MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Menghasilkan Foto Bagus Pada Kamera iPhone 12

NOV 16, 2020@13:00 WIB | 115 Views

Fitur kamera pada smartphone pada tahun ini mengalami perkembangan yang pesat,, baik secara hardware maupun softwarennya. Salah satu smartphone terbaru yang memiliki fitur hebat di tahun ini adalah iPhone 12, yang mana harganya lebih murah dari model Pro dan Pro Max. Bila Anda termasuk yang sudah memilikinya, maka ini saatnya untuk menuangkan segala kreativitas untuk menghasilkan foto yang bagus dan berkesan. Nah, berikut adalah tip saya tentang cara mengambil foto yang bagus. Anda tidak perlu mengikuti semuanya, tetapi mengingat ide-ide ini akan membantu Anda lebih memikirkan fotografi Anda dan mengubah bidikan yang tidak dapat dilupakan menjadi karya seni yang berkesan.

Tetapkan aturan komposisi

Faktor terbesar yang akan membedakan gambar Anda dari gambar orang lain, kemudian, adalah komposisi pemandangan yang Anda potret. Jadi luangkan waktu sejenak untuk memikirkan tentang penataan semua elemen berbeda dan bagaimana tampilannya pada gambar akhirnya. Misalnya, Anda sedang mendaki bukit dan menemukan pemandangan yang indah. Anda bisa mengarahkan ponsel Anda ke sana dan mengambil snap, dan pasti keluarga dan teman akan memuji Anda karena pemandangan yang indah. Tapi luangkan waktu untuk melihat pemandangan itu dan pikirkan bagaimana itu bisa menjadi gambar "wow" yang nyata.

Menambahkan bunga latar depan (seperti formasi batuan yang menarik, sepetak bunga, atau tunggul pohon tua) dapat membantu menyatukan pemandangan, dan menggunakan garis-garis utama (seperti jalan setapak atau dinding) dapat membantu menarik perhatian pemirsa lebih jauh ke dalam adegan Anda. Aturan fotografi sepertiga perlu diingat untuk membantu Anda memulai, dan untuk membantu hal ini, Anda dapat mengaktifkan hamparan kisi dalam pengaturan kamera untuk menyejajarkan elemen secara akurat. Ingatlah bahwa terlepas dari namanya, aturan sepertiga sebenarnya hanyalah panduan, bukan aturan. Beberapa komposisi yang lebih kreatif akan dengan sengaja merusaknya.

Ketahui kapan harus melakukan Wide Angle

IPhone 12 memiliki tampilan standar dan tampilan super lebar yang terpasang di kameranya, jadi penting untuk diingat untuk menggunakan kedua sudut ini dan mengetahui kapan waktu terbaik untuk menggunakannya. Beralih ke tampilan super lebar dapat mengubah gambar Anda, tetapi ini hanya berguna jika Anda memiliki komposisi kuat yang memerlukan sudut sangat lebar.

Jika subjek dalam gambar Anda - misalnya, sebuah masjid di lereng bukit - jauh, lensa sudut lebar akan membuat gereja tampak lebih jauh dari Anda, dan itu akan hilang dalam bingkai. Sebaliknya, lebih dekat ke gereja dan nyalakan mode lebar dan Anda akan menemukan bahwa gereja masih menjadi subjek dominan dalam gambar Anda. Namun sekarang Anda dapat menangkap lebih banyak lagi sekitarnya. Sekali lagi, minat latar depan yang kuat membantu foto sudut lebar, jadi lihat sekeliling; mungkin ada sepetak bunga liar yang bagus yang bisa Anda tempatkan di latar depan dan gereja bisa menempati lebih banyak bagian tengah.

Kontrol eksposur Anda

Meskipun iPhone 12 biasanya tepat dalam memilih eksposur yang tepat untuk suatu adegan, terkadang perlu sedikit bantuan. Pemandangan kompleks dengan langit cerah dan bayangan gelap terkadang dapat membingungkan kamera. Misalnya, saat mengambil potret seseorang dengan matahari terbenam yang cerah, ini mungkin memilih eksposur yang baik untuk langit tetapi membiarkan subjek dalam bayangan. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam hal ini.

Pertama, Anda dapat mencoba mengetuk subjek Anda, memberi tahu kamera bagian yang harus diekspos dengan benar. Anda juga dapat menyeret penggeser kecil yang muncul di samping kotak yang muncul saat diketuk. Ini akan memungkinkan Anda untuk mencerahkan atau menggelapkan pemandangan sesuai kebutuhan. Jika pemandangan terlihat sangat cerah, Anda ingin menurunkannya hanya dengan satu sentuhan.

Shoot dalam bentuk RAW

Bila Anda ingin kontrol yang lebih besar atas eksposur Anda, potret dalam format mentah dan ambil kendali manual atas pengaturan Anda. Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan ini, seperti Momen atau Cahaya Pertama, karena aplikasi kamera iOS default tidak menawarkan fitur ini.

Mengambil kontrol manual dari pengaturan seperti kecepatan rana, ISO, dan white balance sangat membantu dalam hal-hal tersebut ketika kamera dapat dibingungkan oleh suatu pemandangan dan Anda tidak dapat memperoleh bidikan yang Anda inginkan. Matahari terbenam yang dalam, misalnya, mungkin terlihat terlalu gelap untuk kamera, sehingga akan memberikan kompensasi berlebihan dan memunculkan terlalu banyak bayangan, yang merusak tampilan atmosfer yang ada dalam pikiran Anda. Dengan memilih sendiri pengaturannya, Anda bisa mendapatkan bidikan yang Anda inginkan. Gambar RAW juga tidak secara permanen menyimpan data gambar untuk keseimbangan putih dan penajaman, yang memberi Anda lebih banyak kontrol saat mengedit gambar nanti agar "lebih artistik".

Edit gambar Anda

Pengeditan yang baik sering kali dapat menjadi faktor utama dalam mengubah foto biasa menjadi karya seni yang dramatis. Dan hal terbaik tentang pengeditan adalah tidak harus rumit atau membosankan. Bahkan menggunakan tombol edit dasar di aplikasi Galeri Apple memungkinkan Anda menerapkan filter keren, mengontrol sorotan, atau mengangkat bayangan, yang semuanya memerlukan beberapa detik untuk dilakukan dan dapat meningkatkan bidikan Anda. Tetapi jika Anda ingin melangkah lebih jauh, ada banyak aplikasi pengeditan di App Store yang dapat mengubah bidikan Anda, seperti Adobe Lightroom, Snapseed, Prisma, PicsArt dan Photoshop Camera, yang memungkinkan Anda menerapkan efek imajinatif ke gambar Anda, mengubahnya menjadi karya seni modern yang unik. [inn/asl/timBX] berbagai sumber  

Tags :

#
kamera iphone 12,
#
tips fotografi,
#
trik fotografi,
#
fitur kamera iphone 12