MENU
icon label
image label
blacklogo

Pulau Peucang, Salah Satu Surga Tersembunyi di Banten

JUN 30, 2018@11:30 WIB | 275 Views

 (Pulau Peucang)

Meski gaungnya tidak sekeras provinsi lainnya di pulau Jawa, tapi Banten juga punya cukup banyak tempat wisata dengan panorama yang indah, yang bisa membuat siapapun jadi ingin kembali lagi setelah mengunjunginya.

Salah satu surga tersembunyi yang ada di Banten adalah Pulau Peucang. Pulau ini terletak di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Nama Pulau Peucang sendiri diambil dari hewan sejenis siput yang banyak ditemui di pulau ini. Tapi ada juga yang menyebutkan kalau Peucang merupakan istilah bahasa Sunda untuk hewan sejenis kancil.

 (Terdapat hamparan pasir puith di Pulau Peucang)

Di Pulau ini kita bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang lalu-lalang di sekitar penginapan, seperti rusa, kera, hingga babi hutan. Air di sinipun memilki gradasi warna biru muda di tepi dan biru tua pada bagian tengah. Ombak di sini juga relatif kecil sehingga aman untuk berenang.

Perjalanan menuju Pulau Peucang memakan waktu yang tidak sebentar karena kita harus berkendara hingga enam jam untuk menuju Desa Kertajaya, Kecamatan Sumur. Kemudian dilanjutkan dengan berlayar menggunakan perahu selama tiga jam sebelum tiba di Dermaga Pulau Peucang.

 (Ada hewan yang hidup bebas di Pulau Peucang)

Soal penginapan, di Pulau Peucang ada vila yang terbagi dalam beberapa kamar. Tapi sebaiknya, sebelum ke Pulau Peucang, hubungi dulu pihak Taman Nasional Ujung Kulon untuk memudahkan perjalanan ke sini.

Perlu diingat juga kalau tidak ada sinyal handphone di Pulau Peucang. Dengan begitu, kita bisa meninggalkan sejenak segala aktivitas kita di dunia maya, dan menikmati keindahan Pulau Peucang seutuhnya. [APSG/timBX]

Tags :

#
pulau peucang,
#
banten,
#
ujung kulon,
#
black spot