MENU
icon label
image label
blacklogo

Tingkatkan Kreatifitas Fotografi saat di Rumah Saja dengan Teknik Double Exposure

APR 20, 2020@17:15 WIB | 195 Views

Seperti namanya, teknik ini dicapai ketika satu slide film diekspos dua kali, bukan sekali. Ini terjadi, sengaja atau tidak sengaja, biasanya digunakan untuk mendapatkan hasil akhir foto digabung di editing untuk hasil yang lebih maksimal eksposurenya, menghasilkan dua gambar yang terpapar pada slide yang sama. Teknik ini banyak digunakan pada era fotografi analog, tetapi Anda juga dapat meniru ini pada banyak DSLR maupun mirrorless.

Setelah berlatih menggabungkan dua eksposur, Anda dapat mulai bermain dengan beberapa eksposur yang lebih rumit. Beberapa merk kamera hanya memungkinkan anda untuk menggabungkan tiga gambar, jadi bereksperimen dan lihat seberapa kreatif anda bisa dapatkan!

Langkah-langkah di bawah ini dirancang untuk kamera Canon, tetapi fitur tersebut hampir sama dengan merk kamera lainnya yang hanya berbeda mungkin pada letaknya di menu kamera. Jadi cukup selami menu Anda dan cari beberapa fungsi eksposur.

1. Aktifkan Menu Enable multiple exposures

Langkah pertama adalah masuk ke menu pemotretan dan menuju ke opsi ‘Multiple exposure’. Secara default ini akan diatur ke dinonaktifkan, jadi buka submenu dan nyalakan - untuk proyek khusus ini, kami ingin mengaktifkan opsi pertama, 'Aktif: Func / Ctrl'.

2. Dial in the settings

Pada panel ‘Multi-eksposisi ctrl’ pilih pengaturan Additive, karena meniru/menyimpan hasil pemotretan. Tetap pada Simpan ‘‘No. of exposures’ setting to 2, pastikan bahwa 'Simpan sumber gambar' diatur ke Semua gambar, dan Lanjutkan Multp exp diatur ke terus-menerus.

03. Ambil Foto Pertama

Sekarang saatnya untuk mulai foto, Untuk hasil terbaik dengan mengambil eksposur ganda, idealnya anda ingin frame pertama menjadi siluet, ini paling baik digunakan pada bangunan atau seseorang yang terpapar dengan kasar ke langit, untuk mendapatkan area gelap dengan latar belakang putih.

4. Ambil Foto Kedua

Saat Anda mengambil bingkai pertama anda, kamera menayangkan gambar seperti "hantu" di LCD dalam Live View. Preview ini seperti apa eksposur ganda jadi anda, jadi gunakan untuk menyusun frame kedua anda. Setelah selesai, kamera akan menggabungkan kedua gambar menjadi satu file.

5.  Multiple monochrome

Jika Anda ingin eksposur ganda menjadi hitam-putih, anda juga bisa mencapainya di dalam kamera - tidak perlu melakukan proses ini di Photoshop! Ubah saja mode pemotretan menjadi monokrom sebelum memulai proses; ini akan mengambil semua eksposur dalam hitam-putih (atau, memang, gaya gambar atau mode seni lain yang Anda pilih) dan menggabungkannya menjadi gambar monochrome kontras yang bagus.

6. Berkreasi lebih dengan Stok Foto yang sudah ada

Anda mungkin sudah memiliki gambar yang sempurna tersimpan di memoricard yang akan membuat eksposur ganda yang hebat. Alasan menetapkan 'Simpan sumber gambar' untuk semua di pengaturan adalah agar setiap frame masing-masing akan disimpan, bukan hanya eksposur ganda digabungkan. Jadi, jika anda mendapatkan bidikan dari upaya paparan ganda sebelumnya, atau hanya gambar RAW pada kartu dari pemotretan sebelumnya yang ingin dimainkan, anda bisa!

Di menu Multi eksposur, pilih ke bawah ke ‘Pilih gambar untuk multi expo.' Ini memungkinkan untuk kembali melalui gambar pada memorycard anda dan memilih satu untuk bingkai pertama (perhatikan bahwa harus memotret gambar dalam format RAW, atau RAW + JPG, agar dapat digunakan). Sekarang lanjutkan saja proses dari langkah 04.

Selamat mencoba BlackPals. [arf/asl/timBX]

Tags :

#
kreatifitas fotografi,
#
teknik fotografi,
#
tips fotografi,
#
teknik double exposure