MENU
icon label
image label
blacklogo

12 Hal ini Akan Memotivasi Anda Melakukan Pekerjaan dengan Baik (Part 1)

OCT 15, 2020@11:00 WIB | 136 Views

Terkadang, rasanya tidak pernah cukup waktu untuk melakukan semua hal yang ingin dilakukan. Daftarnya yang begitu panjang seolah tidak ada habisnya. Bahkan rasanya hanya akan terus bertumpuk. Usai mencoret satu item dari daftar tugas, Anda pun menambahkan dua tugas lagi.

Kemungkinan Anda akan mengalami kelelahan di tempat kerja dan merasa tertinggal dalam kehidupan pribadi Anda. Tapi bagaimana Anda bisa tetap termotivasi untuk terus melakukan pekerjaan dengan baik?

Anda mungkin mencoba mendengarkan “Lose Yourself” tiga puluh kali, tetapi mungkin masih merasa tidak terinspirasi. Sangat mudah untuk membiarkan diri Anda jatuh ke dalam perangkap dan mulai mengirimkannya. Anda mulai bekerja tepat pada pukul sembilan dan pulang selambat-lambatnya pukul lima.

Tapi Anda adalah orang yang termotivasi. Ini tidak seperti Anda. Apa yang dapat Anda lakukan untuk memutarnya? Bagaimana Anda tetap termotivasi saat Anda sedang merasa tertekan seperti ini?

Anda berpikir, "Saya perlu melakukan sesuatu yang drastis." Namun, sebagian besar waktu, itu adalah pendekatan kebalikan yang harus Anda ambil. Perubahan dan kebiasaan kecil dan bertahaplah yang akan membuat Anda kembali ke jalur. Duduk dan tulislah. Jalan-jalan dan pikirkan urusan Anda. Mulailah dari yang kecil dulu.

Lantas, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menghindari perasaan tersebut? Bagaimana saya bisa melepaskan diri dari perasaan terus-menerus bahwa saya melakukan yang terbaik yang saya bisa?

Ada beberapa langkah sederhana untuk membantu Anda melewati kebiasaan dan fokus pada prioritas Anda.“Dengan gagal mempersiapkan, Anda bersiap untuk gagal.” - Benjamin Franklin

Berikut 12 hal yang akan selalu memotivasi Anda untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

1. Persiapan Adalah Kuncinya

Sebelum Anda pergi tidur, tuliskan rencana Anda untuk hari berikutnya. Dengan begitu, ketika Anda bangun di pagi hari, Anda tidak langsung memikirkan ribuan skenario yang berbeda di kepala Anda, cemas tentang semua hal yang harus Anda lakukan. Anda tahu bahwa ketika Anda sampai di meja Anda, ada rencana permainan yang benar-benar dipetakan hanya menunggu untuk diserang.

Melakukan hal ini pada malam sebelumnya tidak hanya mengurangi tingkat stres Anda tetapi juga menciptakan jalur yang terorganisir menuju produktivitas untuk jam-jam kritis pertama hari itu, yang akan memberi Anda momentum yang Anda butuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas lain yang ada di meja Anda.

2. Buatlah Daftar Semua Hal yang Anda Inginkan Tahun Ini

Mengembangkan rencana untuk hari ini memang bagus dan akan membuat Anda bergerak dan termotivasi, tetapi kemungkinan besar Anda juga memiliki banyak niat jangka panjang yang mungkin secara tidak sadar membebani Anda. Mulailah dengan menuliskan setiap hal yang ingin Anda capai dalam enam hingga dua belas bulan ke depan. Itu semua! Jangan berhenti menulis sampai pikiran Anda kosong.

Setelah Anda memiliki daftar itu — mungkin ada 10 atau 30 item — lingkari tiga tujuan paling penting. Ini adalah sesuatu yang dibicarakan Tony Robbins dalam buku terlarisnya, Awaken the Giant Within. Persempit prioritas Anda. Fokus hanya pada tugas yang paling penting dan tidak ada yang lain.

3. Temukan Pemicu

Kembangkan dorongan pribadi untuk memulai setiap hari. Sesekali, Anda mengonsumsi sesuatu yang memberi Anda percikan inspirasi yang sangat besar. Ini adalah kunci untuk mengetahui apa yang memotivasi Anda untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Ini bisa berupa buku bagus, film olahraga yang menginspirasi, atau ceramah TED hebat yang baru saja Anda tonton. Banyak penulis mendengarkan daftar putar yang sama berulang kali saat mereka menulis.

Lin Manuel Miranda, yang terkenal dengan perannya dalam musik broadway Hamilton, membuat playlist saat ia menghadapi blok penulis dengan lagu-lagu Fiona Apple dan 'Weird Al' Yankovic. Itu pemicunya untuk terjun — untuk sumber kreativitasnya. Begitu dia mendengar lagu itu, dia tahu sudah waktunya untuk menghidupkan dan bekerja.

4. Fokus pada Disiplin dan Rutin

Dalam buku Atomic Habits, penulis James Clear menyebut bagaimana komedian Jerry Seinfeld menulis lelucon di buku catatan kuning setiap hari selama dua jam. Di akhir sesi menulisnya, dia menandai hari itu di kalender dengan X besar untuk melanjutkan rekor hariannya. Tidak mematahkan pukulan itulah yang membuatnya tetap termotivasi.

Dalam wawancara podcast dengan Tim Ferriss, sutradara dan penulis Brian Koppelman mengutip memoar Haruki Murakami, What I Think About When I Think About Running sebagai salah satu buku favoritnya tentang disiplin, dan saya setuju. Ini bukan buku tentang berlari, seperti yang mungkin disarankan oleh judulnya. Ini tentang disiplin dan berpegang teguh pada proses rutin — metode yang membosankan tetapi menghasilkan hasil yang terbaik.

"Makanlah katak hidup di pagi hari dan tidak ada hal buruk yang akan terjadi padamu sepanjang hari." - Mark Twain

5. Makan Kodok

Mark Twain menyarankan untuk memulai hari Anda dengan tugas tersulit Anda. Dia menyebutnya "Eat Frog."

Jika Anda takut dengan satu tugas yang membayangi itu, mengapa tidak segera menyelesaikannya? Segera setelah Anda selesai, beban secara efektif lepas dari pundak Anda dan Anda dapat fokus pada sisa hari itu, santai dan lega Anda menyelesaikan hal-hal yang sulit. Sulit untuk melewatinya — seperti menelan katak besar (bukan yang saya tahu dari pengalaman pribadi) —tetapi setelah semuanya selesai, Anda mungkin harus bersendawa beberapa kali! [eli/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips memotivasi diri,
#
tips fokus,
#
tips hidup,
#
tips