MENU
icon label
image label
blacklogo

Sukses Membuat Drone, DJI Siap Saingi Go Pro di Dunia Kamera Aksi

MAY 08, 2019@11:44 WIB | 248 Views

DJI yang selama ini dikenal sebagai produsen drone yang andal juga gimbal stabilizer, belakangan mengejutkan dengan munculnya kabar bahwa pihaknya akan melebarkan sayap ke dunia kamera aksi. Bermula dari akun Twitter @OsitaLV yang seringkali membocorkan info mengenai perangkat terbaru DJI menyatakan adanya rumor bahwa DJI sedang mempersiapkan produk kamera aksi yang siap bersaing dengan Go Pro.

@OsitaLV  menuliskan di Twitter-nya bahwa secara teknis sebenarnya tidak ada masalah, DJI hanya dapat mengemas ulang Osmo Pocket dengan memasangkan lensa super-wide angle. Osmo Pocket adalah produk kamera sederhana DJI yang dipasang stabilizer dengan 2-axis gimbal. Unit kamera Osmo pocket terpasang di sebuah grip dengan layar yang digunakan untuk membidik gambar.

Meski berhasil mendapatkan footage apik berkat fitur stabilizer-nya, tentu saja Osmo Pocket bukan merupakan kamera aksi karena tidak adanya ketangguhan seperti Go-Pro Hero 7 Black yang dirancang tahan air hingga 10 meter kedalaman tanpa casing khusus. Kamera aksi garapan DJI berbentuk persegi dengan lensa yang berukuran besar, karena ini mirip dengan kamera-kamera aksi buatan Go Pro dan perusahan lain.

Namun, kamea aksi milik DJI belum memiliki kejelasan meganai desain dan spesifikasinya. DJI diperkirakan akan membandol kamera aksinya dengan harga 350 $ AS atau sekitar Rp 5 juta-an.

DJI Osmo Pocket

DJI secara resmi akan meluncurkan kamera terbarunya yang diberi nama Osmo Pocket. Seperti produk kamera lainnya tipe Osmo garapan DJI, Osmo Pocket memilik bentuk serupa dengan gagang yang kameranya terpasang di stabilizer berupa gimbal 3-axis.Seperti namanya, tipe baru dari gimbal Osmo ini berukuran relatif pas dalam genggaman tangan dan bisa masuk ke dalam saku celana dengan mudahnya. Ukuran Osmo Pocket pun lebih kecil dibandingkan dengan kamera seri DJI Osmo yang lainnya.

Sensor DJI Osmo Pocket memiliki ukuran sebesar 1/2,3 inci yang dapat menjepret foto dengan ukuran resolusi 12 megapiksel. Sementara itu, kemampuan video DJI Osmo Pocket ini mampu merekam video dengan resolusi 4K 60 FPS. Baterai DJI Osmo Pocket diklaim dapat bertahan hingga dua jam pada saat digunakan untuk merekam video 4K pada 30 FPS. Gimbal mini juga memiliki mikrofon ganda yang dapat meredam bising ketika sedang merekam video.

Di salah satu bagian handle Osmo Pocket terdapat sebuah touchscreen yang memiliki fungsi sebagai jendela bidik objek gambar yang akan direkam. Slain itu, ada dua buah tombol yang befungsi sebagai tombol menu dan perekam.

Menariknya, DJI Osmo Pocket ini juga menggunakan kamera yang biasanya dipasangkan pada drone berukuran yang kecil seperti Mavic Air. Meskipun berukuran lebih kecil dari seri Osmo lainnya, karena ini tidak mengurangi fitur-fitur pada gimbal tersebut.

Fitur seperti time-lapse, auto-panorama, hingga face tracking, juga masih terdapat pada gimbal yang satu ini. Kabarnya, kamera gimbal yang super mini ini akan masuk pasar mulai tanggal 15 Desember mendatang. Harga yang ditawarkan yakni 349 dollar AS atau sekitar Rp 5 juta.

Tags :

#
dji,
#
drone,
#
black tech