MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Tips Jitu Pilih Wireless Charger

FEB 10, 2019@10:05 WIB | 0 Views

Pengisian daya memang selalu jadi hal yang penting jika bicara mengenai smartphone. Walaupun belum semua kelas smartphone disambangi fitur pengisian daya nirkabel, teknologi canggih ini dipercaya jadi teknologi pengisian daya untuk masa depan.

Nah, jika kebetulan smartphone kita punya teknologi ini mengapa tidak kita manfaatkan, bukan? Tapi memang memilih perangkat wireless charging tidaklah semudah memilih charger konvensional, pilihannya sangat banyak mulai dari kecepatan, bentuk hingga kompatibilitas.

Jadi untuk membantu memilih perangkat wireless charger yang tepat untuk smartphone Anda, kita punya beberapa tips memilih yang bisa jadi panduan.

Qi charging


Pastikan pengisi daya nirkabel yang hendak Anda beli mendukung Qi charging yang memang jadi standar perangkat kebanyakan. Sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam kompatibilitas.

Tenaga
Standar tenaga pengisian daya nirkabel biasa mulai dari 5W, tapi jaman sekarang banyak smartphone yang mendukung pengisian daya kilat seperti iPhone terbaru yang maksimal di 7,5W, bahkan smartphone kelas atas Samsung seperti Note 9 dapat tembus 9W. Jadi, lebih baik pilih charger yang mendukung tenaga pengisian hingga 10W.

Konektor


Ada berbagai macam charger dengan konektor ke listrik dengan tipe yang berbeda-beda. Ada yang sudah dilengkapi kabel paten alias tidak dapat dilepas, ada juga yang menggunakan jack adapter khusus, namun ada juga yang menggunakan Micro USB biasa atau USB-C. Pastikan pilih charger dengan kabel konektor yang universal dan mudah digantikan jika suatu saat rusak.

Adapter
Pilih charger dengan adapter bertenaga sama. Pastikan adapter harus maksimal, semisal jika charger 10W harus didukung dengan adapter 10W juga. Karena walaupun charger mendukung hingga 10W, jika adapter hanya 5W, charger akan hanya mengalirkan daya pengisian sebesar 5W saja.

Merek
Pilih brand wireless charger yang terpercaya dan bergaransi. Perkecil risiko kerusakan smartphone mahal Anda dengan memilih merek yang aman dan sudah bermain lama di pasar aksesori smartphone seperti Anker, RavPower, Belkin, Samsung dan masih banyak lagi.
Terakhir, walau kurang penting, bentuk dan ukuran charger juga bisa kita pilih sesuai fungsi dan selera.

Charger dengan pad sudut berdiri cocok digunakan di meja kerja sehingga kita selalu dapat melihat layar dan juga untuk proses unlock menggunakan fitur pengenalan wajah. Sedangkan pad dengan posisi horisontal cocok digunakan pada area kamar tidur, sehingga tidak akan menggangu jika layar menyala saat notifikasi masuk.

Sumber: berbagai sumber

Foto:berbagai sumber

Tags :

#
wireless charger,
#
tips pilih wireless charger

RELATED ARTICLE