di sekitar tiga bintang.

“Merupakan suatu kehormatan untuk mengadaptasi salah satu karya besar fiksi ilmiah Tiongkok," kata Woo dalam sebuah pernyataan. "Trilogi Masalah Tiga Tubuh menggabungkan begitu banyak hal yang saya suka: kaya, karakter berlapis-lapis dan taruhan eksistensial sejati - semua diceritakan sebagai alegori yang elegan dan sangat manusiawi. "

Liu Cixin dan penerjemah Ken Liu akan bertindak sebagai produser konsultan pada proyek tersebut. Dalam sebuah pernyataan, penulis tampaknya membahas kemungkinan kritik karena para showrunners Amerika mengadaptasi terjemahan bahasa Inggris dari buku berbahasa Mandarin.

"Saya sangat menghormati dan percaya pada tim kreatif yang mengadaptasi The Three-Body Problem untuk pemirsa televisi," kata Liu. "Saya berangkat untuk menceritakan sebuah cerita yang melampaui waktu dan batasan negara, budaya, dan ras; satu yang memaksa kami untuk mempertimbangkan nasib umat manusia secara keseluruhan. Merupakan suatu kehormatan besar sebagai penulis untuk melihat konsep sci-fi yang unik ini berjalan-jalan dan mendapatkan fandom di seluruh dunia dan saya bersemangat untuk penggemar baru dan yang sudah ada di seluruh dunia untuk menemukan ceritanya di Netflix.”

Menurut Entertainment Weekly, anggaran untuk proyek ini dilaporkan diperkirakan sangat besar. Pada satu titik, Amazon mengajukan tawaran untuk mengadaptasi novel dengan label harga $ 1 miliar yang dilaporkan — meskipun proyeksi ini tidak mungkin mendekati itu. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
showrunners game of thrones,
#
showrunners,
#
game of thrones,
#
liu cixin,
#
netflix,
#
serial netflix