MENU
icon label
image label
blacklogo

Video Chat Terasa Makin Nyata dengan Model 3D ‘Project Starline’

MAY 28, 2021@10:00 WIB | 127 Views

Obrolan video yang menampilkan lawan bicara di layar datar dengan kualitas gambar yang kurang memadai, kini mendapat perhatian Google. Ya, perusahaan dikabarkan sedang mengerjakan bilik obrolan video dan membawanya ke generasi berikutnya, dengan lawan bicara muncul di hadapan Anda dalam 3D.

Anda melihatnya dari sudut yang berbeda dengan bergerak dan bahkan melakukan kontak mata, kata Google selama pratinjau proyek pada konferensi I/O Selasa (18/5) lalu. Sistem ini disebut Project Starline, yang pada dasarnya merupakan penyiapan obrolan video yang sangat mewah.

Platform ini menggunakan beberapa kamera dan sensor untuk menangkap penampilan dan bentuk seseorang dari berbagai perspektif. Kemudian semuanya digabungkan menjadi model 3D yang disiarkan secara real-time kepada siapapun yang mengobrol.

Dalam pratinjau Google, Starline digunakan untuk panggilan pribadi perorangan, dengan kedua belah pihak menggunakan teknologi khusus untuk mendukung fungsi 3D. Jadi, ini tidak berlaku untuk obrolan grup.

Perangkat ini memungkinkan pengguna melihat model 3D seukuran manusia saat berkomunikasi dengan keluarga atau teman. Diharapkan ini meningkatkan interaksi pribadi dengan meniru pengalaman yang didapat saat berbicara secara langsung.

Dalam video demo, orang-orang yang menggunakan teknologi ini mendeskripsikan melihat orang-orang berada di ruangan yang sama, bersama-sama. Ini ‘seolah-olah dia tepat di depan saya,” kata salah satu orang.

Saat ini sistemnya besar, dan tampaknya itu adalah bilik yang lengkap dengan lampu, kamera, dan bangku untuk diduduki. Google mengatakan itu bergantung pada perangkat keras yang dibuat khusus dan peralatan yang sangat terspesialisasi.

Seperti dikutip dari Verge, bilik tersebut berisi lebih dari selusin sensor kedalaman yang berbeda dan tampilan bidang cahaya 65 inci untuk membuat orang tampil dalam 3D. Teknologi light field telah muncul di beberapa aplikasi yang menjanjikan selama dekade terakhir.

Bilik obrolan video saat ini hanya tersedia di beberapa kantor Google dan rencananya akan ada pengujian teknologi dengan mitra bisnis di akhir tahun. Tantangannya terletak pada kebutuhan akan banyak data, komputasi, kemajuan kamera dan akurasi. Google menyebut perawatan kesehatan dan media sebagai dua industri tempat ia mencari umpan balik.

Setelah setahun mengandalkan obrolan video terus-menerus, janji panggilan jarak jauh yang lebih realistis memang mengasyikkan. Dengan Project Starline, Google membuatnya terdengar lebih baik, lebih menarik dan lebih nyata.  [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
video chat 3d,
#
video chat google,
#
project starline,
#
pembaruan google,
#
teknologi inovatif