MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Efektif Menyelesaikan Konflik di Tempat Kerja

NOV 20, 2020@16:00 WIB | 133 Views

Sudah tak dapat dipungkiri lagi bahwa setiap manusia pasti memiliki masalah atau konflik dalam hidupnya, baik besar atau kecil, baik di rumah atau di tempat kerja, dari pihak keluarga sendiri atau dari teman atau lainnya. Tak ayal konflik disebut juga sebagai bagian dari hidup manusia. Namun konflik datang bukan untuk dibiarkan atau ditinggalkan begitu saja, tetapi untuk diselesaikan demi kepentingan bersama. Perlu diingat bahwa hadirnya konflik dalam hidup manusia, terkadang atau bahkan lebih banyak menghasilkan hal yang jauh lebih baik dari diri manusia itu sendiri karena konflik bisa mampu membuat manusia lebih banyak belajar dalam proses pencarian solusinya, tergantung dari cara yang diambil untuk menghadapinya.

Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa cara menyelesaikan konflik di tempat kerja. Terdapat beberapa situasi konflik yang paling umum di tempat kerja, yakni meliputi konflik diri pribadi, kepemimpinan (atasan), konflik saling ketergantungan (sesama rekan), diskriminasi, gaya kerja, dan konflik dalam benturan mengemukakan ide kreatif. Ini tentu saja bukan daftar situasi yang lengkap, tetapi sudah mencakup sebagian besar jenis konflik di tempat kerja. Dan berikut ini cara-cara efektif menyelesaikan konflik di tempat kerja;

Tenang

Pertama dan terpenting, ajari diri Anda untuk menarik napas dalam-dalam dan menenangkan diri, terutama ada hal yang membuat Anda kesal. Menenangkan diri berkali-kali dapat membantu mencegah konflik. Mungkin ini nampak familier: Anda menerima email yang membuat Anda langsung marah. Anda segera membalas tanggapan yang pedas dan merasa lebih baik — setidaknya untuk satu menit, sampai Anda menyadari apa yang mungkin baru saja Anda lakukan terhadap kecaman Anda. Ini adalah sesuatu yang telah membuat diri merasa bersalah lebih dari beberapa kasus. Maka usahakan meluangkan waktu untuk menenangkan diri sebelum menjawab. Ini biasanya memberikan hasil yang jauh lebih baik. Jadi, saat konflik telah terjadi, lakukan yang terbaik untuk tetap tenang ketika Anda bersiap untuk terlibat dengan orang yang tidak Anda setujui. Mendekati percakapan dengan kepala yang lebih dingin akan sangat membantu untuk menyelesaikan masalah.

Komunikasi yang Jelas

Banyak konflik terjadi disebabkan adanya jalinan komunikasi yang tidak jelas. Hal ini biasanya menyebabkan seseorang salah memahami maksud orang lain (bahkan jika ada niat). Kami cenderung menganggap hal-hal pribadi. Begitulah cara kita dibangun. Pada kenyataannya, sangat sedikit hal yang benar-benar ditujukan kepada kita — ini hanya cara kita menafsirkannya. Dengan mempraktikkan komunikasi yang jelas, Anda akan membantu meminimalkan terjadinya konflik dan itu akan membantu Anda memahami orang lain dengan lebih baik, yang mengarah pada penyelesaian konflik yang lebih cepat dan efektif.

Berlatih Mendengarkan Secara Aktif

Mendengarkan secara aktif adalah ketika Anda benar-benar memperhatikan apa yang dikatakan seseorang — tidak melihat ponsel Anda ketika berbunyi bip, tidak mengetik email ketika seseorang berbicara dengan Anda, dll. Anda harus memfokuskan semua perhatian Anda pada apa yang orang itu katakan padamu. Ini penting untuk menyelesaikan konflik karena sangat kuat untuk benar-benar memahami apa yang dikatakan seseorang, bukan apa yang menurut Anda mereka katakan. Latih keterampilan mendengarkan proaktif Anda sehingga Anda dapat menjadi ahli dalam menangani konflik di tempat kerja.

Refleksi Diri

Kemampuan untuk merefleksikan diri dan bercermin akan menguntungkan Anda ketika Anda menemukan diri Anda dalam perselisihan di tempat kerja. Sayangnya, cukup banyak orang yang tidak meluangkan waktu untuk memperlambat dan melihat peran mereka sendiri dalam konflik tersebut. Mampu melakukan ini dan bersikap jujur ​​tentang peran yang Anda mainkan dalam konflik sangat penting untuk bekerja menuju kesimpulan yang disetujui bersama dalam masalah tersebut. Ketika Anda dapat melihat ke dalam dan melihat bagian-bagian yang telah Anda sebabkan, Anda kemudian memiliki kemampuan untuk menerima bagian Anda dan yang paling penting, memberi tahu orang lain bahwa Anda tahu bahwa Anda adalah bagian dari pemicu konflik tersebut.

Dapatkan Resolusi Konflik

Akhirnya, bekerja sampai pada kesimpulan di mana semua orang merasa nyaman dengan hasilnya adalah cara yang sangat efektif untuk menyelesaikan konflik di tempat kerja. Jika Anda memikirkannya, jika Anda tidak pernah benar-benar menyelesaikan perselisihan maka perasaan buruk akan terus bersemayam. Maka berusahalah untuk mencapai resolusi konflik sehingga semua orang dapat kembali bekerja bersama secara efektif dan bahagia. Saat Anda tiba di tempat di mana semua orang merasa nyaman, maka tempat kerja akan menjadi tempat yang Anda inginkan lagi. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips menyelesaikan konflik,
#
resolusi konflik di tempat kerja,
#
tips karyawan,
#
tips kantor