MENU
icon label
image label
blacklogo

Berpetualang di Gua Napalicin, Gua Legendaris di Sumatra Selatan

JUL 30, 2019@15:02 WIB | 393 Views

Napalicin merupakan nama sebuah Gua yang dijadikan salah satu objek wisata yang bersejarah oleh pemerintah kota di Provinsi Sumatra Selatan. Objek wisata Gua Napalicin ini terletak di Desa Napalicin, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas (Muratara), Provinsi Sumatra Selatan. Untuk mencapainya, kalian harus mencapai kota Lubuk Linggau terlebih dahulu, yang berjarak sekitar 350 km dari kota Palembang.

Objek wisata Gua Napalicin ini memang sangat cocok untuk kaum muda yang hobi berpetualang. Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa mengetahui sejarah dari tempat wisata Gua Napalicin ini bila kalian menggunakan jasa pemandu. Tetapi kalian bisa juga mendapatkan informasi tentang gua bersejarah ini dari sini.

Tempat peristirahatan “Rawas River Lodge” atau kawasan Gua Napalicin ini, menjadi sektor pariwisata di Kabupaten Musi Rawas, provinsi Sumatera Selatan mengalami perkembangan dan menjanjikan. Hal tersebut dibuktikan dalam kurun 1992-2000an, ratusan ribu wisatawan telah berkunjung ke Gua Napalicin ini. Bahkan, Kecamatan Ulu Rawas dan Rawas Ulu pernah menjadi kawasan wisata Gua Napalicin yang paling ramai kedua setelah Pulau Bali. Menurut legenda yang dipercaya warga setempat, dulunya bukit tersebut merupakan sebuah kapal yang terdampar. Kemudian seorang pengembara bernama Serunting Sakti atau Si Pahit Lidah melewati daerah itu. Melihat kapal terdampar, Si Pahit Lidah berusaha naik ke atasnya namun tidak berhasil. Si Pahit Lidah lalu bersumpah, dan kemudian sumpah itu membuat kapal berubah menjadi batu. Dan gua Napalicin dipercaya merupakan tempat batu tersebut.

Setelah kalian mengetahui sejarah dan cerita dongengnya, yuk lanjut ke bahasan objek wisata Gua Napalicin ini. Kalau kalian hendak ke gua ini, hendaknya membawa beberapa perbekalan yang sangat penting, yakni senter, sendal yang tidak licin, botol, dan beberapa keperluan lainnya yang dirasa penting untuk keamanan. Di dalam gua ini, kalian akan disuguhi dengan nuansa bebatuan alami yang memiliki pintu masuk seluas sekitar 15 meter. Jadi, setelah melewati pintu masuk gua, kalian langsung dapat melihat bagian lantai dinding dan atas gua yang berbentuk stalagtit dan stalagnit. Lapisan stalagtit dan stalagnit dalam gua ini terbentuk secara alami sejak ratusan, bahkan ribuan tahun lalu.

Kalian butuh lebih dari empat jam untuk menikmati seluruh pemandangan yang menakjubkan di berbagai sudut gua ini. Di beberapa bagian area gua, akan terlihat biasan cahaya menembus gua, terutama di area antara bukit yang satu dengan bukit yang lainnya, dan hal ini merupakan pemandangan indah dan penuh artistik juga sangat menakjubkan di dalam ruang gua Napalicin yang gelap.

Tags :

#
gua napalicin,
#
spot wisata,
#
wisata alam,
#
sumatra selatan