MENU
icon label
image label
blacklogo

Memori Komputer Penuh? Lakukan Hal Ini!

OCT 16, 2018@19:00 WIB | 199 Views

(Memori Local Disk yang penuh akan sangat mengganggu)

Pernahkah Anda mengalami kejadian yang mana harddisk laptop atau komputer Anda selalu penuh? Padahal Anda sudah rajin melakukan pembersihan memori. Nyatanya, warna merah selalu muncul begitu Anda buka Windows Explorer.

Hal ini nyatanya bisa sangat menggangu. Pasalnya, kejadian ini akan menghambat Anda ketika hendak meng-install program atau memasukkan dokumen baru ke harddisk Anda. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menghapus file yang berukuran besar agar tersedia ruang cukup lega untuk ditempati oleh data lainnya.

Berikut ini Blackxperience akan menampilkan cara mencari file berukuran jumbo pada laptop atau komputer Anda.

  • Buka Windows Explorer

(Buka Windows Explorer)

Langkah pertama, buka Windows Explorer pada laptop Anda. Cara paling mudah adalah dengan mengetik kata “Windows” pada kolom pencarian. Jika Anda masih menggunakan Windows 7, silakan akses tombol Windows, kemudian pilih Computer pada barisan menu di sebelah kanan.

  • Akses Search

(Akses menu search pada Windows Explorer)

Setelah masuk ke Windows Explorer, segera buka Local Disk yang sudah terlalu penuh tersebut. Permasalahannya adalah jika Local Disk C yang menjadi tujuannya. Mencari file dalam Local Disk C bisa dibilang perlu trik khusus.

Nah, caranya, silakan klik kolom Search pada bagian kanan layar. Jika Anda menggunakan Windows 7, setelah Anda klik Search akan muncul beberapa pilihan di dalam kotak tersebut, antara lain “date modified” dan “size”. Pilih size, kemudian tentukan ukuran file yang Anda cari.

(Pada Windows 10 prosesnya sedikit berbeda)

Lain halnya jika Anda menggunakan Windows 10. Begitu Search sudah Anda akses, akan muncul menu bar baru bernama “Search Tools”. Klik Search Tools, kemudian pilih size. Dari sini Anda dapat menentukan ukuran file yang hendak dicari.

Langkah selanjutnya adalah dengan menghapus file yang sudah tidak Anda butuhkan lagi. Pemilihan file yang besar akan mempersingkat proses pembebasan memori laptop atau komputer Anda. [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
local disk,
#
windows