MENU
icon label
image label
blacklogo

Masker, Fashion Item Wajib Memasuki New Normal

JUN 16, 2020@10:40 WIB | 194 Views

Siapa sangka, pandemi global Covid-19 yang terjadi, membawa peluang tersendiri bagi para pelaku mode. Masker sebagai item wajib untuk mencegah penularan virus, kini berevolusi menjadi hot fashion item yang wajib Anda miliki, tak terkecuali bagi pria.

“Terjadi penurunan pembelian untuk koleksi yang diluncurkan sebelum corona. Di sisi lain, terjadi ekskalasi penjualan terhadap produk tertentu karena new lifestyle ini,” kata Hannie. Tentu saja, salah satu produk dengan penjualan menjulang tinggi merujuk pada masker, yang kini menjadi bagian protokol kesehatan.

Peluang ini pun tak dilewatkan begitu saja oleh sederet desainer lokal, yang merasa tertantang dengan pandemi Covid-19. Dengan cepat, mereka merilis sejumlah produk kesehatan dengan sentuhan mode dan ciri khas tersendiri.

Misalnya saja desainer Biyan, yang belum lama ini merilis masker kain dengan sentuhan etnik. Masker ini berbahan dasar kain berwarna netral, yang dihiasi tenunan aneka warna dan corak yang unik. Biyan mengaku terinspirasi dari koleksi Sumba, yang berhasil membuat masker kreasinya tampak segar dan elegan.

Adapun desainer yang berfokus pada batik, Ferry Sunarto, juga  menjadi salah satu pelaku mode yang menciptakan masker fashion. Ia merancang dua koleksi masker kain yang identik dengan Indonesia. Pertama, masker berwarna merah putih dengan logo Burung Garuda, yang tersedia dalam dua pilihan warna logo yakni merah dan emas. Kedua, masker batik dengan beragam pilihan motif mulai dari motif klasik hingga kontemporer.

“Indonesia kaya akan budaya. Batik sebagai warisan budaya Indonesia yang telah mendapatkan apresiasi dunia harus kita kembangkan bukan hanya sebagai busana, melainkan bermacam produk pendukung fashion, seperti masker,” kata Ferry. “Dengan membuat masker, kami berharap dapat memberikan dampak yang positif terhadap the new normal yang selalu mewajibkan penggunaan masker sebagai protokol kesehatan,” tambahnya.

Selanjutnya Amanda Indah Lestari selaku creative director brand Lekat, juga meluncurkan Patchwork Mask, yakni masker yang dibuat dari kain perca. “Masker ini merupakan satu dari produk daur ulang kami, dibuat dari kain sisa untuk patchwork ciri khas kami, jadi semua bagiannya berbeda dan Anda tak akan punya masker yang sama persis dengan yang lain,” tulis Lekat dalam akun instagramnya.

Meski wajah tak begitu terekspos karena penggunaan masker, Anda tetap bisa tampil keren dan bergaya. Anda dapat mengenakan masker berwarna cerah atau bermotif, yang dipadupadankan dengan busana. Selain masker, pelindung wajah, jaket, hingga topi antivirus, juga tampil sebagai bagian dari fashion memasuki era new normal. [yub/timBX]

Tags :

#
masker,
#
new normal,
#
hot fashion,
#
desainer biyan

RELATED ARTICLE