MENU
icon label
image label
blacklogo

Menciptakan Sensasi Bar yang Sempurna di Rumah

DEC 30, 2020@11:00 WIB | 314 Views

Tak terasa sudah di penghujung akhir tahun dan akan menyambut tahun yang baru. Jika sebelumnya Anda merayakan tahun baru di luar bersama dengan teman dan kerabat. Kali ini Anda bisa mengundang mereka ke rumah. Agar terasa lebih berbeda, ciptakan suasana bar untuk menyambut kedatangan yang terkasih bisa menjadi pilihan yang sempurna.

Untuk menciptakan home bar bukan sesuatu yang tidak mungkin. Anda hanya perlu memiliki beberapa alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat minuman ala bar. Jika alat-alat ini sudah tersedia, Anda bisa menggunakannya bukan hanya untuk menyambut tamu, tapi juga bisa untuk menyenangkan diri sendiri di akhir minggu.

Gelas

Dibutuhkan tiga tipe gelas, yaitu Rocks, Collins dan Coupe. Gelas pertama bisa digunakan untuk minuman yang dituangkan di atas es batu yang biasa berbentuk bola. Gelas kedua lebih tinggi karena dibutuhkan untuk minuman yang lebih banyak cairan dan es batu yang dihancurkan di atasnya. Gelas terakhir untuk minuman tanpa es batu seperti jenis cocktail.

Es Batu

Salah satu bagian penting untuk membuat minuman ala bar. Bukan hanya es batu yang ada di dalam kulkas, Anda perlu untuk membuat es batu ini berbentuk bola agar terlihat estetik sama seperti di bar-bar yang ada. Caranya adalah dengan menggunakan cetakan bola es.

Shaker and Bar Spoon

Jika ingin membuat cocktails di rumah, Anda membutuhkan alat shaker. Ada dua pilihan shaker yang perlu Anda gunakan, yaitu Boston yang lebih original dan terlihat sederhana dan Georg Jensen yang lebih premium dan lebih cantik. Selain itu, Anda juga memerlukan sendok baja tahan karat dengan logam panjang untuk mengaduk minuman Anda.

Strainers

Setiap home bar harus memiliki dua alat ini. Pertama Hawthorne, berbentuk seperti pegas melingkar erat di tepinya, dirancang untuk menahan es dan bahan yang tidak diinginkan pada pengocok (shaker). Kedua saringan jaring (Fine Mesh Strainer), untuk menyaring potongan-potongan kecil yang tidak ditahan melalui Hawthorne.

Juice Press

Alat ini biasa digunakan untuk lemon dan jeruk nipis. Gunakan pemeras jus dari bahan logam untuk hasil yang lebih baik dibandingkan dari plastik.

Jiggers

Lebih baik memiliki dua jenis pengukur, satu dengan ukuran 50ml, satu lagi 25 ml.

Alkohol

Minuman utama yang biasa tersedia di bar juga dibutuhkan pada home bar Anda. Sediakan beberapa jenis alkohol sesuai selera Anda, seperti gin, vodka, scotch bourbon, rum dan tequila. Anda tidak perlu memiliki alkohol yang mahal, tapi lebih ke pilihan yang sesuai.

Mixers

Soda dan tonic dibutuhkan sebagai minuman campuran. Fever-Tree menjadi pilihan utama sebagai mixers yang sering digunakan. Beberapa pilihan mixers lainnya adalah Angostura Aromatic Bitters, dan sugar syrup.

Trolley

Sebagai pelengkap sebagai bar yang profesional, mungkin Anda juga bisa memiliki trolley pada home bar Anda. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
sensasi bar,
#
tips minuman,
#
rekomendasi minuman,
#
tips