MENU
icon label
image label
blacklogo

Maksimalkan Jepretan iPhone 12 Pro dan Pro Max dengan ProRAW

DEC 23, 2020@08:30 WIB | 877 Views

Bagi Anda pemilik iPhone 12 Pro atau Pro Max, dan menganggap diri Anda sebagai fotografer, maka kabar baik ini datang untuk Anda. Ponsel terbaru dari Apple ini dikabarkan akan mendapatkan pembaruan iOS yang membantu pengguna mendapatkan hasil maksimal dari kamera ponsel.

Itu berkat adanya fitur ProRAW baru, yang diperkenalkan pertama kali oleh Apple pada acara Oktober lalu. ProRAW menggabungkan fleksibilitas pengeditan RAW dengan trik fotografi komputasi Apple, seperti Smart HDR dan Deep Fusion untuk pertama kalinya.

Pengguna tidak lagi harus memilih antara fleksibilitas file RAW standar dan file JPEG atau HEIC yang memiliki semua keajaiban komputasi Apple, tetapi potensi terbatas untuk pasca pemrosesan. ProRAW akan memberi Anda keduanya.

Memotret foto RAW di iPhone bukanlah hal baru. Apalagi dengan adanya aplikasi seperti Halide dan Adobe Lightroom, maka Anda dimungkinkan untuk menangkap semua data yang dapat dikumpulkan oleh sensor iPhone.

Semua manfaat biasa dari RAW ada di sini dengan ProRAW, namun dengan kontrol yang jauh lebih baik atas white balance, yang selalu jadi faktor terbesar bagi fotografer. Ini memberi Anda kelonggaran yang lebih besar dengan menyesuaikan eksposur, ketajaman, rentang dinamis, dan banyak lagi.

Anda dapat membuat penyesuaian yang lebih baik pada rona wajah dalam potret atau memaku eksposur dalam bidikan landskap. Namun, gambar RAW standar dapat terlihat sangat berbintik dari iPhone karena ini masih sensor kamera smartphone kecil dan tanpa pengoptimalan fotografi komputasi apapun. Sekarang, Anda harus memperhatikan semua detail yang sama seperti sebelumnya, tetapi dengan lebih sedikit noise.

Hasil baik ini muncul karena gambar ProRAW melakukan pemrosesan gambar multiframe yang sama seperti jepretan iPhone biasa. Bahkan dengan itu, Anda mendapatkan sekitar 14 stop rentang dinamis untuk digunakan dalam pengeditan perangkat lunak.

ProRAW dapat digunakan dengan semua kamera belakang pada iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. ProRAW tidak akan secara tiba-tiba mengubah ultrawide menjadi lensa ajaib, tetapi ini sangat membantu dalam mode malam.

Anda bahkan dapat mengakses topeng segmentasi orang yang ditangkap oleh sensor untuk membuat penyesuaian gaya mode potret, asal aplikasi pengeditan memungkinkan Anda untuk mengontrolnya.

Untuk menggunakan ProRAW, Anda harus mengaktifkannya di bawah opsi kamera di menu pengaturan. Setelah itu, Anda akan melihat tombol RAW muncul di kanan atas jendela bidik kamera, yang merupakan cara Anda dapat dengan cepat mengaktifkan dan menonaktifkan ProRAW. Mudah, bukan? [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kamera iphone 12 pro,
#
kamera pro max,
#
proraw,
#
ios,
#
tips fotografi,
#
apple