MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Sembunyikan File dan Folder di Android Tanpa Instal Aplikasi

AUG 21, 2020@09:30 WIB | 201 Views

Pada saat ponsel cerdas Anda berakhir di tangan orang asing, maka memiliki kemampuan untuk menjaga konten tertentu, seperti foto dan video tidak terlihat, dapat dianggap penting.

Berbasis Linux, Android sudah menawarkan solusi primitif dan benar-benar berfungsi untuk membuat file dan folder tertentu hanya dapat diakses melalui aplikasi pengelola file, dan tidak ada yang lain. Ini tidak sederhana, tetapi juga akan menghindarkan Anda dari mencari aplikasi penyembunyian file khusus.

Metode # 1

Trik pertama adalah secara khusus membuat folder tersembunyi. Buat saja folder baru, dan pastikan namanya dimulai dengan titik. Tidak masalah bagaimana Anda menamainya, asalkan dimulai dengan titik, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Pada dasarnya ini memberitahu Android untuk melupakan folder ini dan tidak pernah melihat isinya. Hanya pengelola file dan aplikasi sistem tertentu yang akan mengetahui keberadaannya. Ini berarti file yang tersembunyi di dalam folder tidak akan muncul di aplikasi Galeri, pemutar multimedia, klien email, editor kantor, dan sejenisnya.

Metode # 2

Opsi kedua adalah menyembunyikan file media di dalam folder yang ada dengan membuat file .nomedia di dalamnya. File ini tidak boleh memiliki ekstensi. Ini hanyalah file kosong bernama '.nomedia' tanpa kutipan.

Memiliki file itu di dalam folder akan menyembunyikan semua file media (gambar dan video) di dalamnya, dari aplikasi apa pun yang mencoba berinteraksi dengannya. Perhatikan bahwa hanya pengelola file yang dapat membuat file baru, seperti ES File Manager yang akan berfungsi untuk metode ini.

Penting! Pastikan untuk mengaktifkan tampilan file dan folder tersembunyi di dalam file manager pilihan Anda, karena Anda tidak akan dapat menjangkau file yang baru disembunyikan. Sebenarnya, bagian tersulit dari keseluruhan hal tersembunyi ini adalah menemukan pengelola file yang baik.

Jika ponsel atau tablet Anda tidak memilikinya, coba File Manager Xiaomi, yang memiliki opsi "Tampilkan file tersembunyi" di Pengaturannya, dan berfungsi dengan baik pada metode pertama dalam tutorial ini. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
tips android,
#
aplikasi paranoid,
#
cara sembunyikan file android,
#
tips smartphone