MENU
icon label
image label
blacklogo

3 Wiski Scotch Smoky Sempurna di Musim Dingin

NOV 19, 2020@09:00 WIB | 79 Views

Ini semakin dingin. Maksudnya bukan yang dingin-dingin banget, tapi lebih sejuk. Setelah musim panas hampir tiba, memberi kita satu jam ekstra untuk tidur di malam hari. Di Ape, dengan pagi yang lebih dingin dengan busana baru, sambil mengkonsumsi apa pun yang dilapisi kayu manis adalah salah satu favorit di sepanjang tahun ini.

Pilihan favorit, dari daftar dosa musim dingin yang tidak begitu disesalkan adalah saat meraih sebotol wiski dan sherried sambil duduk di dekat perapian. Bahkan mengantre Scotch adalah hal bijak saat menantang angin dan badai di luar musim dingin.

Oktomor 11,3 Islay Barley

Wiski Skotlandia secara khusus didominasi Bruichladdich dan trifecta malt. Selain rangkaian malt, tim laddie menghasilkan Port Charlotte dan Octomore yang terkenal, yang membuat seluruh benda berasap naik satu tingkat dan seterusnya.

Edisi 11.3 baru telah menarik perhatian dalam lebih dari satu cara. Terroir dan asalnya mendukung setiap elemen dari rilis ini; Bruichladdich mengambil semua jelai yang digunakan tidak hanya dari pulau ini tetapi dari satu pertanian di dekatnya. James Brown, teman baik penyulingan, menanam tanaman di "ladang Irene" di mana hanya 28 hektar yang ditanam untuk panen tahun 2013 - menjadikannya satu malt, dari satu tahun, dari satu ladang. Jelai ini, terkena hembusan angin Islay yang asin dan ditanam di tanah yang asin, kemudian diasapi atau "dikeringkan". Jelai dikeringkan dengan membakar gambut - hingga tingkat empat atau lima kali lebih banyak daripada kebanyakan malt berasap.

Botol dengan kekuatan alami 60%, ini adalah binatang wiski absolut tetapi yang menunjukkan sisi (relatif) lebih lembut juga. Pematangan dalam tong bourbon berkualitas melengkapi aroma asin dan berapi-api dengan lapisan manis. Octomore Edition 11.3 ini dibanderol £175 untuk ukuran 700ml.

Bunnahabhain Caorag

Sebuah perjalanan singkat dari Bruichladdich di sebelah barat pulau ke timur Islay, daratan menghadap garis pantai membawa kita ke Bunnahabhain, penyulingan kasar tapi tetap menawan. Bunna’adalah favorit di rumah di Ape - ekspresi mereka yang berusia 12 tahun mengantongi hadiah dalam Penghargaan Wiski 2020. Menampilkan keaslian, dikemas dalam botol yang elegan, tidak adanya pewarna buatan dan penyaringan dingin.

Bunnahabhain menjadi tren penyulingan Islay dan terkenal karena tanpa ekspresi tetapi menyaingi banyak jenis yang lebih keras dan lebih bersinar di pulau itu.

Dengan menggabungkan semangat peated dan unpeated (beberapa di antaranya dimatangkan dalam tong berbumbu Oloroso sherry), Bunna telah membuat dram yang sangat seimbang. Asapnya lebih merupakan rasa gambut yang hangat dan pedas dari perapian dan penggunaan kayu serap yang sangat tepat; oloroso menekan asap kayu tanpa menekannya. Bunnahabhain Caorag ini merupakan pembotolan eksklusif.

Ledaig 18

Berhasil keluar dari pantai yang direndam roh Islay selama satu atau dua hari, kami menemukan Pulau Mull, sedikit lebih jauh ke utara di sepanjang pantai barat Skotlandia. Desa nelayan Tobermory yang sangat indah hanya memiliki sedikit jalanan namun memiliki penyulingan sendiri.

Sama seperti Bunnahabhain, Tobermory mencoba-coba gaya Scotch yang tidak bercorak dan berasap, menamainya Ledaig. Ketika terakhir kali di pulau itu, kami melakukan kunjungan yang lumayan produktif dan menghabiskan malam yang cerah di tepi pelabuhan dengan membawa botol kami dari penyulingan.

Perusahaan ini menyajikan yang favorit yakni Ledaig yang berusia 18 tahun; sebuah gaya buah semangat peated yang lebih kaya dari drama Islay. Asap gambut ada tapi tidak mendominasi; hal ini terintegrasi sempurna dengan rasa yang lebih membumi dan lebih pedas.

Ledaig 18 Year Old tersedia di Whiskey Exchange seharga £ 79,95 untuk 700ml. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
wiski scotch smoky,
#
rekomendasi wiski,
#
rekomendasi minuman,
#
wiski terbaik