MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Menghentikan Aplikasi Melacak Lokasi Anda di Android dan iOS

DEC 04, 2020@19:00 WIB | 248 Views

Apakah Anda merasa seseorang selalu memperhatikan Anda dan melacak keberadaan Anda? Jika ya, Anda mungkin benar. Aplikasi di ponsel cerdas Anda sering kali menyertakan pelacakan yang mengikuti apa yang Anda lakukan dan ke mana Anda pergi. Jika Anda ingin privasi lebih, ada cara untuk mematikan pelacakan tersebut. Berikut caranya:

Cari tahu aplikasi mana yang memiliki akses data lokasi

Sebaiknya mulai dengan meninjau aplikasi di ponsel Anda yang memiliki akses ke data lokasi. Ada alasan yang sah mengapa banyak aplikasi melacak lokasi Anda, jadi ketahuilah bahwa menolak akses ke pelacakan lokasi dapat mencegah beberapa aplikasi berfungsi dengan baik. Aplikasi navigasi seperti Google Maps, misalnya, tidak akan berguna jika tidak tahu di mana Anda berada. Aplikasi umum yang harus diperhatikan untuk pelacakan lokasi meliputi:

Aplikasi berbagi tumpangan: Aplikasi seperti Uber dan Lyft akan melacak lokasi Anda untuk pengemudi mereka, dan mereka mungkin melakukannya terus-menerus, tidak hanya saat Anda membutuhkan tumpangan. Biasanya tidak ada cara untuk mematikan pelacakan lokasi untuk aplikasi ini tanpa menonaktifkannya

Aplikasi penawaran dan kupon: Aplikasi ini mencoba mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dari Anda untuk tujuan iklan, dan itu cenderung menyertakan data lokasi Anda.

Aplikasi berita dan cuaca: Aplikasi ini melacak data Anda, sebagian untuk memberikan informasi yang lebih bertarget berdasarkan lokasi Anda. Tetapi biasanya mereka tidak perlu melakukannya untuk beroperasi.

Aplikasi streaming: Ya, bahkan aplikasi seperti Netflix akan melacak lokasi Anda, dan mereka sebenarnya tidak memiliki alasan yang tepat untuk melakukannya, kecuali berpotensi menangani konten yang dibatasi secara geografis.

Aplikasi media sosial: Beberapa pelacak lokasi paling terkenal!

Aplikasi asuransi mobil: Banyak aplikasi asuransi mobil dapat menggunakan sensor di ponsel Anda untuk tidak hanya memeriksa lokasi Anda tetapi juga menghitung seberapa cepat Anda mengemudi atau seberapa tajam Anda mengerem, dll.

Bagaimana cara mencegah pelacakan lokasi di ponsel Android

Jika Anda memiliki perangkat Android, dan Anda ingin menonaktifkan pelacakan lokasi sepenuhnya, maka itu mudah dilakukan, meskipun petunjuk yang tepat mungkin sedikit berbeda dari ponsel ke ponsel. Saat ini, sebagian besar ponsel Android mengikuti cara yang sama, meskipun hal ini dapat berubah seiring dengan pembaruan.

Di Google Pixel 4, buka Pengaturan> Lokasi dan matikan Gunakan lokasi.

Pada Samsung Galaxy S20 Plus, buka Pengaturan> Lokasi dan matikan.

Pada Huawei P40 Pro, buka Pengaturan> Lokasi dan matikan.

Ini akan mematikan semua pelacakan lokasi, jadi tidak ada aplikasi yang dapat mengakses lokasi Anda. Ini juga berarti bahwa, secara teori, Google dan produsen ponsel tidak akan melacak atau menyimpan lokasi Anda, meskipun tetap ada bukti. Anda juga mungkin masih mendapatkan iklan berdasarkan lokasi alamat IP Anda.

Sayangnya, mematikan lokasi sama sekali juga berarti Anda tidak dapat melacak ponsel Anda jika hilang, tidak dapat melihat atau membagikan lokasi Anda di Google Maps atau layanan peta lainnya, dan beberapa layanan dan aplikasi lain mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Bagaimana cara membatasi aplikasi tertentu di Android

Jika Anda memutuskan bahwa mematikan pelacakan lokasi sama sekali adalah langkah yang terlalu jauh, Anda masih dapat mematikan aplikasi tertentu yang Anda tidak ingin memiliki akses lokasi. Sekali lagi, instruksinya akan sedikit berbeda tergantung pada ponsel Anda.

Misalnya, pada Pixel, buka aplikasi Pengaturan> Lokasi> Izin aplikasi.

Pada Samsung Galaxy, ada Pengaturan> Aplikasi> Menu (tiga titik di kanan atas)> Izin aplikasi> Lokasi.

Di ponsel Huawei, pilih Settings> Apps & notifications> Permissions> Your location.

Tinjau daftar dan nonaktifkan apa pun yang Anda inginkan tidak memiliki kemampuan untuk melacak lokasi Anda.

Cara mencegah pelacakan lokasi di iPhone

Segalanya menjadi sedikit lebih mudah dengan iOS, jadi jika Anda ingin mematikan pelacakan lokasi di iPhone Anda, atau hanya membatasi aplikasi tertentu, maka Anda perlu membuka Pengaturan> Privasi> Layanan Lokasi, di mana Anda dapat memilih untuk mematikan Layanan Lokasi sama sekali.

Namun ingat bahwa ini akan memengaruhi beberapa layanan dan aplikasi, seperti Maps dan Find My iPhone, jadi ini mungkin langkah yang terlalu jauh. Meskipun, perlu dicatat bahwa Layanan Lokasi dapat diaktifkan kembali pada perangkat jika dalam Mode Hilang. Anda dapat mengalihkan iPhone ke Mode Hilang melalui iCloud.

Di Pengaturan> Privasi> Layanan Lokasi, Anda juga akan melihat daftar aplikasi yang memiliki akses data lokasi dan Anda dapat mengetuk masing-masing aplikasi dan memutuskan apakah harus diizinkan untuk mengakses lokasi Anda Tidak Pernah, Saat Menggunakan Aplikasi, atau Selalu.

Bagaimana dengan data lokasi yang sudah tercatat?

Sekarang setelah Anda mencegah berbagai aplikasi dan layanan melacak lokasi Anda ke depannya, Anda mungkin bertanya-tanya apakah dapat menghapus data lokasi yang telah dikumpulkan perusahaan tentang pergerakan Anda.

Jika Anda memiliki ponsel Android, dapat meminta Google untuk menghapus riwayat lokasi Anda. Cukup ikuti tautan tersebut, pastikan Anda masuk ke akun Google Anda, dan ketuk tombol Hapus Riwayat Lokasi. Ingatlah bahwa tindakan ini akan menghapus informasi secara permanen dan Anda tidak akan bisa mendapatkannya kembali. Anda dapat masuk ke akun Google Anda di perangkat apa pun untuk menghapus riwayat Anda dengan cara ini.

Jika Anda ingin menghentikan Google secara permanen dari setiap penggunaan data lokasi lagi, kunjungi halaman web ini setelah Anda selesai. Di mana dikatakan Riwayat Lokasi, pastikan opsi dimatikan. Ini juga merupakan menu tempat Anda dapat melihat aktivitas sebelumnya yang telah dilacak Google selain lokasi, jadi ini mungkin perlu dibaca dengan teliti.

Apple melakukan berbagai hal secara berbeda: iPhone Anda terus-menerus memantau di mana tempatnya sehingga Apple dapat menyusun daftar Lokasi Penting, tempat di mana Anda sering pergi dan menghabiskan waktu (kantor, rumah, kafe, bar, taman, dan di mana pun). Apple melakukan ini untuk mengotomatiskan tujuan di aplikasi Maps dan melaporkan bahwa data dienkripsi dan tidak dapat diakses bahkan oleh Apple, tetapi jika menurut Anda itu invasif maka Anda dapat menghentikannya.

Pada iPhone, buka Pengaturan> Privasi> Layanan Lokasi dan gulir ke bawah untuk menemukan Layanan Sistem> Lokasi Signifikan. Masuk jika Anda perlu, lalu cari tombol Hapus Riwayat di bagian bawah. Pilih ini untuk menghapus lokasi sebelumnya. Jika Anda tidak ingin Apple melacak info ini lagi, pastikan tombol di atas dimatikan sebelum Anda menutup Pengaturan-nya. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips smartphone,
#
tips aplikasi,
#
tips andriod,
#
tips ios,
#
tips