MENU
icon label
image label
blacklogo

Ketahui Cara Menonaktifkan Fitur Berbagi Lokasi di Android

AUG 26, 2020@18:00 WIB | 241 Views

Google Maps merupakan layanan mengagumkan yang membuat Anda dapat mengetahui keberadaan banyak tempat sekaligus menginformasikan keberadaan pengguna. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada pengguna yang ingin menonaktifkan fitur ini, karena Google Maps mengumpulkan terlalu banyak informasi pribadi yang dianggap mengganggu.

Jadi untuk Anda yang ingin menonaktifkan layanan berbagi lokasi, ada beberapa rekomendasi cara yang dapat diikuti sesuai kebutuhan.

Apabila Anda ingin aplikasi Google Maps tidak menyimpan data pencarian atau mengirim notifikasi berdasarkan aktivitas pengguna, silakan aktifkan Incognito Mode. Anda hanya perlu membuka aplikasi Google Maps lalu mengetuk ikon avatar di kanan atas layar. Setelah itu ketuk Turn On Incognito Mode dan ketuk Close.

Berbeda lagi, bila Anda ingin menghapus lokasi spesifik dari timeline Google Maps. Langkah-langkahnya adalah dengan membuka aplikasi dan mengetuk ikon avatar, lalu pilih Your Timeline. Setelah itu ketuk Let’s Go dan ketuk Today untuk memilih data di hari apa yang ingin dihapus. Pada logo tiga bulatan hitam, ketuk Detele Day dan ketuk Delete untuk konfirmasi.                                                             

Terakhir, cara terbaik untuk mencegah Google menyimpan riwayat lokasi Anda adalah dengan mematikan pengaturan ini. Sedangkan cara terbaik kedua adalah menghapus riwayat Anda secara massal, baik secara manual atau otomatis. Cara melakukan kedua. Untuk melakukannya, buka aplikasi Google Maps dan ketuk ikon avatar Anda di sudut kanan atas. Ketuk Pengaturan dan ketuk Konten pribadi. Dari sini, Anda dapat mengetuk beberapa bagian untuk mengelola riwayat lokasi dan fitur Location is on akan membuat Anda mengetahui rekam jejak perjalanan.

Langkah selanjutnya adalah dengan dari belakang di menu konten pribadi, ketuk Riwayat lokasi aktif. Ketuk akun yang ingin Anda kelola dan matikan riwayat pencarian lokasi. Sebuah layar akan muncul, meminta Anda untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin menjeda riwayat lokasi. Lalu tap Jeda. Atau sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih Auto-delete.

Kemudian pilihlah frekuensi waktu yang Anda inginkan agar Google menghapus riwayat lokasi Anda. Ketuk Berikutnya > Mengerti >. Pengaturan Anda kini telah tersimpan.

Namun, bila Anda memilih untuk mengaktifkan lokasi, Anda dapat mengaturnya bahkan dapat memberikan izin orang lain untuk melacak lokasi Anda. Hal ini umumnya diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan dan menunjukkan bahwa kita sudah dekat dengan lokasi, apabila sedang dalam janji temu.

Caranya dengan membuka Google Maps dan ketuk gambar profil Anda di sudut kanan atas. Buka "Berbagi lokasi" dan ketuk "baru bagikan". Sekarang, Anda sudah dapat membagikan lokasi, memilih dengan siapa Anda akan membagikan lokasi Anda dan berapa lama Anda akan membagikannya. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
fitur berbagi lokasi android,
#
tips android,
#
tips smartphone,
#
cara menonaktifkan shareloc,
#
google maps