MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Identitas Asli Masker Tim Olimpiade AS yang Viral

JUL 29, 2021@18:00 WIB | 306 Views

Baru-baru ini sebuah masker menjadi viral lewat Olimpiade Tokyo 2020. Hal ini karena ia membuat para atlet dari Amerika Serikat terlihat seperti musuh bebuyutan para superhero atau tokoh antagonis dalam film-film. Ada yang berkomentar mereka menjadi terlihat seperti Bane, musuh Batman dalam seri Gotham. Ada juga yang mengatakan mereka menjadi terlihat seperti pembunuh berantai fiksi Hannibal Lecter. Jadi, masker apa ini sebenarnya?

Masker yang dipakai tim negara Paman Sam ini memang sangat besar, tidak salah para warganet banyak berkomentar. Tim renang memakai masker putih yang bertuliskan USA di bagian pipi kirinya. Penutup hidung dan mulut ini menutup dari bawah mata hingga dagu. Tidak hanya itu, mereka juga terlihat menggembung dan tidak menempel di wajah seperti masker lainnya. Di bagian depan juga ada banyak lipatan-lipatan yang tersusun dari atas ke bawah hingga mendekati dagu.

Nike adalah pihak yang membuat dan menyediakan masker ini untuk para atlet Amerika. Diperkenalkan dengan nama “Venturer Performance Face Mask”, produk ini akan segera hadir untuk publik. Namun Nike tidak memberikan tanggal pasti.

Berbeda dengan masker warna putih yang terlihat di Tokyo, Nike akan menjual varian yang berwarna hitam polos di masyarakat. Masker didesain untuk kemudahan bernafas dan dibuat dengan bahan mesh. Mereka dibentuk dengan struktur 3D. Tidak salah masker ini pun menjadi terlihat mengembang besar.

“Desain unik dengan inspirasi lipatan origami membuat aliran udara optimal dan volume udara dalam masker mesh ringan,” kata Nike dikutip dalam Cnet. Origami sendiri adalah seni melipat kertas yang memiliki sejarah panjang di Jepang, tuan rumah Olimpiade tahun ini. Seperti masker lainnya, ada kawat hidung untuk menyesuaikan bentuk masker.

Untuk pemakaian yang kuat, Nike menyediakan 2 posisi tali, di atas telinga dan di bawahnya. Kedua talinya melingkar lewat belakang kepala sehingga memberikan ikatan ekstra kuat. Masker Nike dibuat untuk pemakaian berulang dan bisa dicuci. Anda juga mendapatkan kotak khusus saat pembelian untuk mencegah bentuknya berubah saat dibawa bepergian.

Catatan penting lain tentang masker ini adalah Nike Performance Face Mask tidak dibuat untuk Personal Protective Equipment (PPE) dan tidak termasuk dalam jenis masker kesehatan atau masker operasi. Harga yang tersedia di website Nike ada $60 atau sekitar 86 ribu rupiah. Semua atlet yang hadir dan berkompetisi dalam Olimpiade Tokyo wajib memakai masker di semua lokasi pertandingan baik dalam ruangan maupun di luar.

Semua ini termasuk saat penyerahan medali, menurut Komite Olimpiade Internasional pada hari minggu kepada Reuters, dikutip oleh TODAY. Namun saat berfoto, mereka boleh melepasnya sejenak.  Pembicara IOC Mark Adams juga menegaskan pentingnya pemakaian masker lewat TODAY, “Ini bukan bagus untuk dipakai, Ini harus dipakai. Tidak ada kelonggaran dan kami akan mendesak dan meminta semua orang untuk mematuhi aturan. Ini penting untuk olahraga, untuk semua orang yang terlibat, dan untuk teman-teman di Jepang kita dan untuk ini akan mengirimkan pesan yang kuat”, ungkap Adams.[eve/shf/timBX]

Tags :

#
masker tim olimpiade as,
#
venturer performance face mask,
#
nike performance face mask

RELATED ARTICLE