MENU
icon label
image label
blacklogo

Daftar 8 Teh Terbaik Untuk Membakar Lemak dan Menurunkan Berat Badan (Part 2)

NOV 05, 2020@17:00 WIB | 240 Views

Sekarang ini telah banyak orang di seluruh dunia tidak hanya menikmati teh sebagai minuman saja, namun juga sebagai salah satu solusi alami dan efektif  dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk juga dalam membakar lemak dan menurunkan berat badan. Berikut ini merupakan lanjutan daftar teh dari artikel tentang 8 teh terbaik untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan:

Teh Oolong untuk Meningkatkan Energi Tubuh

Ini dikenal sebagai 'teh naga hitam', teh terbaik untuk menurunkan berat badan namun bisa meningkatkan energi tubuh juga. Ini dikemas dengan katekin mirip dengan yang ditemukan dalam teh hijau. Katekin ini bekerja dengan meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk memecah lemak, yang dapat meningkatkan tingkat energi Anda dan mempercepat hilangnya lemak.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Chinese Journal of Integrative Medicine meneliti efek penurunan berat badan teh oolong pada 102 orang yang mengalami obesitas. Sekitar 70% dari peserta kehilangan setidaknya dua pon sementara 22% kehilangan lebih dari 6 pon), yang membuat para peneliti menyimpulkan bahwa teh oolong mungkin merupakan cara yang efektif untuk mengurangi kandungan lemak tubuh dan berat badan. Mereka bahkan menyarankan bahwa konsumsi teh oolong dalam jangka panjang dapat membantu mencegah obesitas.

Anda bisa mendapatkan teh oolong dari kantong teh atau daun lepas dan bahkan dapat mencoba menggabungkannya dengan teh hijau untuk meningkatkan efek pembakaran lemaknya.

Teh Putih untuk Pencegahan Sel Lemak

Tidak seperti teh lainnya, teh putih dipanen dan dijemur sebelum dikemas. Menariknya, teh ini cenderung mengandung konsentrasi katekin dan polifenol yang lebih tinggi daripada teh olahan lainnya. Senyawa inilah yang bisa membantu menghalangi perkembangan sel lemak baru dalam tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism meneliti efek teh putih pada sel lemak secara in vitro. Para peneliti menemukan bahwa teh putih mengandung EGCG (epigallocatechin gallate) dalam jumlah tinggi, sejenis katekin. Katekin inilah yang membantu mencegah pembentukan sel lemak, yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi penambahan berat badan. EGCG juga membantu mempercepat metabolisme lemak, memberikan tingkat energi yang lebih tinggi dan hasil yang lebih cepat.

Teh Rooibos untuk Mengurangi Rasa Lapar

Khusus dari Afrika Selatan dari tanaman 'semak merah', teh Rooibos adalah teh yang manis dan sedikit asam. Kaya akan zat polifenol, termasuk flavonoid, yang secara langsung terkait dengan penurunan berat badan. Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa rooibos dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan kadar leptin. Leptin adalah hormon yang memberi tahu otak Anda bahwa Anda kenyang, jadi Anda tidak makan berlebihan.

Rooibos, sebagai teh terbaik untuk menurunkan berat badan, mengandung senyawa kimia yang dikenal sebagai aspalathin. Senyawa ini membantu menangkal rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Berdasar penelitian, kandungan aspalathin dalam teh rooibos membantu mengurangi produksi hormon stres, seperti kortisol. Hormon kortisol ini dapat memicu rasa lapar dan mendorong tubuh Anda untuk menyimpan lemak, terutama jika hal itu menyebabkan makan berlebihan dan mengurangi kemauan.

Jadi, meminum teh ini dengan secara teratur dapat membantu meredakan tingkat stres, membuat Anda rileks dan cenderung tidak makan berlebihan. Dan bisa diminum kapanpun karena bebas kafein.

Teh Pu-Erh untuk Mengurangi Massa Total

Teh Pu-erh merupakan sejenis teh fermentasi tradisional yang berasal dari provinsi Yunnan di Cina dan ini dibuat dengan cara mengoksidasi daun teh setelah dikeringkan dan digulung. Sebuah studi tahun 2016 meneliti efek penurunan berat badan dari teh Pu-erh di mana 59 subjek yang kelebihan berat badan dan obesitas meminum teh tersebut setiap hari. Dengan kata lain, mengonsumsi teh ini setiap hari bisa mengakibatkan penurunan berat badan yang signifikan, penurunan BMI dan profil lipid yang lebih baik serta pengurangan nafsu makan.

Teh pu-er paling baik diseduh dari teh daun lepas dan harus dibilas terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran pada teh. Anda kemudian bisa menambahkan air panas untuk menyeduh daun selama kurang lebih 2 menit, dan sajikan sesuai keinginan. [prm/inn/timBX]

Tags :

#
blacktrend,
#
teh terbaik,
#
menurunkan berat badan