MENU
icon label
image label
blacklogo

Begini Langkah Berinvestasi Bitcoin

JUL 04, 2019@18:05 WIB | 156 Views

Bitcoin terus menjadi sensasi lebih dari sebelumnya. Berkat pergerakan harganya yang naik turun dengan cepat seperti rollercoaster, banyak orang tertarik untuk belajar cara berinvestasi melalui perdagangan Bitcoin. Sebagai bentuk cryptocurrency yang paling populer, Bitcoin sekarang diterima secara luas di seluruh dunia dan memiliki semakin banyak aplikasi. Tetapi sebelum Anda bisa masuk ke semua itu, Anda harus terlebih dahulu tahu ke mana harus pergi untuk membeli dan menyimpannya.

Ada beberapa langkah yang perlu diambil untuk melakukan pembelian pertama Anda. Jika Anda siap dan bersedia untuk mengikuti, kami akan mengajari cara berinvestasi Bitcoin dalam waktu singkat.

LANGKAH 1: TEMUKAN DOMPET BITCOIN YANG BAIK

Dompet digital digunakan untuk menyimpan Bitcoin sampai Anda siap untuk membelanjakannya atau menukarnya dengan mata uang lain. Dalam memilih dompet digital penting mempertimbangkan perihal fitur, platform tempat mereka dapat digunakan, dan keamanan. Jadi penting untuk memilih yang berfungsi untuk Anda – bukan yang sekadar Anda lihat pertama di app store.

Catatan: Meskipun dompet online baik untuk pembelian Bitcoin pertama Anda, jika Anda menemukan banyak cryptocurrency berharga karena perdagangan atau nilai kenaikan, pastikan untuk menyimpannya dalam dompet cold storage offline untuk perlindungan maksimal.

LANGKAH 2: PILIH PEDAGANG BITCOIN YANG TEPAT

Tempat terbaik untuk melakukan pembelian Bitcoin pertama Anda adalah di bursa. Ada banyak sekali pertukaran di luar sana, dengan kinerja yang berbeda-beda. Beberapa kurang dapat dipercaya daripada yang lain, dan beberapa bisa sangat terbatas. Jadi penting untuk memilih pertukaran yang tepat untuk memulai. Kami merekomendasikan menggunakan Coinbase, meskipun tidak ada salahnya memeriksa kompetisi menggunakan situs perbandingan pertukaran Bitcoin.

Mendaftar untuk akun itu mudah, meskipun Anda perlu memberikan beberapa bentuk identifikasi. Itu mungkin melibatkan pengiriman salinan fotokopi KTP Anda dan juga mengirimkan gambar langsung wajah Anda menggunakan webcam. Aturan-aturan ini penting untuk diikuti karena memungkinkan situs mematuhi peraturan 'kenal-pelanggan-Anda'.

Jika Anda lebih suka mengambil rute yang lebih langsung dalam membeli Bitcoin, Anda dapat memilih untuk menggunakan layanan peer to peer seperti LocalBitcoin atau BitQuick. Mereka menawarkan beragam opsi pembayaran dan memungkinkan Anda membeli Bitcoin langsung dari penjual tanpa perantara pertukaran. Jika Anda memilih untuk menggunakan ini dan berencana untuk berdagang secara langsung, pastikan untuk bertemu di tempat yang aman.

LANGKAH 3: PILIH METODE PEMBAYARAN ANDA

Pertukaran menerima berbagai opsi pembayaran berdasarkan apa yang bersedia mereka gunakan. Ini adalah semacam titik masalah bagi banyak bursa, karena beberapa metode pembayaran telah digunakan untuk menipu penjual di masa lalu.

Catatan: ATM Bitcoin memungkinkan Anda untuk menukar Bitcoin di dompet yang kompatibel dengan uang tunai. ATM-ATM ini tersedia di sejumlah kota terbatas, tetapi memberikan alternatif untuk menarik uang menggunakan pertukaran. Sekali lagi, sebagian besar pertukaran dan dompet online tidak akan berurusan langsung dengan uang tunai.

LANGKAH 4: BELI BEBERAPA BITCOIN DAN MENYIMPAN MEREKA DI DOMPET ANDA

Pertukaran memberi Anda informasi tentang berapa banyak Bitcoin yang dapat Anda beli dengan jumlah uang tertentu. Namun karena sifatnya yang fluktuatif, harga Bitcoin dapat bervariasi secara dramatis berdasarkan pertukaran dari waktu ke waktu. Itu berarti bahwa bahkan jika Anda memiliki banyak uang, Anda mungkin hanya bisa membeli sebagian kecil dari Bitcoin. Tidak ada yang salah dengan itu dan bagi kebanyakan orang itu adalah rute awal yang baik.

Untuk melakukan perdagangan pertama Anda, masukkan jumlah Bitcoin yang ingin Anda beli di bidang yang disediakan dan klik tombol beli. Di Coinbase atau Coinbase Pro, ini akan menjadi perintah pembelian "pasar" dasar, yang akan membeli Bitcoin dengan harga pasar terbaru. Atau, Anda dapat melakukan pemesanan "batas", yang memungkinkan Anda menetapkan harga yang bersedia Anda bayarkan untuk jumlah tertentu dan perdagangan hanya akan terjadi jika jumlah itu muncul pada harga itu.

Setelah Anda melakukan pembelian, Bitcoin baru Anda akan disimpan di dompet Coinbase Anda. Anda kemudian harus mencari opsi untuk mentransfer dana ini ke alamat dompet Bitcoin yang telah Anda buat yang tidak termasuk pertukaran. Anda harus membayar sedikit biaya untuk melakukannya, tetapi itu adalah bagian dari transfer Bitcoin. Untungnya, biaya untuk perdagangan semacam itu tidak signifikan.

LANGKAH 5: DAPATKAN SIAP MENGGUNAKANNYA

Apakah Anda berencana untuk akhirnya menjual Bitcoin Anda (semoga dengan untung) atau menggunakannya untuk membeli sesuatu, maka bersiaplah untuk melakukannya pada saat yang sama. Cara nilai Bitcoin berfluktuasi, penting untuk merencanakan akhir permainan Anda sejak dini. Bersiaplah dengan menyiapkan akun penjual sekarang, atau cari tahu cara membeli apa yang Anda inginkan sebelum Anda benar-benar merencanakannya. Untuk melihat di mana Anda dapat menghabiskan Bitcoin Anda, buatlah daftar toko online yang kompatibel.

Sebagai tip penutup, pastikan Anda selalu baca ulasan dan berita terkait Bitcoin sebelum melakukan pembelian atau pertukaran. Ada baiknya Anda melakukan itu secara berkala juga mengingat fluktuatifnya yang sangat tinggi.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
bitcoin,
#
investasi bitcoin,
#
cryptocurrency

RELATED ARTICLE