MENU
icon label
image label
blacklogo

Kapan Apple Bawa 5G ke iPhone?

APR 04, 2019@15:54 WIB | 188 Views

Pada tahun 2019 ini, produsen smartphone Android tampak berlomba-lomba menyajikan ponsel yang telah mendukung jaringan 5G. Tidak demikian dengan Apple, yang terlihat lebih santai dan kabarnya baru akan membawa dukungan 5G ke iPhone mereka pada tahun 2020.

Bukan tanpa sebab jika Apple terlihat tak terburu-buru menghadirkan teknologi 5G ke perangkat iPhone mereka. Menurut analis UBS, Timothy Arcuri, mungkin sebenarnya Apple telah berencana meluncurkan iPhone 5G pada tahun 2011.

“Keterlambatan” ini menurutnya disebabkan oleh sulitnya mendapatkan chipset 5G untuk perangkat iPhonedan beberapa faktor eksternal lainnya. Seperti tuntutan hukum Apple yang sedang berlangsung dengan Qualcomm di mana Apple telah berhenti menggunakan komponen buatan Qualcomm di iPhone mereka.

Ini berarti Qualcomm tak lagi akan memasok perangkat chipset untuk Apple. Belum lagi masalah dengan Intel, di mana Arcuri kurang yakin bahwa chipset 5G Intel akan siap pada waktu peluncuran di tahun 2020.

Singkatnya Apple musti membuat modem 5G mereka sendiri, yang tentunya akan memakan waktu lebih banyak dari yang sebelumnya ditetapkan.

Jika diingat, ini bukan pertama kalinya Apple terlambat mengikuti “hype”. Seperti pada zaman LTE pertama kali diluncurkan, Apple juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mulai merilis iPhone yang telah mendukung teknologi tersebut.

Jadi mari kita tunggu saja kapan tepatnya Apple akan mulai meresmikan, atau setidaknya memamerkan iPhone 5G pertama mereka. [Hlm/timBX]

Tags :

#
iphone,
#
apple,
#
iphone 5g