MENU
icon label
image label
blacklogo

Ungguli Android, Ini Fitur Privasi Super Aman iOS 14

JUL 21, 2020@16:30 WIB | 117 Views

iOS 14 is around the corner, banyak fitur-fitur baru yang dibawanya dan some says, beberapa di antaranya terinspirasi dari Android. Walaupun begitu, ada sebuah fitur iOS 14 yang killer banget yaitu di ranah privacy yang telah dirombak hebat mengalahkan Android. Apa saja fiturnya?

Local Network Permissions

Fitur baru ini memberikan kita pilihan apakah kita memperbolehkan sebuah aplikasi untuk memata-matai device lain yang berada di jaringan yang sama.

Camera and Mic Permissions

Hampir setiap aplikasi meminta ijin kita untuk menggunakan kamera ataupun microphone. Nah di iOS 14 kita dapat melihat kapan sebuah aplikasi menggunakan kamera atau microphone lewat lampu notifikasi. Jika lampu berwarna hijau, ada sebuah aplikasi menggunakan kamera iPhone kita dan jika lampu notifikasi berwarna oranye, berarti ada aplikasi yang menggunakan microphone kita.

Photos Permissions

Pada umumnya, jika kita ijinkan aplikasi untuk bisa mengakses galeri kita, ijin ini berlaku untuk semua dan selama ijin tersebut tak dicabut. Namun berbeda dengan iOS 14, di mana setiap kali sebuah aplikasi meminta ijin untuk membuka foto aka nada tiga pilihan yang tampil, memilih spesifik foto yang ingin kita ijinkan, pilih beri ijin akses untuk seluruh galeri, atau tidak berikan akses. Fitur ini tentu membuat kita pengguna lebih aman.

Location Permissions

Beberapa aplikasi memang membutuhkan lokasi kita untuk keperluan yang location based service seperti maps ataupun taksi online. DI iOS 14, bukan saja kita bisa memilih untuk mengijinkan penggunaan sekali saja, tapi juga kita dapat mengatur apakah kita ingin mengijinkan untuk melihat lokasi tepat kita, atau precise location.

Clipboard Access Permissions

Nah, ini adalah salah satu hal yang penting, di mana kada di clipboard kita menyalin data penting, seperti password, nomor rekening , PIN dan sebagainya. Sebelumnya, aplikasi seperti Google bisa membaca langsung clipboard kita, tapi kini di iOS 14 semuanya harus lewat perijinan. [leo/timBX]

Tags :

#
ios 14,
#
fitur ios 14,
#
android,
#
teknologi ios 14