MENU
icon label
image label
blacklogo

Android 12 Public Beta Tersedia: Berikut Cara Menerapkannya

MAY 29, 2021@12:00 WIB | 132 Views

Memuaskan para pengguna, Google kembali meluncurkan Android 12. Sehingga kini pengguna dapat mencoba pembaruan baru sebagai bagian dari beta publik pertama. Tak hanya untuk ponsel Pixel Google (Pixel 3 dan yang lebih baru), Beta publik Android 12 juga akan hadir untuk perangkat OnePlus, Lenovo, Asus, Oppo, Realme, Sharp, Tecno, TCL, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Untuk mendapatkan pembaruan, pengguna dapat mendaftarkan ponsel Pixel di situs beta Android Google atau mencari sendiri petunjuk khusus untuk ponsel lain pada halaman Pengembang Android.

Android 12 tak hanya menyuguhkan fitur visual baru, tetapi juga beberapa fitur menarik lain seperti animasi baru, widget, layar kunci yang dimodifikasi, serta tema yang berubah warna dan dapat digunakan di seluruh OS hanya dengan mengubah wallpaper.

Beberapa aspek yang diperbarui Google adalah notifikasi dan pengaturan cepat, serta beberapa peningkatan pada privasi dan keamanan yang menggunakan indikator kapan kamera atau mikrofon ponsel digunakan.

Bagaimana cara menggunakan Android 12? Coba simak petunjuk di bawah ini.

Ponsel yang saat ini bekerja dengan Android 12

- Pixel 3, 3 XL

- Pixel 3A, 3A XL

- Pixel 4, 4 XL

- Pixel 4A, 4A 5G

- Pixel 5

- Asus Zenfone 8

- OnePlus 9, 9 Pro

- Oppo Find X3 Pro (model CPH2173)

- TCL 20 Pro 5G

- Vivo iQOO 7

- Xiaomi Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11I, Mi 11X Pro

- ZTE Axon 30 Ultra 5G

- serta model dari Sharp, Tecno, dan Realme

Cara Memasang Memasang Android 12 Beta

Untuk mendapatkan Android 12 beta di ponsel, jauh lebih mudah mendapatkannya di salah satu ponsel Google Pixel. Caranya sebagai berikut:

Untuk Pixel, kunjungi situs Android 12 beta untuk mendaftarkan ponsel dalam versi beta. Saat Anda mengklik “lihat perangkat Anda yang memenuhi syarat” seharusnya ponsel Anda terdeteksi. Setelah itu, daftarkan perangkat Anda, lalu lihat pemberitahuan di ponsel Anda bahwa perangkat lunak siap untuk diinstal.

Jika Anda ingin memeriksa secara manual, buka menu pengaturan di ponsel Anda, lalu buka System> System Update. Ketuk "Periksa pembaruan" untuk melihat apakah Anda dapat mengunduh perangkat lunak baru.

Jika tidak ada pemberitahuan, maka satu-satunya pilihan Anda adalah terus menunggu. Mungkin diperlukan waktu lebih dari 24 jam agar perangkat lunak siap dipasang di ponsel Anda, jadi yang diperlukan adalah sabar menunggu.

Sedangkan ponsel merk lain seperti OnePlus, Realme, Sharp, dan lainnya, ikuti petunjuk di setiap halaman dari daftar ponsel Google yang memenuhi syarat, karena proses instalasinya bisa saja tergantung pabrikan ponselnya. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
tips android,
#
android 12 beta,
#
cara pasang android 12 beta,
#
tips