MENU
icon label
image label
blacklogo

12 Hal ini Akan Memotivasi Anda Melakukan Pekerjaan dengan Baik (Part 2)

OCT 16, 2020@13:00 WIB | 107 Views

Pada artikel sebelumnya telah dikemukakan 5 dari 12 hal yang akan selalu memotivasi Anda untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Berikut 7 dari 12 hal untuk melengkapinya.

6. Gunakan Metode Pomodoro

Sesuatu yang selalu saya patuhi adalah metode kerja yang disebut Metode Pomodoro, yang hanyalah istilah keren untuk melakukan pendekatan latihan HIIT ke area kehidupan lain (dinamai menurut tomat pengatur waktu dapur Pomodoro).

Aktif selama 25 menit; mati selama 5 menit. Ini adalah sesuatu yang saya lakukan sejak sekolah dasar. Itu adalah cara saya belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah selama sekolah menengah dan perguruan tinggi — dua puluh menit atau lebih dari pekerjaan yang sangat terfokus diikuti dengan istirahat sejenak.

Batasan waktunya berubah-ubah. Terkadang saya melakukan tiga puluh menit kerja dan sepuluh menit istirahat, atau satu jam kerja diikuti dengan dua puluh menit istirahat. Mainkan dan lihat apa yang berhasil. Anda seharusnya tidak menatap layar selama itu. Minggir, istirahat, dan lihat ke cakrawala. Ini hanyalah pengaturan ulang mental yang Anda butuhkan untuk memotivasi Anda untuk sesi kerja berikutnya.

7. Perlakukan Diri Anda

Hadiahi diri Anda sendiri ketika Anda menyelesaikan tugas penting. Jika Anda melewati tugas yang sulit setelah satu jam bekerja keras, pergilah berjalan-jalan. Manjakan diri Anda dengan es kopi atau segenggam blueberry yang nikmat. Sesekali, Anda perlu menarik napas dan menikmati kenyataan bahwa Anda telah menyelesaikan sesuatu yang sulit. Duduk dan renungkanlah dengan buku bagus, camilan lezat, atau bahkan sebotol anggur. Anda berhasil!

8. Ketahuilah bahwa Pekerjaan yang Anda Lakukan Akan Meningkatkan Reputasi Anda

Setiap kali saya berpikir untuk mengendur, saya merasa reputasi saya sedang ditampilkan. Saya membayangkan teman-teman saya diam-diam berkata pada diri mereka sendiri, "dia tidak bekerja keras." Tetapi ketika saya bekerja keras dan melakukan upaya ekstra itu, saya tahu itu tidak akan luput dari perhatian. Meskipun demikian, saya memiliki kepuasan pribadi bahwa saya telah melakukan yang terbaik yang saya bisa.

Lakukan hal yang benar, siapa pun yang menonton, karena itu hal yang benar untuk dilakukan. Sering kali Anda mungkin tidak dihargai selama berbulan-bulan tetapi pada akhirnya, kerja keras itu diakui. Apa yang terjadi akan datang, dan Anda akan tahu tidak ada yang bisa mengatakan Anda tidak mendapatkannya. Itu yang penting.

9. Bertindak Seperti Model Peran Anda Sedang Mengawasi Anda

Setiap kali saya duduk untuk menulis, saya membayangkan semua penulis favorit saya memperhatikan saya dari jauh. Apa yang mereka ingin saya lakukan? Haruskah saya meletakkan ponsel di samping saya? Mungkin tidak. Hilangkan gangguan. Anda tahu di dalam hati apa yang harus Anda lakukan, dan jika Anda bertindak seperti idola Anda mengawasi Anda, malaikat penghulu khayalan itu akan membuat Anda tetap lurus.

10. Pelajari Hal Baru

Kecuali Anda seorang ahli yang telah berkecimpung di bidangnya selama beberapa dekade, kemungkinan ada hal lain yang dapat Anda pelajari. Ambil buku tentang topik baru, tanyakan kepada rekan kerja di departemen yang berbeda untuk menunjukkan kepada Anda apa yang mereka lakukan, atau ikuti kursus online. Mempelajari sesuatu yang baru itu sulit, tetapi itu adalah investasi pribadi ke dalam diri Anda yang tidak pernah turun. Ini juga akan membantu Anda menemukan apa yang memotivasi Anda untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

Seperti yang dikatakan Miyamoto Mushashi, "Jika Anda tahu jalannya secara luas, Anda akan melihatnya dalam segala hal."

11. Membantu Orang Lain

Coaching atau mentoring adalah cara yang bagus untuk tetap termotivasi dan bersemangat dengan apa yang Anda lakukan. Tidak ada yang membuat Anda menyadari bahwa Anda memahami sesuatu seperti mengajarkannya kepada orang lain!

12. Atur Waktu untuk Berhenti

Ini mungkin terdengar gila, tetapi terkadang, Anda hanya perlu mengatur waktu tenang untuk diri sendiri. “Tidak peduli apa, pada jam 6 sore saya menutup laptop saya.” Ini akan membantu Anda menjaga prioritas tetap lurus dan memastikan bahwa Anda menyesuaikan semua yang perlu Anda lakukan ke dalam jam kerja yang Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri. Ini juga menetapkan batasan dengan kolega Anda yang memberi tahu mereka kapan harus mengharapkan sesuatu dari Anda.

Baca: 12 Hal ini Akan Memotivasi Anda Melakukan Pekerjaan dengan Baik (Part 1)

Epilog

Seperti yang Anda lihat, ada banyak sekali pendekatan yang mudah diterapkan untuk tetap termotivasi! Baik itu mengatur waktu Anda, membuat daftar ulang "Kerja", atau hanya membuat daftar — melakukan pekerjaan dengan baik semudah Anda membuatnya sendiri.

Ingat, Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang drastis atau mengubah penampilan seumur hidup Anda. Mulailah dengan langkah-langkah sederhana yang akan membuat hari Anda sedikit lebih menyenangkan. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan mendengar pujian dari orang-orang yang peduli. [eli/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motivasi hidup,
#
tips pekerjaan,
#
tips fokus,
#
motivasi kerja,
#
tips