MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Memeriksa RAM di Mac Anda

NOV 24, 2020@15:30 WIB | 115 Views

Saat Anda membeli komputer Mac baru, Anda diberi pilihan tentang berapa banyak RAM yang Anda inginkan di dalamnya. Ini berarti Anda tahu berapa banyak RAM yang sudah dimiliki komputer Mac Anda. Tetapi jika Anda lupa, atau jika Anda ingin memeriksa kecepatan RAM atau untuk melihat apakah itu berfungsi dengan baik, inilah cara Anda bisa lakukan.

Jadi mengapa Anda perlu memeriksa berapa banyak RAM yang dimiliki Mac Anda? Anda mungkin menggunakan Mac yang dibeli bekas dan Anda tidak yakin dengan spesifikasinya. Atau, jika Anda menemukan bahwa Mac Anda agak lambat, itu bisa menjadi masalah RAM di mana mungkin salah satu modul RAM telah berhenti berfungsi. Atau mungkin Anda ingin meningkatkan RAM Anda dan menemukan kecepatan sehingga Anda dapat membeli Modul RAM serupa.

Cara Memeriksa ukuran RAM dan kecepatan RAM di Mac Anda

1. Klik menu Apple

2. Pilih About This Mac

3. Di bawah Memori, Anda akan tahu berapa banyak RAM yang dimiliki komputer Anda dan kecepatannya

Jika Anda memiliki iMac yang memungkinkan RAM yang dapat diupgrade pengguna, perhatikan hal ini karena saat Anda membeli modul baru, Anda disarankan untuk membeli ukuran dan kecepatan yang sama, jika tidak, kecepatan RAM akan dibatasi ke kecepatan terendah.

Cara memeriksa slot memori di Mac Anda

Jika Anda memiliki Mac yang mendukung RAM yang dapat diupgrade pengguna, Anda pasti ingin memastikan bahwa semua modul RAM sama. Misalnya, jika Mac Anda dilengkapi dengan RAM 8 GB atau RAM 16 GB, bukan berarti itu adalah modul tunggal 8 GB atau 16 GB, bisa jadi dua bagian modul 4 GB atau 8 GB.

Untuk memeriksa slot memori di Mac Anda:

1. Klik menu Apple

2. Pilih About This Mac

3. Klik More Info

4. Klik Memori

Bagaimana cara memeriksa apakah Mac Anda memiliki cukup RAM

Tergantung pada berapa banyak aplikasi yang Anda buka atau jenis aplikasi yang Anda buka. Beberapa aplikasi mungkin memerlukan lebih banyak RAM daripada yang lain, terutama jika Anda menggunakan aplikasi yang lebih baru di komputer lama, kecepatannya pasti bisa dirasakan. Atau terkadang, modul RAM dapat rusak, mengakibatkan Mac Anda tidak membaca modul itu dan memberi Anda RAM lebih sedikit dari yang Anda miliki sebelumnya.

Inilah sebabnya mengapa terkadang ada baiknya menggunakan Monitor Aktivitas untuk melihat berapa banyak RAM yang digunakan komputer Anda saat ini. Jika Anda menemukan bahwa itu lebih dari 80-90% digunakan, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan untuk meningkatkan Mac Anda dengan menambahkan lebih banyak RAM.

1. Tekan Cmd + Spasi untuk membuka Spotlight

2. Ketik "Activity Monitor" dan tekan Enter

3. Klik tab Memory

Di bagian bawah jendela, cari grafik Memori Terpakai yang akan menunjukkan berapa banyak RAM yang digunakan aplikasi Anda yang terbuka

Jika Anda memperhatikan bahwa aplikasi dasar sudah menghabiskan sebagian besar RAM Anda, mungkin inilah saatnya untuk mempertimbangkan peningkatan. Saat ini, satu-satunya Mac yang mengizinkan RAM yang dapat diupgrade pengguna adalah iMac dan Mac Pro, yang berarti Anda dapat membeli modul RAM di luar dan menginstalnya sendiri.

Sedangkan untuk model lainnya, Anda harus menghubungi Apple atau penyedia layanan resmi dan melihat apakah model Anda dapat ditingkatkan. Meskipun jika dapat ditingkatkan, Anda mungkin harus mengirimkannya untuk mendapatkannya. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
ram mac,
#
tips mac,
#
modul ram,
#
teknologi inovatif