MENU
icon label
image label
blacklogo

Bukit Moko, Tempat Ngadem yang Asyik di Bandung

APR 25, 2019@10:00 WIB | 209 Views

Bandung menjadi tempat 'pelarian' terdekat warga Ibu Kota untuk melepas penat. Jika Blackpals pikir Bandung hanya berupa kota saja, kalian salah besar.

Coba melipir ke Bukit Moko yang terletak di Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Sepanjang perjalanan saja sudah terhirup aroma dedaunan yang terhampar dan merupakan dari area perkebunan milik warga. Ada tomat, kubis dan sayur-sayuran lainnya.

Kita juga bisa melihat kesibukan siang hari saat warga mulai memetik hasil kebun mereka dan membawanya ke kota. Sehingga sering kendaraan kita macet gara-gara banyak pikap yang berhenti menunggu diisi hasil bumi sementara jalan di sana hanya satu jalur saja. Jalanan di sana juga masih berupa tanah yang konturnya naik turun. Sehingga sebenarnya lebih nyaman jika menggunakan motor daripada mobil. Kalian bisa menyewa ojek di sekitaran Dago untuk bisa mencapai puncak dengan harga sekitar Rp 100 ribu tergantung kepintaran menawar harga.

Soal tiket masuk, kalian cukup membayar tiket sebesar Rp 3.000 saat weekdays dan Rp 5.000 saat weekend. Saat sampai jajaran hutan pinus langsung menyambut Blackpals saat masuk. Tersedia pendopo yang berhadapan langsung ke pemandangan di bawah sana. Tentu sangat indah apalagi jika malam hari. Berada di ketinggian 1500 meter dari permukaan laut, udara sejuk jadi hal yang nggak bisa ditawar lagi saat berada di puncak Bukit Moko.

Bagi Blackpals yang mau eksplorasi lebih dalam bisa trekking di Patahan Lembang dengan masuk jauh ke dalam hutan Pinus sekitar 1 km. Jalan yang dilalui cuma setapak dengan iringan suara jangkrik yang semakin ke dalam semakin keras. Disarankan tidak sendiri melakukan trekking karena kawasan tersebut amatlah sepi apalagi weekday.

Buat Blackpals yang mau berlama-lama di Bukit Moko untuk berburu bintang gemintang dan pemandangan terang Kota Bandung dari ketinggian, tersedia juga beberapa camping ground yang bisa ditempati. Dengan hanya membayar sewa tenda dan kayu bakar, kalian bisa bermalam di bawah udara dingin khas Bukit Moko. Makin seru dengan hadirnya api unggun, jadi rasa dingin bisa hilang secara perlahan.

Jadi tunggu apa lagi, kalau mau sejenak melepas penat, Bukit Moko adalah jawabannya.

Tags :

#
bukit moro,
#
bandung,
#
spot wisata