MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengekspor Kontak Gmail

APR 26, 2021@12:30 WIB | 155 Views

Kemajuan teknologi saat ini tak dapat dibendung. Bahkan dengan adanya cloud, untuk sinkronisasi data pun dapat dilakukan dengan cepat dan tidak merepotkan.  Pengguna dengan mudah dapat mengoperasikan dengan berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain, atau satu layanan ke layanan lainnya.

Meski sejauh ini layanan cloud beroperasi hampir tak ada masalah, tetapi mungkin ada kasus di mana mungkin saja dapat gagal dalam pengoperasiannya.

Jika Anda menggunakan Gmail sebagai email utama, dengan banyak sekali kontak di platform tersebut, dan Anda ingin menduplikasinya melalui email lain untuk berjaga-jaga, maka inilah yang perlu Anda lakukan untuk mengekspor kontak Gmail Anda.

1. Kunjungi laman https://contacts.google.com/

2. Di bilah menu di sebelah kiri, klik "Ekspor"

3. Pilih format ekspor

4. Klik Ekspor dan itu akan mengunduh file yang diekspor ke komputer Anda

Perhatikan bahwa mungkin saja daftar kontak di Gmail lebih besar dari yang Anda ingat. Tentu saja hal ini bisa terjadi karena setiap kali Anda membalas email atau meneruskan email ke alamat baru, Gmail sebenarnya membuat kontak baru – sehingga Anda lebih mudah mengirim email ke alamat itu lagi.

Ekspor Format

Untuk urusan memindahkan email, adalah tentang memilih versi mana yang benar yang sesuai tujuan untuk melakukan ekspor email tersebut. Berikut beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan:

Outlook CSV - Ini adalah format yang mengekspor semua data dan kontak serta mengonversi nama ke pengkodean karakter default. Mungkin ini akan menjadi bersi yang lebih disukai jika ingin bermigrasi dari Gmail ke Outlook.

Google CSV - Tidak seperti CSV Outlook, CSV Google mengambil data Anda dan mengekspornya menggunakan Unicode. Ini dilakukan untuk membantu melestarikan karakter internasional. Namun, kelemahan Google CSV adalah tidak semua program email, seperti Outlook, mendukung Unicode. Artinya, ketika Anda berencana untuk bermigrasi ke Outlook, jangan gunakan format ekspor ini. 

vCard - Tidak seperti CSV yang menyimpan data dalam bentuk alfanumerik, vCard sebenarnya mendukung data kontak yang lebih banyak. Artinya selain nama dan alamat email serta nomor telepon orang tersebut, vCard juga dapat menyimpan hal-hal seperti foto. Jadi, versi ekspor ini didukung secara luas oleh berbagai klien dan penyedia email, sehingga berpindah antar layanan bukan suatu masalah. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
cara mengekspor kontak gmail,
#
tips ekspor kontak gmail,
#
tips gmail,
#
tips android,
#
tips ios