MENU
icon label
image label
blacklogo

Pembaruan Datang dari Google Pay Seiring Maraknya Pembayaran Digital

NOV 24, 2020@14:00 WIB | 138 Views

Sebagai perusahaan teknologi raksasa yang dikenal dunia, selalu ada hal menarik yang dikembangkan oleh Google. Kali ini, pembaruan datang untuk aplikasi Google Pay, aplikasi pembayaran dan transaksi yang pertama kali diperkenalkan tahun 2015.

Dalam pembaruannya, Google Pay telah mengembangkan sejumlah fitur yang membuatnya serupa dengan aplikasi pembayaran yang Anda kenal. Dengan Google Pay, Anda bisa mengirim uang ke teman, membayar di toko dengan menggunakan NFC, menautkan rekening bank dan kartu untuk panduan keuangan. Selain itu, ini juga memungkinkan Anda menambahkan hadiah cashback ke kartu Anda, membuat rekening bank dengan Google Plex pada tahun 2021 mendatang, serta memfasilitasi pembayaran makanan, parkir dan pompa bensin.

Antarmuka baru ini akan lebih fokus pada hubungan Anda daripada transaksi. Artinya, ini akan mengelompokkan aktivitas Anda menurut daftar orang dan bisnis yang pernah berinteraksi dengan Anda.

Sejak peluncurannya 5 tahun lalu, Google Pay sekarang melihat lebih dari 150 juta pengguna bulanan di 30 negara. “Tapi masih banyak yang bisa kami lakukan,” kata General Managerr Google Pay, Caesar Sengupta.

Google Pay sekarang memiliki tiga layar utama, yang masing-masing memiliki tujuan yang berbeda-beda. Semua dimulai di layar utama Google Pay yang secara resmi merupakan halaman Pay. Idenya adalah bahwa ini bagian aplikasi yang didasarkan pada pengiriman atau pengeluaran uang.

Di sini akan tampil kontak orang yang dapat Anda kirimi uang, dan di bagian bawah memungkinkan Anda memesan makanan, membeli bensin dan membayar parkir. Di bagian tengah layar utama, ada menu ‘Bisnis’ yang menampilkan riwayat transaksi dari tempat yang paling sering Anda kunjungi.

Layar kedua adalah Insights, yang merupakan tambahan besar untuk Google Pay. Ini adalah tempat di mana pengguna bisa  menautkan rekening bank atau kartu kredit eksternal, sehingga mendapat gambaran umum tentang tabungan dan pengeluaran. Informasinya tergolong sederhana, hanya berupa jumlah uang yang Anda miliki, uang yang telah dibelanjakan, dan riwayat transaksi.

Layar ketiga adalah Explore, di mana Anda bisa menemukan penawaran cashback yang tersedia secara online atau dapat ditautkan ke kartu kredit atau debit. Penawaran dimaksud diantaranya cashback 1,5 persen di PetSmart dan 2,5 persen di Macy.

Sayangnya, bila dibandingkan dengan aplikasi bayar lainnya, penawaran cashback ini mudah dikalahkan. Misalnya saja Rakuten yang menawarkan cashback 4 persen untuk PetSmart, 10 persen untuk belanja online, dan 6 persen untuk Macy.

Di samping peningkatan fitur dan beberapa kelemahan yang menyertainya, Google masih punya pekerjaan rumah apabila ingin serius bersaing dengan aplikasi serupa. Mengingat fitur yang ditawarkan Google Pay tidak ada yang benar-benar baru.  [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
google pay,
#
pembayaran digital,
#
teknologi inovatif,
#
google