MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Untuk Anda Yang Ingin Memulai Olahraga Lari (Part 2)

JUN 17, 2021@15:00 WIB | 215 Views

Seperti yang sudah Anda baca pada artikel sebelumnya, terdapat 8 tips untuk para pemula yang baru ingin memulai olahraga lari. Lari dapat menjadi pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan bahkan di daerah rumah Anda. Tanpa perlu banyak persiapan, dan perlengkapan.

Dengan begitu Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan banyak waktu hanya untuk melakukan perispan, dan menghemat banyak waktu Anda. Dan berikut adalah tips-tips lanjutan yang akan membantu Anda dalam menerapkan olahraga lari dalam aktifitas Anda.

5. Istirahat dan Pemulihan

Cukup tidur, dan waktu pemulihan, adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan berlari Anda. Saat kita berlari seluruh energy kita terkuras dan terpakai semua, untuk itu kita membutuhkan istiraht agar dapat memulihkan energi dan tubuh kita untuk melakukan olahraga kembali esok hari.

Tidur dan istirahat adalah salah satu cara tubuh Anda akan memperbaiki dirinya sendiri, dan menjadi lebih kuat. Otot, tendon, dan ligamen semuanya membutuhkan waktu untuk dibangun, dan istirahat di antara latihan akan memungkinkan mereka melakukan itu.  Bahkan jika Anda merasa dapat menjadi Forest Gump, jangan mencobanya tanpa hari istirahat atau Anda akan mengalami kerusakan serius.

6. Disiplin Adalah Kuncinya

Jika Anda telah membaca sejauh ini, Anda telah membuktikan tekad. Tetapi apakah Anda siap untuk berkomitmen pada jadwal? Konsistensi dan disiplin adalah kunci untuk berkembang sebagai pelari. Setiap lari tidak harus selalu luar biasa, Anda mungkin tidak akan selalu ingin melakukannya, terutama saat cuaca dingin/hujan di luar. Tetapi inilah hari-hari Anda harus mendorong tekad diri Anda sendiri. Jika kita mengandalkan cuaca agar berlari dengan baik, tidak ada yang bisa melakukannya dengan baik.

Rencanakan lari Anda sepanjang minggu. Dengan cara ini Anda tidak akan memiliki alasan baik saat hujan datang atau cuacah cerah. Ini juga akan memastikan Anda makan makanan yang benar sebelum berlari sehingga Anda tidak sengaja menyabotase diri sendiri dan memakan seluruh kue keju sebelum Anda meninggalkan rumah dan harus berlari pulang.

Baca: Tips Untuk Anda Yang Ingin Memulai Olahraga Lari (Part 1)

Mulai dalam beberapa kali seminggu untuk permulaan. Berlari bekerja paling baik jika Anda secara bertahap meningkat seiring waktu. Sungguh menakjubkan betapa banyak yang dapat Anda capai dengan tindakan kecil dan konsisten.

7. Bergabunglah dengan Klub Lari

Keluar dari zona nyaman Anda dan bergabunglah dengan klub lari. Menjadi bagian dari grup lari tidak hanya akan membantu Anda secara fisik, tetapi Anda juga akan memiliki akses ke banyak pengalaman dan pengetahuan dari para pelari lain dalam grup tersebut.

Jika Anda seorang pemula, tidak ada tempat yang lebih baik untuk memulai selain klub lari. Ada banyak kelompok kemampuan lari yang berbeda yang dapat Anda ikuti. Aspek sosial menjadi bagian dari komunitas lari yang suportif, dan teman-teman yang akan membawa Anda (yang benar-benar memahami hasrat Anda untuk berlari) pada tingkat kenikmatan baru dalam lari Anda.

Anda juga biasanya akan bertemu dengan orang-orang yang melatih pelari dalam kelompok ini, dan saat Anda berkembang, Anda mungkin ingin mendapatkan pelatih untuk membantu Anda mencapai tujuan lari Anda.

8. Jangan Lupa Untuk Bersenang-Senang

Ada tips yang paling terpenting, Anda Jangan terlalu serius! Anda ingin melakukannya dengan baik, tetapi Anda juga harus menikmatinya. Itu akan membuat bangun dari tempat tidur pada pukul 6 pagi di pagi musim dingin menjadi lebih mudah. Percayalah bahwa bersenang-senang adalah inti dari berlari dan berolahraga.

Terdapat suatu kenikmatan murni melakukan sesuatu yang Anda sukai. Rasa pencapaian dalam mencapai tujuan pribadi Anda. Baik itu berlari di taman lari sepanjang 5 km, lari marathon, atau hanya berlari di sekitar blok tanpa henti. Ini perjalananmu, jadi nikmatilah.

Anggap dengan berlari ini Anda melakukan hobi yang Anda sukai, lakukan dengan suka cita. Dengan begitu saat berlari Anda tidak akan merasa terbebani. Karena pada dasarnya semua yang Anda lakukan akan berbalik kembali kepada Anda. Jika Anda lakukan dengan senang, makan Anda akan mendapatkan energi posiif untuk diri Anda sendiri. [shf/timBX]

Tags :

#
tips olahraga lari,
#
tips pria,
#
tips