MENU
icon label
image label
blacklogo

Perbarui Xiaomi Anda dengan OS Android 11

SEP 14, 2020@09:00 WIB | 94 Views

Google akhirnya  resmi menggulirkan versi stabill dari sistem operasi (OS) Android 11 ke publik, setelah beberapa bulan pengembangan dan uji coba yang panjang.  Pengguna ponsel Google Pixel 2 ke atas, sudah bisa mengunduh pembaruan OS Android 11 versi stabil tersebut secara over-the-air (OTA) mulai 9 September lalu. Bersamaan dengan hal ini, Google juga merilis Android 11 versi open beta ke sejumlah ponsel di luar seri Pixel. Ponsel pintar yang termasuk kategori ini adalah OnePlus, Oppo, Realme dan Xiaomi.

Xiaomi sendiri telah mempersiapkan MIUI 12 yang stabil untuk dibangun di atas iterasi terbaru Android. Batch pertama perangkat global yang menerima pembaruan stabil Android 11 MIUI 12 termasuk Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro.

Perangkat yang kompatibel akan merasakan Android 11 melalui saluran beta MIUI, yang sekarang telah didasarkan pada basis kode Android 11 yang stabil. Mengingat versi baru MIUI 13 masih dalam pengembangan, perusahaan akan memproduksi versi Android 11 berbasis MIUI 12 untuk perangkat kompatibel selama fase transisi.

OS Android 11 sendiri dibekali dengan sejumlah fitur baru, seperti Bubbles, Conversation Notifications, Voice Access, Permission, dan Background Location. Juga ada Permission Auto-Reset, Scoped Storage dan sejumlah pemolesan lain di sisi desain.

Jadi untuk Anda pemilik Xiaomi yang sudah tak sabar dengan perubahan yang ditawarkan Android 11, Anda hanya perlu mengakses menu Pengaturan. Dari sana, klik tombol ‘About Phone’ dan klik tombol ‘Check for Updates.’ Apabila di sana terdapat update, maka pengguna bisa mengklik tombol ‘Download and Install’ untuk memperbarui OS.

Akan tetapi, untuk memastikan data Anda aman atau mencegah cacat aplikasi setelah memperbarui OS Android 11, tak ada salahnya bila bersiap dengan pemulihan ROM. Pemulihan ROM hadir dengan ekstensi file .zip dan dapat diinstal melalui metode Pembaruan Lokal dari dalam MIUI. Caranya adalah dengan mentransfer file .zip download ke ponsel, dan pastikan menempatkannya di folder ‘download_rom’ di penyimpanan internal perangkat.

Setelah itu, navigasikan ponsel ke Pengaturan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem, lalu tekan ikon tiga titik di pojok kanan atas. Kemudian klik pada ‘Pilih Paket Pembaruan.’ Jika opsi ‘Pilih Paket Pembaruan’ hilang, ketuk logo MIUI 10 kali untuk mengaktifkan opsi. Lalu pilih file .zip yang di diunduh dan tunggu pembaruan dipasang.

Jadi, tak perlu kuatir berlebih apabila ingin bermain dengan OS baru dari Google Android, karena data dan informasi pribadi Anda tetap terjaga. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
android 11,
#
android 11 xiaomi,
#
pembaruan os android 11,
#
xiaomi