MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengubah Smartphone Lama Anda Menjadi Kamera Keamanan

AUG 13, 2020@15:30 WIB | 260 Views

Kemungkinannya mungkin sudah bertahun-tahun lalu Anda pernah menggunakan beberapa ponsel cerdas. Jika Anda tipe orang yang menyimpan ponsel lama, bagaimana kalau memberinya kehidupan kedua? Salah satu hal yang dapat Anda lakukan dengan ponsel lama Anda adalah benar-benar dapat mengubahnya menjadi semacam kamera keamanan.

Tentu, Anda mungkin belum tentu mendapatkan semua fitur yang Anda inginkan dari kamera keamanan khusus atau salah satu fitur yang lebih cerdas dari Nest, Arlo, dan sebagainya. Tetapi jika Anda ingin menghemat uang, berikut cara mengubah ponsel lama Anda.

Memilih Aplikasi Kamera Keamanan yang Tepat

Sebenarnya ada beberapa aplikasi kamera keamanan yang tersedia di luar sana. Mana yang "terbaik" sepenuhnya terserah Anda, tentu saja bergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda, dan juga seberapa banyak Anda bersedia membayar untuk itu. Diantaranya gratis untuk digunakan, sementara beberapa aplikasi harus membayar, seperti penyimpanan rekaman di cloud ada biaya bulanan. Ini tergantung pada kebutuhan Anda, tetapi kami telah membuat daftar beberapa yang layak untuk dicoba.

Kamera AtHome

Ini tampaknya menjadi salah satu aplikasi kamera keamanan paling populer yang tersedia saat ini untuk smartphone. Muncul dengan fitur-fitur seperti night vision, AI yang dapat belajar mengenali dan membedakan antara orang dan objek, sehingga Anda tidak selalu waspada terhadap gerakan. Pembicaraan dua arah sehingga Anda dapat berbicara melalui smartphone dan mendengarkan apa yang terjadi. Aktif, dan juga memiliki fitur timelapse yang memungkinkan Anda melihat apa yang terjadi dalam 24 jam terakhir dengan cepat.

Alfred

Alfred adalah opsi populer lainnya untuk aplikasi kamera keamanan ponsel cerdas. Ini mendukung pembicaraan dua arah, deteksi gerakan, filter cahaya rendah yang membuatnya lebih baik dalam melihat di kegelapan, dan juga mode sirene. Bahkan ada kemampuan untuk membuat "lingkaran kepercayaan" yang memungkinkan teman Anda mengakses kamera jika Anda mau, dan ada juga dukungan untuk beberapa perangkat yang dapat mendengarkan dan menonton streaming.

Manything

Manything adalah aplikasi yang berfungsi dengan kamera CCTV biasa, tetapi juga memiliki manfaat tambahan untuk bekerja dengan ponsel cerdas. Ini memungkinkan pengguna untuk menonton umpan langsung dari mana saja melalui aplikasi yang menyertainya, dan Anda juga dapat memilih untuk menyimpan video tersebut ke cloud untuk ditinjau nanti. Selain itu juga mendukung fungsi remote control, menyesuaikan zona deteksi, dan peringatan gerakan.

TrackView

TrackView adalah aplikasi multiguna yang dapat berfungsi sebagai kamera keamanan rumah di smartphone tempat diinstal. Muncul dengan fitur-fitur seperti deteksi suara dan gerakan, kemampuan untuk merekam ke cloud, dan juga dapat berfungsi ganda sebagai monitor video atau monitor bayi jika Anda mau. Aplikasi ini juga mendukung fitur non-keamanan lainnya seperti dapat menemukan ponsel cerdas Anda, pelacak GPS, pencari keluarga, pencari mobil, dan sebagainya.

Presence

Sama seperti aplikasi lain yang kami sebutkan di atas, Kehadiran adalah aplikasi kamera keamanan rumah yang mengubah smartphone lama menjadi kamera keamanan. Muncul dengan fitur seperti deteksi gerakan yang akan mengingatkan Anda setiap kali mendeteksi sesuatu yang bergerak di rumah Anda.

Ada juga kemampuan untuk melakukan percakapan dua arah, yang berarti dapat berfungsi ganda sebagai semacam bel pintu yang cerdas, dan juga mendukung banyak penonton pada saat yang bersamaan.

Memilih Lokasi Untuk Kamera Smartphone Anda

Sekarang setelah Anda memilih aplikasi yang ingin Anda gunakan, langkah selanjutnya adalah memilih lokasi tempat Anda ingin meletakkan ponsel cerdas Anda.

Ini penting karena beberapa alasan, bergantung pada kamera ponsel cerdas Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan perangkat yang jauh lebih lama, kamera Anda mungkin tidak sebagus model ponsel cerdas yang lebih baru.

Jadi jika kamera Anda mungkin tidak selebar kamera yang lebih baru, dan Anda ingin menangkap pemandangan yang lebih luas, Anda harus memastikan bahwa ponsel cerdas Anda diposisikan dengan cara yang tepat untuk dapat menangkap lebih banyak detail.

Anda juga perlu mempertimbangkan pencahayaan yang cukup untuk memastikan bahwa rekaman Anda dapat digunakan.

Memasang Dan Memberdayakan Smartphone Anda

Karena ponsel cerdas menggunakan baterai, itu berarti Anda harus memastikan bahwa ponsel cerdas Anda memiliki daya sepanjang waktu, setidaknya jika Anda ingin membuat rekaman video yang panjang.

Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa ponsel Anda dekat dengan WiFi sehingga dapat menyimpan rekaman ke perangkat lain. Anda mungkin juga perlu mempertimbangkan untuk membeli kabel pengisi daya yang lebih panjang jika ketinggian atau posisi yang Anda pilih jauh dari sumber daya.

Anda juga harus memilih bagaimana Anda ingin memasang ponsel cerdas Anda, apakah Anda ingin bersandar pada tumpukan buku atau tripod ponsel cerdas. Ada beberapa dudukan yang dilengkapi dengan kaki fleksibel sehingga Anda bisa melilitkannya di sekitar dudukan rak buku atau lampu untuk memberi Anda sudut atau ketinggian yang lebih baik. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
tips smartphone,
#
tips kemananan,
#
tips kamera,
#
kamera smartphone,
#
kamera keamanan,
#
kamera