MENU
icon label
image label
blacklogo

Tidak Hanya Indah, Goa Putri Batu Raja Ini Memiliki Kolam ‘Ajaib’

JUL 22, 2019@13:08 WIB | 293 Views

Bagi Anda yang tinggal atau berada di luar daerah Palembang, tentu banyak yang merasa masih asing atau bahkan belum mengetahui tentang tempat wisata yang bernama Goa Putri ini, bukan? Perlu diketahui, bahwa tempat wisata Goa Putri ini ternyata sangat menarik untuk dikunjungi karena memiliki daya tarik tersendiri yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya. Daya tarik apa sajakah itu?

Lokasi Goa Putri

Goa Putri merupakan salah satu objek wisata terkemuka di Provinsi Sumatera Selatan, yang terletak 230 kilometer dari kota Palembang atau sekitar satu kilometer dari jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Baturaja dan Muara Enim. Lokasi Goa Putri termasuk strategis karena saat ini sudah banyak kendaraan yang menuju atau melewati kawasan wisata Goa Putri, terutama dari arah kota Palembang.

Daya Tarik Goa Putri

Selain strategis dari segi lokasi, tempat wisata Goa Putri memiliki daya tarik tersendiri yang bisa dinikmati oleh para pengunjungnya. Di antaranya adalah goa ini penuh dengan stalaktit dan stalagmit dengan bentuk yang unik dan indah. Goa Putri ini juga memiliki kolam yang lebarnya 20 meter lebar dan panjangnya 160 meter serta airnya berasal dari gua-gua yang airnya berasal dari Sungai Semuhun, yang bermuara di Sungai Ogan. Selain itu, pada beberapa bagian gua terdapat  batu lebar di mana Anda bisa duduk dan tidur.

Goa Putri ini memang gelap meskipun terdapat beberapa lampu yang dipasang di berbagai sisi tetapi karena keredupan itulah mampu membuat Goa Putri ini semakin indah dan menarik. Untuk bisa menikmati objek wisata Goa Putri, pengunjung biasanya diwajibkan membayar tiket masuk dan parkir. Harganya relatif sangat murah dan kalian tak akan merasa rugi berpetualang di Goa Putri yang terkenal dengan tumpukan lapisan labirin bebatuan stalaktit dan stalagmit, suatu keajaiban dari hasil metamorfosis batuan dan fosil-fosil jutaan tahun yang lalu.

Sejarah Kolam ‘Ajaib’

Selain bisa menikmati pemandangan stalaktit dan stalagmit ini sambil duduk di bebatuan dan mengambil gambar di Goa Putri ini, ternyata ada hal lain yang lebih menarik yang patut Anda coba lakukan di objek wisata populer Palembang ini. Ya, luangkan waktu Anda untuk bisa mencuci muka di kolam Pangeran Dayang Merindu di dalam Goa Putri ini. Kenapa? Karena selain muka menjadi terasa segar, doa dan harapan kalian saat mencuci muka akan bisa terkabul.

Perlu diketahui bahwa pada Goa Putri ini terdapat kepercayaan yang mengatakan bagi mereka yang mencuci muka di kolam ini sambil berdoa, maka doa-doa mereka akan menjadi kenyataan atau terkabul. Mitos kepercayaan tentang khasiat air kolam ‘ajaib’ ini sudah muncul dari jaman dahulu. Dan untuk mempercayai hal tersebut, tentu saja tergantung dari Anda sendiri yang boleh atau tidak mempercayai mitos khasiat pengabulan doa di air kolam ‘ajaib’ Goa Putri ini.

Tetapi biar bagaimanapun, Goa Putri di Palembang ini memang layak untuk dilestarikan terus dan dikunjungi oleh para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Tags :

#
goa putri,
#
spot wisata,
#
palembang