MENU
icon label
image label
blacklogo

Mengenal Tiga Tipe Penggemar Wiski, Anda Tipe yang Mana?

MAR 04, 2021@09:00 WIB | 459 Views

Dewasa ini dunia wiski adalah sesuatu yang kompleks. Popularitas ledakan spirit ini memunculkan beberapa karakter berbeda, mulai dari tipe peminum biasa, tipe kolektor, hingga tipe investor. Dari kegita tipe tersebut, BlackPals termasuk tipe yang mana?

Sedikit menoleh ke 10 hingga 15 tahun yang lalu, segala sesuatunya tidak sekompleks sekarang. Tentu sejumlah orang telah memiliki kebiasaan seperti mengoleksi wiski, minum wiski, dan berinvestasi dalam bisnis wiski.  Kegiatan ini mulanya biasa-biasa saja, bahkan secara signifikan hobi tersebut menjadi kurang popular.

Wiski Jepang relatif kurang dikenal bahkan tidak menyebabkan situs web mogok karena perputaran barang yang berlebihan atau terjadi penyumbatan. Selain itu, wiski terlalu mahal, dipasarkan secara berlebihan dan seringkali yang belum matang sama sekali menjadi tidak lazim.

Seiring berjalannya waktu, peningkatan pesat popularitas whisky memberikan beberapa hal positif sehingga sebagian besar penyulingan sekarang memiliki jangkauan yang lebih besar.  Pembotolan independen yang berarti membeli tong dari penyulingan dan mengotori minuman keras di bawah label mereka sendiri jadi semakin menonjol dan mengalami peningkatan tajam dalam produsen dunia baru atau wiski dunia.

Penyebaran wiski sudah mencakup negara-negara wine dunia seperti Prancis dan Italia, di samping negara-negara seperti Australia, India, dan Taiwan.

Peminum

Selama satu dekade, peminum wiski pernah menikmati wiski kemungkinan merasa frustrasi dengan keadaan pasar saat ini, karena botol yang mereka kenal dan sukai sebelumnya tidak lagi tersedia atau sangat mahal.

Di sisi lain, peminum wiski disediakan oleh pilihan dengan banyaknya wiski dari penyulingan baru dan lama, besar dan kecil, untuk menyesuaikan dengan anggaran berapa pun. Lonjakan permintaan telah menyebabkan dibukanya sejumlah bar di Hong Kong - Club Qing, House Welley, dan Tiffany’s New York Bar, misalnya semua menyajikan wiski yang sesuai untuk semua orang, mulai dari penggemar yang paling berdedikasi hingga pemula.

Lars Ruecker, direktur F&B di InterContinental Grand Stanford melihat perubahan ini memengaruhi selera pelanggan. " Pergeseran permintaan dari wiski mainstream ke penyuling yang lebih kecil dengan fokus pada pengerjaan serta botol yang terinspirasi dari lokal, baik yang dikemas dalam hubungannya dengan acara atau tempat, atau secara eksklusif untuk pasar Asia", kata Lars.

Kolektor dan Investor

Mereka yang mengumpulkan karena hasrat semata dan seringkali menurut definisi sendiri adalah peminum wiski.

Saat ini, ada beberapa pilihan yang tersedia untuk mengumpulkan sangat banyak, sejauh beberapa kolektor fokus hampir secara eksklusif pada ceruk tertentu, seperti penyulingan Inggris terutama Bimber yang melihat popularitas yang sangat besar meskipun hanya merilis wiski pertamanya dua tahun lalu dan wiski Australia yang berasal dari Melbourne's Starward dan Sydney's Archie Rose.

Lelang minuman keras telah diadakan di Hong Kong jauh sebelum popularitas saat ini melonjak, kebangkitan lelang wiski online merupakan indikator yang baik untuk meningkatkan permintaan kolektor, dengan puluhan ribu lot tersedia setiap bulan melalui banyak situs.

Kam Daswani, mitra pengelola bisnis wiski lokal, Dram Good Stuff, melihat pasar lelang  mendorong permintaan untuk botol kelas atas di ritel. “Dipimpin oleh lonjakan besar di pasar lelang, klien sekarang tidak hanya mencari untuk membeli untuk konsumsi langsung, tetapi juga semakin mendidik diri mereka sendiri untuk membeli juga untuk kepemilikan jangka panjang,” kata Kam.

Namun, batasan antara investor dan kolektor seringkali tidak jelas, tetapi investor yang ingin mendapatkan keuntungan harus memastikan wiski tidak dibuka dan disimpan dalam kondisi yang sesuai. [dev/asl/timBX]

Tags :

#
wiski,
#
rekomendasi wiski,
#
kolektor wiski