MENU
icon label
image label
blacklogo

Jajaran iPhone 15 Pro mungkin akan Menghilangkan Tombol Mekanis Power dan Volume

OCT 31, 2022@13:00 WIB | 210 Views

Kabarnya iPhone 15 Pro dan Pro Max akan mengganti tombol mekanis volume dan power dengan solid-state toogle yang menggunakan umpan balik haptic.

Informasi ini didapat dari analis Apple, Ming-Chi Kuo, yang mengatakan bahwa tombol dapat berfungsi seperti tombol home solid-state yang pertama kali diperkenalkan di iPhone 7. Tombol ini memang tidak dapat Anda tekan secara fisik, tetapi akan bergetar sebagai respons terhadap sentuhan.

IPhone 8, serta model generasi kedua dan ketiga dari iPhone SE juga memiliki tombol home solid-state, yang ditenagai oleh Taptic Engine Apple.

Apple menggunakan teknologi yang sama untuk mengaktifkan penekanan keyboard haptic di iOS 16, serta dengan trackpad Force Touch yang digunakan pada MacBook.

Baca Juga: iPhone Generasi Selanjutnya Dikonfirmasi Akan Gunakan USB Type-C

Dalam sebuah tweet, Kuo menjelaskan bahwa Apple mungkin akan menambahkan Taptic Engines di sisi kiri dan kanan untuk dua model iPhone 15 kelas atas (iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max), yang akan terasa seperti menekan tombol fisik.

Ini akan membawa jumlah mesin Taptic di dalam iPhone 15 dari satu menjadi tiga. Kuo tidak menyebutkan bahwa iPhone 15 atau iPhone 15 Plus akan mendapatkan fitur yang serupa, jadi kedua model ini mungkin memiliki tombol daya dan volume seperti iPhone generasi sebelumnya.

Perusahaan dilaporkan ingin menghadirkan tombol solid-state di Apple Watch pada tahun 2018, tetapi hingga kini belum terlaksana, bahkan Apple Watch Ultra terbaru yang dibanderol seharga $ 799 masih dilengkapi tombol fisik.

Meskipun masih satu tahun dari debut iPhone 15, tentu kita masih akan mendengar banyak rumor tentang smartphone andalan Apple tersebut. [dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
apple,
#
iphone,
#
iphone 15,
#
rumor