MENU
icon label
image label
blacklogo

Monitor Kualitas Tidurmu Dengan Aplikasi-aplikasi Ini

MAY 17, 2019@15:17 WIB | 85 Views

Dulu saat kecil, kita paling sebal jika diminta untuk tidur, apalagi tidur siang. Setelah dewasa dan aktif bekerja, tidur menjadi dambaan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran setelah seharian beraktivitas. Tapi, justru ketika kita merasa tidur sangat kita butuhkan, kita malah memiliki masalah dengan tidur. Saat mengantuk dan ingin tidur, pekerjaan meminta untuk diselesaikan sehingga kita harus bangun. Sebaliknya pada waktu tidur kita malah sulit tidur, karena memikirkan pekerjaan.

Kelebihan dan kekurangan kuantitas dan kualitas tidur dapat menyebabkan beberapa masalah pada tubuh. Kurang produktif, malas, sulit berkonsentrasi, berat badan meningkat, mudah terkena diabetes, menyebabkan penyakit ginjal dan penyakit jantung, bahkan memengaruhi produktivitas seksual. Jadi, jangan pernah sepelekan tidur. Cari tahu kualitas tidur Blackpals dengan aplikasi berikut ini:

1. SleepCycle

SleepCycle dapat melacak kebiasaan tidur Anda dengan menggunakan accelerometer pada telepon pintar Anda. Aplikasi ini dapat mengetahui apakah Anda sedang tidur atau sudah terbangun, dari gerakan-gerakan Anda. 30 menit setelah mengetahui Anda tidak tidur, aplikasi ini akan membangunkan Anda. Canggih ya. Aplikasi ini sangat berguna untuk Anda yang sering berlama-lama di tempat tidur, sehingga Anda dapat kembali bangun untuk melakukan hal-hal produktif.

Aplikasi ini dapat diunggah oleh pengguna smartphone Android maupun iOS secara gratis. Tapi Anda harus membayar jika Anda ingin menggunakan beberapa fitur tertentu.

2. Pillow

Aplikasi ini adalah aplikasi bawaan di smartphone iOS. Pillow bekerja bersama aplikasi kesehatan yang sudah include dalam smartphone iOS Anda. Aplikasi ini dapat mendeteksi detak jantung Anda saat Anda tidur, juga dapat memonitor tahapan tidur Anda melalu REM (rapid eye movement). Anda bisa mendapatkan riwayat lengkap tentang tidur Anda dengan aplikasi ini, sehingga Anda dapat mengetahui kualitas tidur Anda. Sayangnya, pengguna telepon pintar berbasis Android tidak dapat mengunduh aplikasi Pillow ini.

3. Sleep Better

Dengan aplikasi ini, Anda bukan saja dapat memantau kualitas tidur Anda, namun juga dapat memantau asupan kafein dalam tubuh. Sleep Better dilengkapi dengan alarm yang akan membangunkan Anda jika kuantitas tidur Anda telah cukup. Dengan data pribadi tentang tidur Anda dalam aplikasi ini, Anda dapat memprediksi runititas tidur terbaik Anda. Aplikasi ini dapat digunakan pada smartphone Android maupun iOS secara gratis.

4. Good Morning Alarm Clock

Anda dapat membaca kebiasaan tidur Anda dengan aplikasi Good Morning Alarm Clock. Dengan data tidur Anda, aplikasi ini akan menentukan waktu bangun yang tepat untuk Anda. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga dapat menemukan cara yang optimal untuk membangunkan Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengetahui siklus tidur dan bangun Anda. Aplikasi ini tersedia di perangkat berbasis iOS dan Android. Untuk pengguna smartphone Android, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, namun bagi pengguna smartphone iOS akan dikenakan biaya sekitar 72 ribu rupiah.

5. SnoreLab

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan mendengkur, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengatasinya. SnoreLab akan merekam file audio saat Anda tertidur dan akan menetapkan "Skor Mendengkur" pada intensitas data yang diambil. Hal ini membantu Anda untuk mendeteksi beberapa faktor gaya hidup (mis. Minum minuman beralkohol) yang berkontribusi pada masalah mendengkur Anda. Aplikasi ini dapat diunduh dengan perangkat berbasis Android dan iOS secara gratis.[Hsn/timBX]

Tags :

#
aplikasi tidur,
#
kualitas tidur,
#
black tech