MENU
icon label
image label
blacklogo

Panduan Cara Menikmati Wiski Bagi Pemula

NOV 11, 2020@11:00 WIB | 289 Views

Minum wiski adalah hobi yang menua bersama dengan waktu itu sendiri, jadi mengapa tidak menikmatinya meski dalam keadaan sulit? Bahkan selama ribuan tahun hingga sekarang, banyak yang telah mengalami drama dalam hidupnya, dan mereka tetap bisa menikmati wiski.

Wiski adalah hal yang ajaib. Anda dapat berbagi ramuan yang mempesona dengan teman dan keluarga, atau Anda dapat menjalin pertemanan baru sambil menikmati minuman di cocktail. Anda bisa meminumnya dengan rapi, Anda bisa mengocok atau mengaduknya menjadi koktail, bahkan Anda bisa membuat koktail dan kemudian memasukkannya ke dalam bola es.

Sederhananya, jika Anda pertama kali menikmati wiski, Anda akan tahu bagaimana Scotch yang berusia satu tahun ini memiliki sedikit lebih banyak karakteristik Sherry daripada minuman berusia 21 tahun dan itulah yang membuatnya menjadi minuman yang benar-benar lezat. Anda tidak perlu khawatir – kini Anda akan punya cara menemukan semua yang Anda butuhkan untuk mulai minum wiski.

Untuk mendapatkan detailnya dengan benar, kami duduk bersama Tommy Tardie, ahli wiski terkenal di dunia dan pemilik The Flatiron Room dan Fine & Rare, untuk membantu kami lebih memahami nuansa minum wiski.

Apa Itu Wiski?

Jika Anda sering mengunjungi The Manual, Anda mungkin tidak membutuhkan pengenalan tentang wiski. Namun, mempelajari lebih lanjut tentang dunia wiski yang luas dapat membantu meningkatkan kenikmatan Anda. Tardie memulai misi internasional untuk mempelajari semua yang dia bisa tentang wiski sebelum membuka The Flatiron Room. Namun, sebelum kita membahas Tardie, mari kita bahas apa itu wiski sebenarnya (bagi mereka yang tidak tahu atau tidak yakin dengan semua spesifikasinya).

Singkatnya, wiski adalah minuman keras yang terbuat dari biji-bijian.

Untuk mencapai titik distilasi, penyuling menumbuk butiran untuk melepaskan gula alami, yang kemudian difermentasi menjadi alkohol. Alkohol itu kemudian disuling, menciptakan semangat yang lebih kuat dalam prosesnya. Biji-bijian yang digunakan dapat bervariasi, tetapi lebih sering Anda akan menemukan wiski yang dibuat dengan jagung, gandum hitam, gandum, dan barley (baik malt maupun tidak). Biji-bijian lain seperti millet dan quinoa kadang-kadang digunakan, tetapi empat yang baru saja kami sebutkan adalah pemain utamanya. Setelah tumbuk difermentasi dan disuling, biasanya diendampkan dalam tong, yang akan memberikan rasa dan warna.

Dan voila, wiski singkatnya. Sekarang, Tommy Tardie ia adalah orang yang telah mengambil alih dunia wiski ke Kota New York dengan badai.

“Hal terbaik tentang wiski adalah bahwa wiski sangat beragam dan dapat menarik banyak sekali selera,” kata Tardie. "Bourbon, rye, single malt, blends - semuanya wiski." (Jika Anda penasaran dengan berbagai ejaan "wiski", berikut adalah uraian singkatnya)

Jika ada tema dalam panduan ini, itu adalah "eksplorasi". Tidak ada cara yang tepat untuk meminum semua wiski - sebaliknya, menikmati minuman ini adalah perjalanan pribadi yang dapat dengan mudah berubah dari minggu ke minggu, dari hari ke hari, dari minuman ke minuman. Protokol yang diuraikan dalam panduan ini bekerja dengan baik dengan wiski apa pun di bawah terik matahari. Kami akan memandu Anda mempelajari dasar-dasarnya, tetapi pada akhirnya Anda harus mengikuti selera Anda sendiri.

Cara Minum Wiski

Menikmati Wiski Lurus atau Rapi

Lain kali Anda menikmati segelas wiski, tahan keinginan untuk segera memberi es ke dalamnya. Anda akan menemukan bahwa banyak wiski sangat diperkaya dengan es, tetapi Anda akan merugikan diri sendiri jika tidak mencoba wiski dengan rapi.

“Sebelum saya masuk ke permainan ramah, saya biasanya akan memesan wiski rapi ketika saya pergi keluar,” kata Tardie, yang merekomendasikan wiski yang rapi untuk mereka yang ingin menikmati rasa alkohol. "Saya akan menyebut wiski saya sebagai koktail satu bahan."

Jika Anda ternyata tidak menyukai wiski Anda, itu tidak masalah. Dengan kandungan alkohol yang tinggi (sekitar 40% hingga 43% alkohol berdasarkan volume) dan profil rasa yang kuat, segelas wiski langsung bisa menjadi tamparan bagi lidah Anda. Untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman pelukan hangat, mengapa tidak mencoba menambahkan sedikit air?

Mengapa Anda Dapat Menambahkan Air ke Wiski

Jika Anda baru mengenal dunia wiski, Anda mungkin ingin melihat kemungkinan menambahkan beberapa tetes air. Bagaimana setetes air bisa membuat perbedaan?

“Percikan air bisa menjadi hal yang luar biasa,” kata Tardie. “Sedikit air melepaskan elemen hidrofobik (anti air) di dalam gelas, memungkinkan Anda mendeteksi lebih banyak aromatik di hidung, dan dengan menurunkan kandungan alkohol, Anda dapat merasakan lebih banyak rasa di langit-langit mulut.”

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan segelas air dan sedotan. Cukup tambahkan setetes, aduk wiski Anda, teguk, dan ulangi sampai Anda menemukan rasa enak yang Anda cari. Semakin besar percikannya, wiski Anda akan menjadi semakin encer, menghasilkan efek es tanpa membuatnya dingin.

Haruskah Anda Menuang Wiski Di Atas Es Batu?

Memesan wiski "di atas bebatuan" mungkin terdengar keren, tetapi mungkin belum tentu sesuai keinginan Anda. “Es benar-benar membuat langit-langit mulutmu mati rasa dan menumpulkan rasanya,” keluh Tardie. "Tapi, terkadang Anda hanya ingin segelas wiski dingin - menurut saya - lakukan saja."

Untuk jenis esnya, sebaiknya gunakan es batu berukuran besar (1,5 hingga 2 inci) atau bola es. Kubus atau bongkahan es kecil akan meleleh lebih cepat daripada bongkahan es yang lebih besar, sehingga wiski Anda lebih cepat encer. Jika Anda menginginkan efek dingin tanpa pengenceran, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan batu wiski dingin.

Koktail Wiski

Jika Anda tidak menyukai rasa wiski itu sendiri, atau jika Anda sedang mencari cara baru untuk menikmati wiski, kami mendorong Anda untuk mencobanya dalam koktail klasik. Tardie merekomendasikan pangkalan wiski gandum hitam karena ketegasan dan kemampuannya untuk bertahan dalam campuran.

Apakah Anda puas dengan yang klasik? Cobalah variasi sederhana pada resep yang telah teruji waktu, terutama resep di mana Anda tidak mengharapkan wiski. “Karena profil wiski sangat beragam, Anda dapat bersenang-senang bereksperimen dengan berbagai rasa,” kata Tardie, yang satu-satunya percobaan kriptonitnya adalah air beku. “[Di Fine & Rare, usaha restoran Tardie] kami menawarkan sentuhan unik pada Bloody Mary, tetapi kami mengganti vodka dengan Ardbeg, sebuah malt dengan tempat duduk berat dari Islay.”

Whiskey Sour

2 ons bourbon

1 ons jus lemon

0,75 ons sirup sederhana

1 putih telur

Cherry untuk hiasan

Cara membuat: Di dalam shaker tin masukkan semua bahan kecuali es. Kocok kering selama 10-15 detik. Tambahkan es dan kocok lagi. Saring dua kali ke dalam gelas dingin. Hiasi dengan ceri.

Manhattan

2 ons wiski gandum

.5 oz vermouth manis

1-2 setrip pahit Angostura

Cherry untuk hiasan

Cara membuat: Aduk bahan cair bersama dengan es. Saring ke dalam gelas coupe dingin dan hiasi dengan ceri.

Pada akhirnya, Anda akan menemukan apa yang berhasil untuk Anda, jadi ambillah kata-kata bijak tentang wiski dari Tardie ini ke dalam hati: “Bereksperimenlah dan temukan apa yang tepat untuk Anda. Jangan biarkan siapa pun memberi tahu Anda cara menikmatinya." [eli/asl/timBX]

Tags :

#
wiski,
#
rekomendasi minuman,
#
cara minum wiski