MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Menghapus Cache di iMac, Mac, atau MacBook Anda

DEC 13, 2021@18:30 WIB | 170 Views

Setiap kali Anda meluncurkan aplikasi atau mengunjungi situs web di komputer Anda, komputer Anda menyimpan data sementara tentang aktivitas tersebut di dalam cache.

Tujuannya adalah dengan dapat dengan cepat mereferensikan data ini, ini akan membantu membuat situs web dan aplikasi yang sedang digunakan menjadi lebih cepat, tetapi seiring waktu, file lama ini mungkin menjadi tidak relevan. Juga menjadi rusak, yang berarti Anda dapat mengalami masalah saat mencoba memuat situs web.

Meskipun ada banyak alasan lain mengapa aplikasi atau situs tidak bisa dimuat dengan benar, solusi potensial yang cepat dan mudah adalah dengan menghapus cache komputer Anda. Ini juga dapat membantu mengosongkan beberapa ruang dalam komputer, dan jika Anda telah menggunakan komputer selama bertahun-tahun tanpa membersihkan cache, ini dapat menyebabkan kelambatan dalam menggunakan computer Anda.

Namun perlu diingat bahwa tidak seperti membersihkan cache browser Anda yang biasanya, cache komputer Anda dapat berisi file penting dan penting untuk memastikan kelancaran Mac Anda. Menghapus beberapa file ini dapat menyebabkan beberapa kesalahan sistem, jadi pastikan Anda 100% yakin dengan apa yang Anda hapus sebelum melakukannya.

Tips: Sebaiknya pastikan Anda telah membuat cadangan sistem Anda sebelum melanjutkan. Ini jika Anda secara tidak sengaja menghapus sesuatu yang tidak seharusnya dan sekarang komputer Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Pastikan Anda memiliki cadangan terbaru jika Anda perlu memulihkan sistem Anda.

Baca juga: Tips Menghapus Beberapa Aplikasi Android Secara Sekaligus

Menghapus Cache Sistem di macOS

1. Buka Finder

2. Tekan Shift + Cmd + G dan ketik /Library/Caches

3. Klik On Go

4. Cari folder/file yang ingin Anda hapus dan hapus satu per satu

5. Pastikan untuk mengosongkan tempat sampah Anda setelah selesai

Menghapus Cache Aplikasi di macOS

Tidak seperti menghapus cache sistem yang berpotensi merusak sistem Anda, cache aplikasi sedikit lebih aman dalam hal itu. Ini pada dasarnya adalah file yang dibuat oleh aplikasi yang Anda gunakan, dan menghapus cache di sini dapat membantu Anda memperbaiki aplikasi tertentu yang tidak berfungsi dengan baik.

Namun tetap tidak ada salahnya untuk membuat cadangan file Anda atau membuat salinan folder dan isinya sebelum Anda menghapusnya, untuk berjaga-jaga jika Anda perlu memulihkannya nanti.

1. Buka Finder

2. Tekan Shift + Cmd + G dan ketik ~/Library/Caches (perhatikan “~” penting)

3. Klik On Go

4. Buka folder dan file dan pilih yang ingin Anda hapus

5. Pastikan untuk mengosongkan tempat sampah Anda setelah selesai

Baca juga: Cara Untuk Merekam Layar Di Mac Anda

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Untuk Menghapus Cache

Jika Anda merasa tidak nyaman menghapus cache komputer Anda secara manual dan tidak ingin mengambil risiko secara tidak sengaja menghapus sesuatu yang mungkin Anda perlukan, ada beberapa opsi pihak ketiga yang perlu dipertimbangkan.

Ini termasuk CleanMyMac X dan Avast Cleanup. Kedua aplikasi ini dapat membantu Anda mengosongkan cache Mac Anda, dan bonus tambahannya adalah alat ini dilengkapi dengan banyak fitur lain seperti deteksi malware, mencopot pemasangan aplikasi, meningkatkan privasi, dan pengoptimalan OS secara umum. bisa jadi layak untuk dicoba jika Anda juga menginginkan fitur tambahan.[shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
cara menghapus cache,
#
menghapus cache,
#
cara menghapus cache di imac,
#
imac mac macbook,
#
apple