MENU
icon label
image label
blacklogo

Sering Kesal Dengan Ponsel Lemot? Ini Solusinya

APR 23, 2021@12:00 WIB | 160 Views

Ponsel menjadi salah satu alat komunikasi yang sering kita gunakan. Mungkin beberapa diantara kita pernah merasa khawatir ketika tidak membawa ponsel. Bahkan seringkali merasa kesal ketika perangkat ini berjalan lambat. Terkadang kita berpikir untuk membeli barang baru karena sudah merasa putus asa.  

Cara mudah untuk menyalakan perangkat yang lambat sehingga lebih cepat: 

1. Memberikan pengaturan perangkat yang sesuai

Ketika ponsel telah digunakan dalam jangka lama dapat tidak dapat diperbarui ke versi terbaru iOS atau Android. Hal yang mungkin dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan adalah dengan menghilangkan efek visual dan opsi lain. Tujuannya supaya kegunaan terbatas tidak menghabiskan kapasitas pemrosesan. Selain itu, cara lain yang dapat dilakukan adalah mengaktifkan mode hemat energi ponsel yang memungkinkan membatasi atau bahkan memblokir aktivitas aplikasi latar belakang dan menghilangkan efek visual yang berlebihan.

2. Menghapus RAM dan power guzzler

Beberapa aplikasi terkadang menggunakan lebih banyak memori langsung (RAM) daripada yang seharusnya. Pemakaian RAM yang berlebihan berdampak negatif pada kinerja ponsel. Cara untuk mengetahui kondisi RAM dapat dilihat dari setelan baterai ponsel, karena mereka merupakan aplikasi yang paling banyak menggunakan daya. Jika ada game atau aplikasi yang tidak digunakan, menghabiskan banyak RAM atau daya, maka lebih baik untuk menghapusnya sehingga ponsel akan terasa lebih ringan. 

3 Ubah aplikasi dengan “lite” atau alternatif web

Tidak dapat dipungkiri, kita terkadang membutuhkan berbagai aplikasi untuk menunjang pekerjaan. Namun dilihat dari banyak kasus, aplikasi besar dapat diganti dengan versi "ringan" dengan lebih sedikit ruang dan daya. Salah satunya contohnya adalah  Facebook dan Messenger. Faktanya banyak aplikasi yang tersedia dalam versi web sehingga dapat diakses melalui browser. Lalu, untuk lebih mudah mengakses, kita dapat menggunakan pintasan sederhana ke situs web yang relevan di layar beranda ponsel jika ini dibutuhkan untuk terus digunakan. 

4. Mulai Kosongkan ruang penyimpanan

Sesuatu yang dimasukkan terlalu banyak bahkan penuh dapat menghambat gerak. Maka penting untuk selalu mengosongkan ruangan penyimpanan. Maka penting untuk selalu ruang penyimpanan yang penuh karena berdampak besar pada kinerja ponsel. Sering- seringlah memastikan ponsel kita memiliki ruangan yang memadai, kita bisa menghapus dokumen multimedia (foto, video dan file audio) dan mencadangkan secara teratur ke komputer atau ke drive. Tidak hanya itu, jangan lupa pengembang sistem operasi ponsel , terutama Google (dengan Drive dan Foto) dan Apple (dengan iCloud) dalam penyediaan layanan yang memungkinkan menyimpan file media secara online.

5. Minimalkan penggunaan ponsel 

Baterai yang terlalu panas atau sering digunakan dapat membuat ponsel menjadi lelah. Cara terbaik untuk merawat baterai dan hp adalah dengan meminimalkan penggunaan daya. Maka kita harus mempertimbangkan untuk mengurangi kecerahan layar atau memilih mode gelap (untuk sistem operasi dan aplikasi yang memungkinkannya). Namun yang lebih penting, kita harus mematikan WiFi dan Bluetooth jika dan ketika tidak diperlukan, dan memastikan bahwa GPS dan layanan lokasi hanya tersedia untuk aplikasi yang digunakan untuk navigasi. Ikuti saran ini dan ponsel tidak hanya akan lebih enak dilihat, tetapi juga akan bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya. [dev/asl/timBX]

Tags :

#
tips ponsel lemot,
#
tips android,
#
tips ios