MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengetahui Battery Health di Smartphone Android

FEB 02, 2022@17:30 WIB | 3,400 Views

Daya tahan baterai adalah sesuatu yang menjadi perhatian banyak pengguna smartphone, tetapi bagaimana dengan battery health? Hal ini penting untuk kegunaan jangka panjang smartphone. Berbeda dengan iPhone, perangkat Android tidak memiliki cara mudah untuk memeriksa battery health.

Istilah masa pakai baterai biasanya mengacu pada berapa lama baterai akan bertahan setelah sejumlah pengisian daya. Battery health memberi tahu bagaimana keadaan baterai. Battery health yang rendah berarti kinerja baterai akan menjadi buruk, seperti misalkan lebih cepat habis, cepat panas, dan lain-lain.

Samsung adalah salah satu produsen Android yang menyertakan metode untuk memeriksa battery health. Hal ini memang membutuhkan aplikasi, tetapi ini adalah aplikasi yang kemungkinan besar sudah ada di smartphone. Jika tidak memiliki aplikasi Samsung Members, pemilik smartphone Samsung dapat mengunduhnya dari Play Store.

Pertama, geser ke bawah dari atas layar untuk membuka Pengaturan Cepat. Ketuk ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan.

Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih "Battery and Device Care”.

Di bawah bagian "Additional Care", pilih "Diagnostic”.

Ini akan membuka aplikasi Samsung Members dengan banyak ikon untuk hal-hal yang dapat dperiksa. Ketuk ikon "Battery status" untuk melanjutkan

Sekarang akan terlihat beberapa informasi tentang baterai. tulisan “Life” mengacu pada kesehatan baterai. Itu akan menjadi "Good," "Normal," atau "Weak."

Jika tidak memiliki perangkat Samsung Galaxy, ada satu metode yang dapat dicoba yang tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Metode ini menggunakan menu diagnostik tersembunyi Android yang dapat diakses dengan memasukkan kode di dialer telepon. Namun, kode ini tidak berfungsi di semua perangkat dan jaringan seluler.

Buka aplikasi telepon dan masukkan *#*#4636#*#*. Ini akan membuka menu "Testing" yang mungkin menyertakan bagian "Battery Information". Bagian "Battery Information" ini biasanya akan memperlihatkan bagaimana keadaan battery health perangkat Android yang dimiliki.

Jika cara di atas masih belum berhasil, maka mau tidak mau harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Untungnya, Play Store memiliki aplikasi yang sangat bagus untuk ini yang disebut AccuBattery.

Sayangnya, aplikasi AccuBattery tidak dapat mengakses informasi historis pada baterai. Aplikasi ini akan mulai merekam data setelah melakukan intalasi. Setelah beberapa siklus pengisian/pengosongan, pemilik smartphone android akan dapat melihat status battery health-nya. [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blacktips,
#
battery health,
#
android,
#
tips android