MENU
icon label
image label
blacklogo

Jalan-jalan di Taj Mahal Lebih dari 3 Jam Siap-siap Kena Biaya Tambahan

JUN 20, 2019@11:03 WIB | 166 Views

Siapa yang tak kenal ikon wisata India, Taj Mahal. Hampir semua turis yang datang ke negeri Sharukh Khan ini pasti menuju ke sana. Tapi tahukah Anda, belakangan pengelola mengeluarkan kebijakan baru yang memberatkan para turis.

Dikutip dari Travel and Leisure, pengelola akan memungut biaya tambahan untuk pengunjung yang tinggal di mausoleum terkenal itu jika berada di sana  lebih dari tiga jam.

Vasant Swarakar, arkeolog pengawas, mengatakan kepada Times of India,

“Jika wisatawan melebihi batas waktu tiga jam, mereka akan dikenakan biaya tambahan yang setara dengan tiket, yang harus dibayar di gerbang keluar,”

"Waktu masuk juga akan diberlakukan dan jika wisatawan tidak tiba pada waktu yang ditentukan, mereka tidak akan diizinkan masuk dan harus membeli tiket baru."  kata Swarakar.

Banyak wisatawan menyuarakan kekesalan mereka atas kebijakan ini, terutama wisatawan internasional yang harus membayar jauh lebih banyak daripada penduduk lokal padahal mereka mendapatkan jumlah waktu yang sama.

“Seseorang datang ke sini untuk relaksasi dan menghabiskan waktu. Jika tamasya dibatasi hingga tiga jam dan biayanya sangat banyak maka siapa pun akan berpikir dua kali sebelum datang ke sini, ”kata seorangg turis Mohammad Mustafa Hussain, menurut India Today.

Selama beberapa tahun terakhir, situs Warisan Dunia Unesco telah menerapkan beberapa aturan baru untuk mengurangi kepadatan, serta membantu melestarikan situs kuno yang rapuh itu dari keausan.

Pada tahun 2018, pihak berwenang memutuskan untuk membatasi jumlah pengunjung yang diizinkan di tempat per hari menjadi 40.000. Pada tahun yang sama, pihak berwenang juga menaikkan harga dari 50 rupee menjadi 250 rupee untuk warga India (sekitar 72 sen dollar AS menjadi sekitar 3,60 dollar AS) dan dari sekitar 16 hingga 19 dollar AS untuk pengunjung internasional (1.300 rupee jika Anda ingin mengunjungi mausoleum utama).

Sebenarnya ada banyak hal menakjubkan lainnya untuk dilihat di Agra dan Uttar Pradesh selain Taj Mahal, jadi jangan berpikir Anda perlu menghabiskan seluruh waktu Anda di sana.

Tags :

#
taj mahal,
#
spot wisata,
#
india,
#
black spot