MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mendisinfeksi Smartphone Anda

AUG 25, 2020@18:00 WIB | 164 Views

Perhatian:Ini adalah tips umum untuk mendisinfeksi ponsel cerdas Anda, keefektifannya terhadap virus dan bakteri yang berbeda dapat bervariasi.

Sekarang, Anda semua pasti sudah mendengar nasihat dari organisasi kesehatan di seluruh dunia: cuci tangan secara teratur untuk mencegah penyebaran virus yang mematikan. Dan Anda benar-benar harus melakukan itu. Namun, jika segera setelah mencuci tangan, harus memegang ponsel cerdas itu sama saja telah membatalkan sebagian besar upaya pencegahan.

Ponsel pintar terkenal dengan jumlah kuman dan bakteri yang dibawanya. Jika menyentuhnya setelah menggunakan uang, meraih pegangan pintu atau pagar bangunan umum, dan bahkan saat berada di toilet, maka sentuhlah ponsel Anda setelah benar-benar mencuci tangan. Lalu bagaimana solusi mencegah kuman atau bakteri menempel pada ponsel? Anda juga harus membersihkan ponsel. Berikut beberapa cara untuk melakukannya:

Opsi 1: Bersihkan ponsel Anda dengan solusi buatan sendiri

Karena tujuan membersihkan adalah untuk membunuh kuman maka diperlukan sesuatu yang lebih serius dari sekadar kain mikrofiber biasa, meskipun itu juga diperlukan. Masalah utama dengan membersihkan ponsel Anda dengan solusi apa pun adalah untuk menghilangkan lapisan oleofobik pada permukaan kaca. Lapisan ini dimaksudkan untuk mengurangi sidik jari pada ponsel Anda sehingga meskipun tidak penting, sebaiknya dibiarkan utuh. Sebagian besar ponsel modern tidak hanya memilikinya di layar tetapi juga di bagian belakang.

Peringatan: Selama waktu normal, kami menyarankan agar tidak menggunakan solusi berbasis alkohol di ponsel Anda. Namun dengan semua yang terjadi saat ini dengan virus corona, kami memahami jika beberapa orang ingin mengambil tindakan yang lebih drastis, bahkan jika itu berarti lebih banyak noda di layar mereka di masa mendatang.

Sebagian besar produk pembersih yang Anda gunakan di jendela dan meja dapur masih terlalu kuat untuk digunakan di ponsel, tetapi Anda bisa membuatnya sendiri.

Cuka dan larutan air

Cuka saja sudah terlalu keras jadi Anda harus mencampurnya dengan air sebanyak-banyaknya. Tidak ada yang rumit di sini, caranya adalah :

- Campurkan satu bagian cuka putih dengan satu bagian air.

- Taruh sedikit campuran yang dihasilkan pada kain mikrofiber (atau kain lembut lainnya), idealnya dengan botol semprotan agar merata.

- Lanjutkan dengan membersihkan permukaan ponsel Anda tanpa terlalu banyak menekan.

Alkohol gosok dan larutan air

Ini untuk Anda yang ekstra paranoid. Bergantung pada jenis alkohol isoprofil yang Anda miliki, Anda perlu menambahkan air (idealnya, suling):

- Campur alkohol dan air dengan perbandingan 70:30 jika Anda memiliki 99% alkohol, jika Anda memiliki alkohol 70%, gunakan secara langsung.

- Oleskan sedikit-sedikit ke kain (jangan langsung di layar), sekali lagi, gunakan botol semprot.

- Bersihkan perangkat dengan lembut.

Opsi 2: Bersihkan ponsel Anda dengan tisu basah

Jika Anda tidak ingin mencampur dan membasahi kain sendiri, Anda dapat memanfaatkan beberapa produk yang telah Anda kenal baik. Bukan hanya tisu basah biasa, karena tisu itu terlalu kuat untuk ponsel Anda. Namun, ada tisu yang dibuat khusus untuk mendisinfeksi ponsel, tablet, dan peralatan sensitif lainnya.

Baru-baru ini, Apple membuat perubahan pada halaman dukungan pelanggannya. Jika sebelumnya merekomendasikan hanya menggunakan kain kering, sekarang opsi pembersihan yang disarankan untuk iPhone adalah termasuk "pembersih isopropil alkohol 70 persen atau Tisu Disinfektan Clorox".

Tisu adalah cara paling nyaman untuk melakukan desinfeksi ponsel, cukup masukkan satu bungkus ke dalam tas untuk pembersihan cepat saat dalam perjalanan.

Opsi 3: Disinfeksi ponsel Anda menggunakan sinar UV

Ini mungkin metode terbaik untuk mendisinfeksi ponsel dan elektronik lainnya, tetapi sayangnya, tidak semua orang memiliki akses mudah ke sinar UV. Untungnya, germofob telah ada jauh sebelum virus corona, dan perusahaan telah menjawab harapan pengguna untuk pembersih telepon yang mudah digunakan.

Perkenalkan PhoneSoap 3, toko serba ada untuk desinfeksi ponsel

Miniatur ini dibuat untuk tempat tidur tanning ponsel Anda bersantai, dan pada saat yang sama bebas bakteri. Sinar UV membunuh 99,99% kuman, menurut pabrikan dan Anda hanya perlu membiarkan ponsel Anda di dalamnya selama 10 menit.

Anda juga dapat (dan harus) mendisinfeksi casing ponsel Anda, yang, jika Anda menggunakannya, harus menjadi prioritas pertama Anda dalam hal desinfektan.

Sisi negatifnya adalah harganya. PhoneSoap 3 berharga $ 80 (setara dengan 1,2 Juta Rupiah), dan termasuk mahal untuk perangkat yang hanya memiliki satu fungsi khusus.

Tentu saja, Anda dapat menemukan produk serupa dari merek lain atau hanya mendapatkan lampu UV mandiri, dan menahannya di atas setiap sisi ponsel Anda selama 10 menit. Tentukan sendiri pilihan Anda. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
cara mendisinfeksi smartphone,
#
tips membersihkan smartphone,
#
tips smartphone