MENU
icon label
image label
blacklogo

Collab, Aplikasi Kolaborasi Music Video Buatan Facebook Resmi Diluncurkan

DEC 17, 2020@07:00 WIB | 503 Views

Aplikasi social Amerika Serikat, kemarin secara publik telah meluncurkan aplikasi music-making. Sebelumnya pada Mei lalu, Facebook telah merilis aplikasi tersebut secara pribadi ke beberapa user.

Aplikasi ini menjadi salah satu dari banyaknya projek dari Group R&D Internal Facebook dan NPE Team yang menguji berbagai ide baru untuk memperbesar influence Facebook pada media sosial.

Collab sendiri merupakan aplikasi untuk membuat sebuah video pendek seperti TikTok. Aplikasi ini membantu pengguna untuk merekam video baik secara paralel maupun bersamaan. Satu-satunya yang memiliki teknik seperti ini.

Selain itu Collab juga mengizinkan pengguna untuk membuat video musik pendek dengan mengkombinasikan sampai tiga video. Seperti musisi dapat memainkan tiga lagu berbeda dan mengkombinasikannya menjadi satu video. Semua video yang telah selesai dibuat dapat diunggah dan masuk ke dalam halaman Collab. Sehingga pengguna dapat melihat dan memainkan serta menggunakannya lagi untuk dikolaborasikan.

Sama seperti TikTok yang memampukan pengguna untuk melakukan kolaborasi seperti duet dan stitches, aplikasi ini juga mengajak pengguna untuk mengkombinasikan video pendek dengan kolaboratif media sosial modern yang lebih fokus pada musik.

Hal pertama yang akan Anda temukan saat membuka aplikasi ini adalah feed scrolling tanpa akhir dengan berbagai gabungan dari video-video pendek yang bisa Anda ikuti atau campurkan menjadi video pendek yang baru. Saat menemukan musisi baru yang Anda suka bisa secara langsung dijadikan favorite untuk notifikasi jika mengunggah video baru.

Saat ini, aplikasi Collab tidak terintegrasi langsung dengan Facebook, tapi dapat mengekspor video yang sudah dibuat untuk dimasukan ke dalam media sosial lain seperti Instagram ataupun TikTok.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Collab kini sudah bisa di download secara gratis di App Store ataupun Google Play Store. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
aplikasi kolaborasi music video,
#
facebook,
#
gaya hidup