MENU
icon label
image label
blacklogo

Beats Flex: Bukan Earbud Nirkabel Sejati Melainkan AirPods Alternatif yang Bagus

OCT 22, 2020@18:00 WIB | 526 Views

Kendati merupakan headphone yang "wired-wireless", BeatsX generasi kedua terdengar lebih baik daripada AirPods dan memiliki kinerja headset yang lebih baik untuk panggilan suara.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pertanyaa kapan Beats merilis versi upgrade headphone bergaya neckband BeatsX yang pernah populer? Kini pertanyaan tersebut terjawab, di mana versi 2.0, hadir dengan nama baru - Beats Flex - dan label harga $ 50 (750 Ribu Rupiah),  (£ 50, AU $ 80) yang jauh lebih murah, yang mana adalah setengah dari harga jual pendahulunya.

Apple dengan model iPhone 12 baru, tidak lagi menyertakan headphone EarPods berkabel di dalam kotak. Flex langsung menjadi alternatif nirkabel yang terjangkau dan ramah. Kabar baiknya, keduanya lebih baik daripada BeatsX asli dan AirPod standar. Mereka juga bekerja dengan baik untuk melakukan panggilan dan memiliki masa pakai baterai yang lebih baik daripada aslinya. Kabar buruknya? Desainnya ketinggalan jaman di dunia yang sekarang didominasi oleh earbud nirkabel sejati.

Inilah headphone " wired-wireless " yang menghubungkan earbud kiri-kanan saat earbud nirkabel sejati murah banyak tersedia dengan harga $ 50 (750 Ribu Rupiah) atau kurang, beberapa di antaranya sangat bagus. Bagi banyak orang, kabel tak bagus adalah pemecah kesepakatan, dan saya pribadi tidak secara teratur menggunakan headphone bergaya neckband selama beberapa tahun, jadi perlu sedikit penyesuaian untuk kembali ke sana.

Tetapi beberapa orang menyukai konsepnya. Anda dapat membiarkan earbud menggantung di sekitar leher Anda, memakainya seperti liontin. Hilang sudah rasa takut kehilangan AirPod dengan menjatuhkannya. Beralih dari mendengarkan ke tidak mendengarkan earbud hanya perlu mengangkatnya ke telinga Anda - atau menariknya keluar. Dan lupakan tentang harus memasukkannya ke dalam wadah pengisi daya saat Anda tidak menggunakannya.

Meskipun Beats Flex terlihat mirip dengan BeatsX, ada beberapa perubahan desain yang penting. Sebagai permulaan, mikrofon inline dan modul kontrol telah dilepaskan dan dimasukkan ke dalam modul yang lebih rendah di sisi kiri kabel agar sesuai dengan posisi baterai dan modul daya di sisi kanan kabel. Hasilnya, earphone terasa lebih seimbang dan Anda tidak perlu menarik mikrofon lebih dekat ke mulut Anda saat melakukan panggilan.

Kuncup, yang ringan dan umumnya nyaman dipakai, secara magnetis saling menempel. Musik Anda otomatis dijeda saat digenggam dan dibatalkan jeda saat Anda memisahkannya. Beberapa orang mengeluh bahwa magnet BeatsX tidak cukup kuat, tetapi kuncup Flex saling menempel dengan baik, sehingga magnet tampak lebih kuat.

Beberapa peningkatan kunci lainnya termasuk driver akustik baru untuk suara yang lebih baik, mikrofon yang ditingkatkan untuk panggilan suara yang lebih baik dan masa pakai baterai 12 jam, naik dari 8 jam. Dan dapatkan ini: Flex adalah headphone Apple pertama yang memiliki pengisian daya USB-C, dengan pengisian daya 10 menit memberi Anda 1,5 jam pemutaran. (Semua produk beats lain saat ini menggunakan pengisian daya Lightning atau Micro-USB.) Beats menyebut fitur pengisian cepat ini Bahan Bakar Cepat, tetapi banyak headphone menawarkan fitur pengisian cepat. Dan seperti iPhone baru, tidak ada pengisi daya di kotak Beats Flex, jadi Anda juga harus memiliki pengisi daya USB-C.

Anda mendapatkan empat bantalan telinga dengan ukuran berbeda untuk membantu kerapatan, yang sangat penting untuk mengoptimalkan kualitas suara (Anda harus memasukkan bud ke dalam liang telinga). Saya berharap earbud menyertakan sirip atau sayap seperti yang dilakukan BeatsX sehingga Anda dapat menguncinya di telinga Anda seperti yang Anda bisa dengan earphone X4 atau Tarah Jaybird, yang saat ini dijual dengan harga sekitar $ 50 (750 Ribu Rupiah), sayang sudah tidak diproduksi lagi. Flex terdengar lebih baik daripada model-model itu dan memiliki kemampuan panggilan suara dan masa pakai baterai yang lebih baik. Tetapi Jaybirds, meskipun memiliki bud yang lebih besar, lebih cocok untuk digunakan.

Saya pikir Beats, setelah memasukkan bantalan telinga yang sama selama bertahun-tahun, bisa menjadi sedikit lebih inovatif. Itu keluhan terbesar saya, meskipun saya juga sedikit kecewa Flex tidak dilengkapi tas jinjing seperti BeatsX - Anda perlu menggulungnya dan memasukkannya ke dalam saku atau tas Anda.

Satu hal lagi: Ini tidak tahan keringat atau air - mereka tidak memiliki peringkat IPX. Itu juga berlaku untuk AirPod standar, yang dipakai banyak orang saat berlari dan berolahraga tanpa efek buruk. Flex seharusnya baik-baik saja untuk latihan ringan - saya berolahraga di gym tetapi tidak banyak berkeringat. Sedangkan Beats akan mengarahkan Anda ke Powerbeats Pro jika Anda benar-benar menginginkan earbud olahraga sejati. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
beats flex,
#
earbud nirkabel,
#
airpods alternatif,
#
headphone wired-wireless,
#
rekomendasi earbud,
#
teknologi inovatif