MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Fotografi Smartphone ala Jay Subiyakto Mengabadikan Momen dengan Galaxy S20

MAR 08, 2020@14:00 WIB | 316 Views

Pada acara peluncuran Galaxy S20 series di Jakarta (4/3), seorang seniman sekaligus art director kawakan Indonesia yang berkiprah di bidang fotografi dan videografi, Jay Subyakto, berkesempatan secara khusus untuk berbagi tips tentang bagaimana mengambil foto menggunakan smartphone flagship Galaxy S20 Ultra. Jay dikenal sebagai sosok yang memiliki referensi pengambilan gambar yang unik danout of the box. Hasil karya fotografi Jay kerap diikutsertakan di berbagai pameran baik dalam negeri, maupun di mancanegara. Karya fotografi terbarunya sedang dipamerkan di galeri seni Rumah Maén, Menteng, Jakarta dengan tajuk ‘Antarktik’.

“Menurut saya, teknologi kamera Galaxy S20 Ultra ini menjadi angin segar bagi para penggunasmartphone yang suka mengabadikan momen. Inovasi terdepan di Galaxy S20 yang sangat membantu saya, antara lain kapabilitas zoom yang sangat jauh berkat teknologi lensa lipat yang bekerja seperti periscope ini,” Ungkap Jay pada saat ditemui pada acara press launch Samsung Galaxy S20 Series. Tidak lupa, Jay-pun berbagi tips untuk mengambil foto yang out of the box untuk para pengguna menggunakan Galaxy S20 Ultra.

Kenali Kemampuan Smartphone yang Kita Miliki

“Hal utama yang wajib untuk diperhatikan sebelum kita membuat konten-konten yang out of the box adalah mengenali kemampuan smartphone yang kita miliki. Seringkali kita hanya sekedar membeli tanpa memahami secara keseluruhan kapabilitas gadget kita.” kata Jay Subyakto, fotografer yang kerap berbagi konten out of the box melalui karya-karya fotografinya. “Dengan memahami kemampuansmartphone yang kita miliki, kita dapat memaksimalkan segala fitur-fitur kamera yang ditawarkan untuk membuat konten fotografi yang tidak hanya bagus, tapi juga out of the box.”

Jelajahi sudut pandang yang berbeda

Menurut Jay, salah satu aspek terpenting dalam mengambil foto adalah berani untuk mengeksplorasiangle-angle yang baru. “Terkadang kita terlalu terpaku dengan sudut pandang yang mainstream. Padahal, dalam mengambil satu objek, banyak sekali angle yang dapat dieksplorasi untuk menceritakan sesuatu dari perspektif yang berbeda. Dengan kamera Galaxy S20 Ultra yang memiliki resolusi 108MP, kita dapat menggunakan fitur Quick Crop untuk mengambil bagian tertentu pada sebuah foto dengan hasil akhir yang berkualitas tinggi,” kata Jay Subyakto.

Samsung Galaxy S20 Ultra didukung dengan kamera 108 MP yang memiliki spesifikasi f/1.8 (79-degree FOV), 26mm (wide), 1/1.33", 0.8µm, PDAF, OIS. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan resolusi yang super tinggi, serta memperbesar gambar menggunakan fitur Quick Crop tanpa harus kehilangan kualitas hasil akhir foto.

Gunakan Intuisi Sebelum Mencari Referensi

“Setiap hari mungkin kita terpapar dengan puluhan, atau bahkan ratusan referensi konten-konten yang menarik, baik di media sosial, atau sumber manapun. Kita boleh saja mencari referensi, namun jangan sampai kehilangan identitas atau karakter kita. Menurut Saya, sumber yang paling terpercaya saat kita akan mengambil sebuah foto adalah intuisi,” sambung Jay. “Biarkan intuisi Anda bermain sejauh mungkin dan jangan takut untuk bereksperimen dengan cara kita mengabadikan sesuatu.”

Jangan Takut Untuk Mengambil Gambar Dari Jauh Untuk Melihat Lebih Dekat

“Saya adalah salah satu orang yang gemar untuk mengambil foto dari kejauhan. Hal ini membuat saya dapat melihat sesuatu dari perspektif yang lebih besar lagi. Banyak yang menganggap jika kita mengambil foto dari jauh, kita akan kehilangan detail yang kita inginkan. Bagi saya, justru sebaliknya. Dengan fitur hingga 100X Space Zoom yang diusung oleh kamera Galaxy S20 Ultra, teknologi ini memberikan saya kebebasan lebih untuk mengambil foto dari jarak jauh dengan lensa telephoto yang ringan dibawa dan mudah untuk digunakan,” sambung Jay.

Inovasi 100X Space Zoom pada Galaxy S20 Ultra mengombinasikan Hybrid Optical Zoom dan Super Resolution Zoom dengan dukungan AI-powered Digital Zoom, sehingga pengguna bisa mendapatkan hasil foto dari jarak jauh yang belum pernah ada sebelumnya. Berkat kapabilitas 10x lossless zoom, gambar yang dihasilkan sangat jernih berkat adanya kombinasi antara lensa optik dan crop sensor pada sensor resolusi yang tinggi.

Pencahayaan Adalah Teman Terbaik Anda

“Dalam kegiatan fotografi cahaya dapat menjadi teman terbaik atau mungkin hal yang kita hindari, tergantung bagaimana cara kita memanfaatkannya dengan baik. Dengan Galaxy S20 Ultra, saya dapat memanfaatkan pencahayaan alami untuk mendapatkan hasil foto yang sesuai keinginan. Dengan teknologi yang menggabungkan Sembilan piksel menjadi satu (Nona-binning) pada kamera Galaxy S20 Ultra, lensa kita dapat menangkap cahaya lebih banyak, sehingga kualitas foto yang dihasilkan dalam keadaan pencahayaan rendah bisa tetap terlihat lebih maksimal, namun tetap natural,” sambung Jay.

Fitur Nona-binning menggabungkan sembilan pixel menjadi satu, sehingga membuat pengguna tetap mendapatkan gambar yang tajam meski dalam keadaan minim cahaya. Berkat algoritma re-mosaic yang dapat mengatur ulang RGB pixel, pengguna bisa mendapatkan lebih banyak detail di dalam setiap jepretan foto.

“Kamera Galaxy S20 Ultra mengubah cara kita untuk mengabadikan momen. Dengan beragam inovasi teknologi kamera yang ditawarkan, para pecinta fotografi di Tanah Air bisa mendapatkan berbagai perspektif baru dalam menuangkan passion-nya, serta mendapatkan pengalaman baru dalam ber-foto ria. Yuk, jangan takut untuk bereksperimen dalam menghasilkan karya fotografi yang out of the box, tag saya di Instagram untuk memperlihatkan hasil foto kamu menggunakan Galaxy S20 Ultra, ya!” ajak Jay.[Ahs/timBX]

Tags :

#
samsung galaxy,
#
samsung galaxy s20,
#
fotografi smartphone,
#
samsung fotografi,
#
tips fotografi,
#
jay subyakto